Connect with us

Pemerintah

Ali Afandi: “Informasi Adanya Santunan Dana Kematian Covid-19 Lahat Senilai 6 Miliyar itu Bohong”

Published

on

Jurnalis SMSI Lahat –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Terkait tentang informasi melalui pemberitaan tersebar oleh media tentang adanya santunan kematian bagi yang meninggal karena positif Covid-19 senilai Rp 6 Milyar (M) itu berita bohong alias Hoax.

“No coment, karena hal itu tidak ada dalam rencana aksi, dan RKB Satgas, itu hanya berita hoax yang sengaja dilontarkan tanpa didukung dengan data dan fakta,” jelas Sekretaris Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Lahat, Drs H Ali Afandi M. Pdi kepada awak media. Jumat (26/3/2021).

Diterangkan Ali Afandi, informasi yang benar memang ada keterlambatan transfer ke OPD pengguna anggaran Covid-19, tetapi sudah dijelaskan, baik ke masyarakat, maupun ke DPRD melalui rapat dengar pendapat.

Memang proses pengajuan anggaran melalui beberapa tahap. Pertama. Pengajuan dari OPD ke BPBD, direviu oleh BPBD, selanjutnya dimintakan Review atau evaluasi oleh APIP (Inspektorat), dan setelah itu paparan dengan APH (kejaksaan).

Setelah proses ini, dan sudah dianggap clear and clean baru BPBD mengajukan anggaran ke BPKAD.

Dalam pelaksanaan kegiatan pun, masih kata Ali, juga BPBD tetap minta dilakukan pendampingan baik dari APIP maupun dari APH. Penggunaan anggaran covid-19 kabupaten Lahat, baik dalam proses maupun pelaksanaan cukup baik.

“Kamipun sudah diperiksa BPK 1 bulan menyangkut manajement penanganan covid-19. Saat ini juga sedang dilakukan pemeriksaan keuangan dari BPK. Dan perlu juga kami sampaikan bahwa, untuk TA 2021, masalah penanganan Covid-19, karena bencana non alam ini sudah bisa diprediksi maka menyangkut penanganan dana covid-19, sudah dikembalikan ke OPD masing-masing,” tutupnya.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pemerintah

Tingkatan Kesehatan Lansia, Pemdes Giri Mulya Bersama Puskesmas Senabing Gelar Kegiatan Posyandu Lansia Rutin

Published

on

Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL – MLCI – Dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup lansia, Pemerintah Desa Giri Mulya dan Puskesmas Senabing mengadakan kegiatan posyandu lansia Secara Rutin, Selasa (29/04/2024).

Bertempat di Gedung Serbaguna Desa Giri Mulya Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Berlangsung Posyandu Lansia.

Posyandu Lansia merupakan bagian dari upaya Pemerintah Desa Giri Mulya dan puskesmas Senabing untuk mendukung kesejahteraan masyarakat, khususnya mereka yang berusia lanjut. Melalui kegiatan ini, telah disediakan berbagai layanan seperti pengukuran antropometri, pemeriksaan Kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar kolesterol, edukasi & sosialisasi Kesehatan.

Dalam posyandu yang berlangsung, dihadiri koordinator posyandu lansia dari Puskesmas Senabing dan sejumlah kader posyandu lansia bersama puluhan lansia.

Terlihat dalam pelaksanan posyandu Lansia, dilanjutkan dengan absensi dan pengukuran antropometri, pemeriksaan tekanan darah, pengecekan kadar kolesterol serta penyuluhan kesehatan.

Kegiatan diakhiri dengan membagikan pemberian makanan tambahan (PMT) dan Obat.

Mujiono Kepala Desa Giri Mulya melalui Sekretaris Desa (Sekdes) ketika diwawancari Jurnalis media ini mengatakan, “Alhamdulillah kegiatan Posyandu Lansia hari ini berjalan Lancar dan antusias para Bapak dan Ibu Lansia di Desa Giri Mulya Lahat sangat Besar untuk menjaga kesehatannya.

