Connect with us

Nasional

Pembawa Acara Empat Negara Eksplorasi Budaya Taiwan

Published

on

Release SMSI Pusat –

JAKARTA MLCI – Program TV gaya hidup multinasional pertama di Asia, “Love Fun Taiwan” akan mengundang pembawa acara terkenal dari Filipina, Thailand dan India serta pendatang baru yang berkualitas dari Taiwan untuk menjadi pembawa acara bersama di season pertama program acara tersebut.

Keterangan pers dari Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO) di Jakarta yang diterima kantor pusat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Sabtu (04/02/2023) menyebutkan, para pembawa acara terkenal dari empat negara itu akan bekerja sama untuk mengeksplorasi pesona budaya Taiwan yang unik.

Disebutkan pula, “Love Fun Taiwan” diproduksi oleh tim “Creation” yang telah berpengalaman dalam kerja sama TV internasional, dan program ini diselesaikan bekerja sama dengan saluran TV utama dari tiga negara, yaitu CNN di Filipina, TV5 di Thailand, dan ZeeTV di India.

“Love Fun Taiwan” memiliki total 13 episode. Konten lengkap akan disiarkan mulai 5 Februari 2023 secara eksklusif di TaiwanPlus, satu-satunya saluran berbahasa Inggris Taiwan serta akan disiarkan berulang kali di LiTV, platform OTT terbesar Taiwan.

TaiwanPlus adalah saluran TV resmi berbahasa Inggris pertama yang didanai oleh Pemerintah Taiwan. Ini adalah platform video bagi Taiwan untuk mempromosikan kondisi nasional Taiwan kepada pemirsa internasional dengan berita dan program audio-visual berbahasa Inggris. Saluran TV ini mulai diluncurkan pada 3 Oktober 2022.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen saat konferensi pers pada hari pembukaan siaran mengatakan, “BBC di Inggris dan NHK di Jepang adalah media publik yang terkenal di dunia.

Mereka, lanjutnya, juga memiliki berbagai platform termasuk saluran TV dan situs yang menyebarkan pandangan khusus mereka ke seluruh dunia. Presiden Taiwan merasa yakin TaiwanPlus akan bergerak menuju tujuan ini di masa depan.”

TaiwanPlus adalah bagian penting dari “kebijakan nasional dwi bahasa” yang direncanakan oleh pemerintah Taiwan untuk diterapkan pada tahun 2030.

Presiden Tsai pada jumpa wartawan juga mengatakan, “Taiwan memiliki banyak perkembangan penting yang patut diketahui publik manca negara, terutama tentang popularitas Taiwan di dunia. Taiwan memiliki posisi strategis internasional yang unik dan situasi internasional yang khusus.

“Di masa mendatang, kami akan menyampaikan pandangan Taiwan melalui TaiwanPlus dan membuat dunia mendengar suara kami,” katanya. TaiwanPlus adalah mulitmedia yang menyiarkan peristiwa dan informasi regional ke dunia dalam bahasa Inggris.

Dibuka kembali

Program TV gaya hidup “Love Fun Taiwan” itu sendiri baru dibuka kembali setelah lama ditutup akibat pandemi. Tim internasional dari Taiwan “New Southbound Target Country” menempatkan Taiwan sebagai pilihan pertama untuk pembuatan film, dengan tujuan mendapatkan LOVE dan FUN dari gen (DNA) Taiwan untuk dibagikan kepada dunia.

Selanjutnya, setelah perkenalan program diunggah di halaman Facebook resmi “Taiwan di Indonesia” dari Kantor Perwakilan Perdagangan dan Ekonomi Taipei (TETO) di Indonesia, “Love Fun Taiwan” segera menerima respon antusias dari para penggemar di Indonesia.

Diharapkan program ini juga dapat bekerja sama dengan TV Indonesia, terutama karena ada hampir 300.000 pekerja migran dan pelajar Indonesia yang bekerja dan belajar di Taiwan.

