Connect with us

Kabupaten Lahat

Bupati Lahat Cik Ujang SH Terima Rapot Merah Dari Massa OKP, Ini Tuntutan Massa Dalam Orasi

Published

on

Jurnalis : Herlan Nudin

LAHAT, SUMSEL – MLCI – Ratusan massa demonstran yang mengatasnamakan Aliansi Organisasi Ke-Pemudaan (OKP) Bersatu Peduli Rakyat di Kabupaten Lahat mendapat pengawalan ketat dari pihak Polres Lahat, TNI dan Sat-Pol PP saat menyampaikan orasi pada Selasa (16/5/23) di Jalan Protokol H. Burlian depan Kantor DPRD Lahat.

Terlihat dalam Unjukrasa, massa dari GMNI Sapma, Pemuda Muhamadiyah dan HMI Cabang Lahat yang dimulai pada pukul 09.45 Wib menyampaikan, aspirasi terkait berbagai permasalahan yang ada di Kabupaten Lahat lebih kurang lima tahun ke kepemimpinan Cik Ujang – Haryanto (Cahaya).

Aksi yang memberikan Raport Merah pada Bupati Lahat ini, seyogyanya digelar di halaman Kantor Bupati, namun karena rapatnya barisan blokade petugas yang menggunakan peralatan lengkap, maka demonstrasi hanya digelar di ruas jalan, tepatnya di jalan depan Kantor DPRD Lahat.

Kendati demikian, aksi tetap dilanjutkan dengan membacakan tuntutan untuk didengar oleh Bupati Lahat.

“Adapun tuntutan massa tersebut di antaranya, pengentasan kemiskinan di Kabupaten Lahat yang masih jauh dari kata selesai, batu-bara meningkat namun akses jalan banyak yang rusak, tingginya tingkat gangguan kesehatan akibat debu hitam batu-bara.

Kemudian realisasi dana CSR tidak transparan, janji adakan Kampus Negeri di Lahat tidak terbukti, Dana Desa (DD) mulai dari 500 juta – 2 M tak pernah terlihat.

“Serta Aspirasi titipan masyarakat, jalan transmigrasi Tans SP 6, 3, 4, 5, 7 dan 8 palmbaja seperti kubangan kerbau, pengelolaan pendapatan asli daerah yang banyak bocor, “diuraikan Ahmad Ferli, selaku Ketua GMNI seperti : retribusi parkir, retribusi rumah makan, retribusi hotel dan BPHTB Tahun 2013 dulu retribusi parkir itu 500 (Lima Ratus) juta, kabarnya sekarang cuma 150 (Seratus Lima Puluh) juta, ini tahub 2023, 10 tahun selisih, berani transparan. Lalu harga air PAM Lahat termahal di Sumsel, tahun 2022 naik 100% padahal kaffah resmi menunda kebaikan,” tegasnya

Sementara Sundan sebagai Ketua Gemapala menyebut, bahwa mereka berdemo hari ini sengaja memberikan Raport Merah pada kepemimpinam Bupati Lahat saat ini. “Menurut Sunanda, penyelengaraan sistem pendidikan yang menempatkan pelajar hanya sebagai objek dari kepentingan kekuasaan yang berdampak pada kualitas mutu pendidikan yang rendah.

“Selain itu, carut marutnya pemanfaatan sumberdaya alam yang lebih pro terhadap oligarki yang berdampak pada kesewenang-wenangan pengusaha terhadap hak-hak hidup sehat masyarakat sekitar tambang, dipengaruh dengan pengelolaan dana CSR yang syarat dalam kepentingan penguasa.” ungkapnya dengan Tegas di hadapan massa dan petugas.

Hal senada disampaiakan, Syaikh Ketua Sapma Lahat dengan menyuarakan, jika abainya Pemerintah Kabupaten Lahat terhadap persoalan petani, khususnya yang berkenaan dengan penyaluran pupuk yang tidak tepat sasaran serta harga yang mahal.”diungkapnya

“Begitu juga dengan banyaknya pembangunan yang hanya menghambur-hamburkan APBD tanpa mempertimbangkan azas kemanfaatan bagi masyarakat,”tambahnya.

Tak hanya itu, Syaikh dengan jelas menambahkan bahwa gerakan mereka tidak ditunggangi oleh pihak manapun, kecuali gerakan hati rakyat.

“Kami para pemuda yang hadir dan bersuara hari ni, adalah murni atas kehendak kami sendiri serta tidak ada perintah dari pihak manapun,’Sekali lagi kami tegaskan, bahwa kami menyampaikan aspirasi ini tidak ada muatan kepentingan siapa pun selain panggilan hati. Disini hadir para Ketua OKP yang ikut aksi, boleh tanya pada mereka”, tegasnya.

Lain lagi dengan Emil Asyari  selaku Ketua Pemuda Muhamaddiyah Lahat, dirinya lebih menyoroti dan menilai bobroknya sistem tata kelola pemerintah.

“Sehingga berdampak pada banyaknya sengketa administrasi pejabat Kabupaten Lahat yang terjadi di PTUN tahun 2022.

Dengan begitu, kami sebagai pemuda Lahat menilai Bupati Lahat saat ini gagal dalam membangun Lahat, “pungkas Emil

kemudian dilanjutkan lagi dengan nada protes terhadap Pemkab Lahat oleh orator dari OKP lainnya.

Usai berorasi, massa kemudian beristirahat dengan tertib dan meminta Bupati Lahat, Cik Ujang untuk menemui dan menanggapi tuntutan mereka.

Selang sekitar 15 menit, tampak Bupati Lahat, Cik Ujang SH bersama Wakilnya, Haryanto menemui para pendemo dan berinteraksi dengan massa.