“Memang biasanya kegiatan Posyandu Lansia ini, kita adakan setiap Tanggal 20 setiap bulannya karna bulan ini tanggal 20 jatuh pada hati Sabtu jadi di majukan Tanggal 29 April ini. “Terang Sekdes

Diharapkan dengan Adannya makanan tambahan dan pemberian Obat dalam kegiatan Posyandu ini, “semoga kesehatan Bapak dan Ibu semakin terjaga diusia senjanya.

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pemerintah

Proses Nyata Berkelanjutan, Pemdes Jajaran Baru Kikim barat Kembangkan Balai Rakyat

Published

on

Herlan Nudin

LAHAT Kikim Barat – MLCI – Pembangunan Balai Rakyat memiliki makna strategis dalam meningkatkan potensi suatu Desa, Masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan untuk menggelar Hajatan.

Bostandi SE Kepala Desa Jajaran Baru Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat mengatakan, Proses nyata Berkelanjutan. pembangunan Balai Rakyat yang dialokasikan dari Dana Desa (DD) tahun 2024, bertujuan agar masyarakat bisa lebih mudah mengelar Hajatan maupun syukuran.

Menurut Bostandi, setelah ada kantor Desa di lantai satu kemudian BPD bersama Pemerintah Desa adakan Musdes di tahun 2023 yang lalu, dan menghasilkan kesepakatan bersama Program Prioritas Untuk mengembangkan Balai Rakyat Sebagai sarana dan Prasarana untuk masyarakat Banyak, mengingat lokasi Rumah warga di Desa Jajaran Baru Ini jarang memiliki pekarangan. “Tuturnya

Pengembangan Balai Rakyat di tahun 2024 ini merupakan solusi karna kegunaannya langsung bersentuhan dengan masyarakat banyak dan sangat membantu bagi warga yang mau Hajatan, Resepsi Pernikahan, Sunat dan lainnya.

“Alhamdulillah Pembangunan pun sudah mencapai 50 persen pada tanggal 23 April 2024 hari ini, dengan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2024 Kalau tidak ada arah melintang, pekerjaan akan selesai Tepat waktu. “Terang Bostandi

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pemerintah

Tingkatkan Sarana Dan Prasarana, Pemdes Jajaran Baru Kembangkan Gudung Balai Rakyat dan Bangun Jalan Usaha Tani

Published

on

Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL – MLCI – Pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) terus dilengkapi Pemerintah Desa (pemdes) Jajaran Baru Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat, Jum’at, 05/04/2024

Menurut Bostandi SE Kepala Desa Jajaran Baru, dengan terpenuhinya sarpras desa, dinilai mampu mendorong aspek ekonomi dan sosial masyarakat untuk terus berkembang.

Ditahun 2024 Ini, terdapat sejumlah pembangunan sarpras maupun infrastruktur Desa yang akan dibangun ditahun 2024 ini. Mulai dari pengembangan Gedung Balai Rakyat hingga jalan usaha tani (JUT).

”Prinsip kami, segala bentuk pembangunan di desa ini berorientasi pada pelayanan dan manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat Langsung,” ungkap Bostandi

Diawal tahun 2024 ini, Tepatnya 5 April 2024, pihaknya mengerjakan pengembangan pembangunan gedung Balai Rakyat.

Dengan Volume Lebar 6 M dan Panjang 12 meter, yang difungsikan untuk pelayanan masyarakat. ”Anggarannya dari Dana Desa Tahun 2024. ”terangnya

Kemudian Jalan Usaha Tani, dengan Lebar 3 M dan Panjang 248 M, diperuntukan untuk kepentingan Masyarakat Desa Jajaran Baru dalam meningkatkan perekonomian, semoga semua terlaksana dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan bersama. “Tutup Bostandi

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!