Melalui program ini, masyarakat Indonesia, baik yang berada di Tanah Air maupun di Taiwan diharapkan bisa saling mengetahui kehidupan masing-masing.

Disebutkan pula, Taiwan mampu memenangkan posisi kedua dalam “Destinasi Wisata kerja sama Non-Organisasi Islam”. Selain itu, Pemerintah Taiwan juga membuat wisata “Ramah Lingkungan Bagi Muslim” dengan mempertimbangkan kebiasaan hidup Muslim, seperti dalam hal makanan dan ibadah.

Terkait season pertama “Love Fun Taiwan” itu sendiri disebutkan bahwa program acara tersebut merupakan kombinasi dari tim produksi TV terbaik dari Filipina, Thailand, dan India, masing-masing dengan gaya estetika video yang berbeda, menerobos perspektif fotografi tiga dimensi dan narasi video imersif.

Isi konten program sangat menarik, berdurasi 30 menit per episode, termasuk kisah tentang memancing dan memanah penduduk asli Taiwan, wayang potehi, berendam air panas, atraksi ikan paus, dan lain-lain.

Program ini akan diluncurkan pada 5 Februari 2023 di situs jejaring resmi TaiwanPlus (https://www.taiwanplus.com) untuk ditonton oleh pemirsa di seluruh dunia.****

Bagikan Berita :
Continue Reading

Nasional

“Taiwan Excellence Happy Run” Jakarta Dimeriahkan 5.000 Peserta

Published

on

By

JAKARTA, MLCI – “Taiwan Excellence Happy Run 2025” yang diinisiasi oleh Administrasi Perdagangan Internasional (TITA) Kementerian Urusan Ekonomi Taiwan dan dilaksanakan oleh Dewan Pengembangan Perdagangan Luar Negeri Taiwan (TAITRA) kembali digelar dengan penuh kemeriahan di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta pada 15 Juni 2025.

Keterangan pers Kantor Perdagangan dan Ekonomi Taipei (TETO) di Jakarta, Rabu 18 Juni 2025 menyebutkan, acara lari gembira yang diselenggarakan untuk kesepuluh kalinya itu kembali menorehkan pencapaian gemilang dengan 5.000 kuota pendaftaran yang terisi penuh, hanya dalam waktu 30 menit.

Taiwan Excellence Happy Run 2025 itu menegaskan popularitas acara yang terus meningkat serta kuatnya eksistensi merek “Taiwan Excellence” di Indonesia.

Bruce Hung,  Representative TETO di Indonesia, turut hadir dalam acara tersebut serta mengapresiasi kegiatan yang menandai satu dekade persahabatan dan kolaborasi antara Indonesia dan Taiwan.

“Sejak tahun 2014 Taiwan Excellence Happy Run telah menjadi lebih dari sekadar ajang lari. Ini adalah simbol persahabatan Taiwan-Indonesia dan sebuah platform untuk menampilkan inovasi Taiwan dalam bidang kesehatan, keberlanjutan, dan gaya hidup,” katanya.

Sementara itu Feng-Chi Hsiao, Direktur Kantor Cabang TAITRA di Jakarta menyatakan, “Tahun ke-10 ini merepresentasikan satu dekade keterlibatan mendalam Taiwan dengan masyarakat Indonesia. Kami berharap acara ini terus menjadi jembatan yang menghubungkan merek-merek Taiwan dengan konsumen lokal.”

Menambah kemeriahan dan interaksi, Maskot Taiwan Excellence, Fu Bear, menyambut para pelari dan pengunjung, sekaligus mempromosikan kampanye global “Go Healthy with Taiwan” (Sehat bersama Taiwan).

Disebutkan pula bahwa untuk pertama kalinya “Taiwan Excellence” bermitra dengan “Greeneration Foundation” dari Indonesia untuk mempromosikan keberlanjutan melalui Seminar Lingkungan dan Lokakarya Kerajinan Daur Ulang yang mengedukasi para peserta tentang daur ulang plastik dan gaya hidup sadar lingkungan.