Setelah berdialog kemudian Aliansi OKP menyerahkan Berkas dengan Map Merah Ke Bupati Lahat dan Rombongan Bupati meninggalkan lokasi Demo kemudian Para Demonstran pun undur diri dengan tertib.**

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Pj Bupati Lahat Rombak 7 Pimpinan Tinggi Pratama, Ini Namanya

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL, MLCI – Pemerintah kabupaten Lahat melaksanakan Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan pemerintah kabupaten Lahat, Kamis, 20/06/2024. berlangsung di gedung pertemuan Pemkab Lahat.

Adapun yang melaksanakan Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan yaitu :

  1. Eti Listina SP MM Jabatan Kepala Dinas Komunikasi, informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Lahat.
  2. Rudi Darma Setiawan SE M i Jabatan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Lahat.
  3. M Ghufron D SE MM Jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Lahat.
  4. H Ujang Kurniawan SE MM Jabatan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Lahat.
  5. Taufiq Maryansya Putra SKM MM Jabatan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat.
  6. Feriyansyah Eka Putra ST MM Jabatan Kepala Badan Perencanaan pembangunan Daerah Kabupaten Lahat
  7. Subranuddin SE MAP Jabatan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lahat.

PJ Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSI menyampaikan hari ini kita bersama dalam Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan pemerintah kabupaten Lahat, selamat telah melaksanakan pelantikan, ciptakan lah inovasi dalam meningkatkan kinerja ASN,.

 

Di kesempatan tersebut PJ Bupati Lahat mengucapkan selamat hari raya idul Adha 1445 H, mohon maaf lahir dan batin.

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Warga Desa Sindang Panjang Antusia Sambut Kehadiran Cabup Lahat Yulius Maulana ST

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL, MLCI – Kehadiran yang sudah lama dinanti, kedatangan Yulius Maulana ST di Desa Sindang Panjang Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat disambut antusias warga masyarakat Desa setempat dan tamu undangan.

Kehadiran Yulius Maulana di Desa Sindang Panjang tersebut adalah untuk memenuhi undangan resepsi pernikahan Cici (Putri dari Bapak Riyanto dan Ibu Sihayah) dan Syahrial (Putra dari Bapak Abdul Roni dan Ibu Adariah), Kamis (20 Juni 2024).

Lukman Panggar Besi, mewakili keluarga dalam sambutannya mengajak masyarakat Desa Sindang Panjang untuk bersama-sama memperjuangkan kemenangan Yulius Maulana ST menjadi Bupati Lahat 2024-2029 mendatang.

“Kami selaku tuan rumah mengajak seluruh masyarakat Tanjung Sakti Pumi dan Pumi untuk bersama sama mendukung Yulius Maulana menjadi Bupati Lahat 2024-2029 nanti, insyaAllah Pak Yulius mampu membawa Kabupaten Lahat menjadi lebih baik lagi,” ungkap Yulius.

Sementara itu Yulius Maulana ST dalam sambutannya mewakili tamu undangan menyampaikan ucapan terimakasih pada ahli rumah atas undangannya yang diberikan kepadanya.

“Terimakasih pada tuan rumah sudah memberikan undangan pada kami,” ujarnya.

Tak lupa pula, Yulius Maulana turut mendoakan kedua mempelai Cici dan Syahrial. Yulius mendoakan keduanya berbahagia selalu sekinah mawadah warahmah.

“Semoga kedua mempelai Cici dan Syahrial ini selalu bahagia, menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah. Semoga kelak keduanya segera diberikan zuriat keturunan yang soleh-soleha, anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya dan berguna bagi nusa bangsa dan agama, serta memberi manfaat pada orang banyak,” tukasnya.

Yulius Maulana ST Cabup Lahat menyampaikan pandangan tentang Pilkada Kabupaten Lahat yang tidak lama lagi akan segera dilaksanakan. YM pun menyampaikan beberapa program unggulannya untuk Lahat Amanah ke depannya, yang kemudian disambut tepuk tangan dan teriakan dukungan untuk Yulius Maulana

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Rangkaian Idul Adha 1445 H, Pj Bupati Serahkan Sapi Qurban PCNU dan MUI Lahat

Published

on

Jurnalis Rochmiatun –  

LAHAT SUMSEL, MLCI – Didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi hadiri penyerahan dan penyembelihan hewan qurban ke MUI dan PC NU Lahat di Kolam Bendungan Lematang Lahat. Selasa (18/06/2024)

Usai penyembelihan, Pj Bupati Lahat mengucap Alhamdulillah hari ini rangkaian demi rangkaian hari raya Idul Adha 1445 H, tepatnya hari ke-2 Pemkab Lahat masih tetap melaksanakan pemotongan hewan qurban dengan memberikan 1 ekor sapi kepada PCNU dan MUI Kabupaten Lahat.

“Puji syukur tadi sudah kita saksikan bersama pemotongan hewan qurban berupa sapi yang berjalan dengan aman dan lancar,” jelasnya.

InsyaAllah, tambah Pj Bupati, hasil penyembelihan hewan qurban ini akan diberikan kepada segenap unsur dan rangkaian panitia beserta warga masyarakat sekitar.

“Harapannya kedepan kegiatan program seperti ini akan terus berlanjut, sehingga antar unsur elemen tokoh keagamaan dari Kabupaten Lahat khususnya generasi yang erat hubungannya,” imbuh Pj Bupati.

Senada Ketua PCNU Kabupaten Lahat H. Nafiqurrohman mengucapkan Terima kasih kepada Pemkab Lahat yang telah mempercayakan PCNU dan MUI Lahat untuk menyalurkan hewan kurban dan semoga barokah.

“Saya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut setiap tahun. Hal ini sejalan dengan semangat PCNU Lahat untuk terus berperan aktif dalam mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang H Nafiqurrohman.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!