Sebagai wujud nyata kepedulian sosial, Taiwan Excellence dan Bank CTBC berkolaborasi lebih jauh dengan Greeneration Foundation untuk mendukung pelestarian lingkungan melalui penerapan manajemen sampah yang berkelanjutan.

Menanggapi meningkatnya volume sampah di Indonesia, kolaborasi ini menjadi sebuah langkah konkret untuk menjawab tantangan lingkungan, melindungi ekosistem, dan menjaga keberlanjutan bagi generasi mendatang.

Sebagai simbolisasi dari komitmen ini, Taiwan Excellence, Bank CTBC, dan Greeneration Foundation melakukan seremoni pembuatan Eco Roster yang inovatif dari bahan daur ulang sampah plastik.

Acara Taiwan Excellence Happy Run 2025 juga dimeriahkan dengan kehadiran Paviliun Taiwan Excellence yang menampilkan lebih dari 40 produk peraih penghargaan dari 10 merek Taiwan, termasuk Acer, Delta Electronics, PX, Victor, Tokuyo, Aromase, Ta-Da Chair, Thermaltake, MSI, dan SHRD.

Kategori produk yang ditampilkan meliputi elektronik konsumen, teknologi kesehatan, peralatan olahraga, dan produk gaya hidup pintar. Banyak pengunjung menyatakan minat yang besar untuk mencoba atau membeli produk-produk Taiwan setelah melihatnya secara langsung.

Acara itu juga menghadirkan stan dari TETO dan Biro Pariwisata Taiwan serta area kuliner khas dan pengalaman budaya Taiwan yang memberikan pengunjung gambaran holistik tentang gaya hidup, inovasi, dan keramahan Taiwan.

Para sponsor utama seperti STARLUX Airlines, bersama EVA Air, China Airlines, dan CTBC Bank memainkan peran kunci dalam mendukung acara ini serta memperkuat kehadiran Taiwan di pasar Indonesia.

Pada 2025 ini Taiwan Excellence Happy Run tidak hanya mencetak rekor pendaftaran dalam hitungan menit, tetapi juga berhasil menyampaikan nilai merek “Best Made in Taiwan” melalui interaksi multifaset di bidang olahraga, amal, perlindungan lingkungan, dan pertukaran budaya.*** (Release SMSI Pusat)

Bagikan Berita :
Continue Reading

Nasional

2.670 Media Siber Bersatu, SMSI Apresiasi Kinerja Polri Lewat Konvensi Nasional 2025

Published

on

By

JAKARTA, MLCI – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-79, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menyatakan dukungan penuh terhadap Polri dalam upayanya menegakkan supremasi hukum dan menciptakan suasana yang aman dan kondusif di tengah masyarakat.

Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan keteladanan Kepolisian Republik Indonesia, SMSI berencana akan menggelar Konvensi Nasional bertema “Sinergi SMSI dan POLRI dalam Penegakan Supremasi Hukum dan Pencegahan Premanisme”, yang rencananya akan berlangsung pada 8-9 Juli 2025 mendatang.

SMSI sebagai organisasi perusahaan media siber terbesar versi MURI dan Menteri Pariwisata RI, dengan 2.670 anggota yang tersebar di 34 provinsi, memandang pentingnya sinergi antara pers dan aparat penegak hukum dalam menjaga stabilitas nasional serta membangun kesadaran publik melalui informasi yang kredibel dan bertanggung jawab.

Konvensi Nasional SMSI ini akan dirangkaikan dengan penganugerahan PIN Emas dan anugerah sahabat pers kepada perwira-perwira Polri yang dinilai berprestasi dan menunjukkan keteladanan dalam pelaksanaan tugas, termasuk perlindungan masyarakat, keterbukaan terhadap kritik, dan kontribusi aktif terhadap ketahanan pangan nasional.

Selain seminar dan diskusi, konvensi juga akan mengukuhkan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) SMSI sebagai mitra hukum media siber dan masyarakat pers, yang dapat bersinergi dengan institusi Polri dalam memberikan edukasi hukum serta perlindungan profesi jurnalis.

SMSI juga mengajukan audiensi kepada Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si sebagai bentuk penghormatan dan sinergi kelembagaan. Audiensi ini diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi dan dialog strategis guna memperkuat kerja sama dalam mewujudkan demokrasi yang sehat dan keamanan yang berkelanjutan.

Melalui konvensi ini, SMSI menegaskan komitmennya untuk terus menjadi mitra strategis Polri dalam menyuarakan kebenaran, melawan hoaks, dan menjaga persatuan bangsa melalui pemberitaan yang profesional dan beretika.*** (D4F)

Bagikan Berita :
Continue Reading

Nasional

Dudung Abdurachman, “Indonesia Menuju Kemandirian Industri Pertahanan Sesuai Amanah Presiden Prabowo”

Published

on

By

JAKARTA, MLCI – Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman belum lama ini berkesempatan meninjau langsung pameran alutsista Indo Defence.

Disela-sela kunjungan, Dudung yang juga menjabat  Penasihat Khusus Presiden urusan Pertahanan Nasional menyebut, Indonesia tidak boleh kalah untuk memajukan teknologi, dalam industri pertahanannya dari negara-negara sahabat.

“Saya selaku penasihat khusus presiden bidang pertahanan nasional dan saya sebagai pakar strategi pertahanan dan industri pertahanan, melihat dari perkembangan lintasan industri pertahanan saat ini di dunia begitu pesat. Kita lihat juga perkembangan perang Ukraine, Rusia termasuk Israel, Iran dan sebagainya,” ujar Eks KSAD tersebut dihadapan awak media, Kamis (12/6).

Dudung menerangkan,  perkembangan teknologi saat  ini sudah jauh sekali dan sangat penting. Hal ini sesuai arahan Presiden Prabowo yang menekankan untuk segera membangun industri pertahanan.

Dudung menegaskan, ekosistem pertahanan dalam negeri harus sudah terbentuk. Walau selama ini sudah ada seperti Defend-ID yang di dalamnya ada PT PINDAD, PT PAL, PT DI dan sebagainya, hal itu akan terus dikembangkan sehingga tidak menjadi negara yang menggunakan, memakai dan membeli.

“Tetapi kita juga ada kemandirian industri pertahanan sehingga kita bisa segera mungkin akan membangun itu,” ucap Dudung.

Menurut Dudung, dirinya optimistis, banyak cara untuk mengembangkan industri pertahanan di Indonesia, baik dengan swasta dan pemerintah seperti mengembangkan pabrik drone dan juga transfer of technology (TOT) dengan negara lain.

“Mudah-mudahan dengan lintasan teknologi yang begitu pesat ini membuat negara kita mampu mengimbangi dan kita juga akan mampu juga, khususnya penekanan Bapak Presiden, beliau terkonsentrasi kepada pembangunan teknologi industri pertahanan. Sehingga ini akan segera kita menyimbangi dengan negara-negara lain,” tandas Dudung.

“Ya mudah-mudahan dengan adanya Indo Defence ini akan membuka kita semua, kita bekerja sama dengan negara-negara lain,” imbuh Dudung.

Sementara itu, terkait alutsista yang menjadi konsen, Dudung tak menampik drone menjadi salah satu yang menjadi fokus.

Saat menjadi KSAD, Dudung mengaku sudah memesan sejumlah drone, baik drone untuk surveillance, drone yang untuk bisa menjatuhkan bom, termasuk kamikaze.

“Saya optimis kalau targetnya melihat Bapak Presiden, saya lihat antusias sekali kalau masalah pertahanan beliau, masalah alutsista, mari kita dorong. Tapi ini juga berkaitan dengan dana kan, karena kepentingan apa yang kita akan beli sesuai dengan kemampuan anggaran,” pungkas Dudung.*** (SMSI Pusat)

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!