Connect with us

Pemerintah

Simak, Pemkab Lahat Beberkan Penggunaan Dana Covid-19

Published

on

Jurnalis SMSI Lahat –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Sekretaris Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Lahat, Drs H Ali Afandi M. Pdi mengatakan kepada awak media, bahwa dana recrofusing Pemerintah Daerah (Pemda) Lahat dalam penanganan covid-19 sebesar Rp 78 Milyar (M), diposkan untuk biaya tak terduga (BTT).

“Rp 3 M dicadangkan untuk bencana alam, sedangkan Rp 75 M untuk bencana non alam covid-19. Adapun alokasi dana BTT Rp 75 M, digunakan sesuai dengan Rencana Aksi Penanganan Covid-19 Kabupaten,” terangnya, Jumat (26/3/2021).

Ali menyebut ada tiga rencana aksi yang ditetapkan meliputi, Sosialisasi dan pencegahan Covid-19, lalu Penanganan dan prasarana Kesehatan serta Jejaring sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19.

“Dalam rencana aksi tersebut, satgas covid-19 Kabupaten Lahat, bersama OPD terkait, telah menyusun rencana penanganan Covid-19 dengan menyusun kebutuhan belanja (RKB), sesuai dengan tupoksi masing-masing OPD,” ungkap H Ali Afandi seraya menambahkan, total keseluruhan sebesar Rp 44 M. Namun dalam realisasinya dari RKB hanya mencapai Rp 36 M.

Adapun rinciannya, anggaran Rp 36 M tersebut telah digunakan oleh OPD seperti, Dinkes sebesar Rp 19,2 M, RSUD Rp 8,9 M, PRKPP Rp 1,05 M, Dinas Pertanian Rp 2,2 M, kemudian Kominfo Rp 372 juta, terus TNI/Polri Rp 1,5 M, BPBD Rp 2,6 M, terakhir Dinsos Rp 129 juta.

Dinsos sendiri dicadangkan dalam RKB Rp 8 M, namun tidak bisa diserap karena faktor data miskin yang pada umumnya sudah tercover oleh program pusat, baik dari Kemensos, dan Kementerian Desa tertinggal melalui Dana Desa.

“Bahwa RKB Covid-19 masing-masing OPD berbeda-beda kegiatannya. Seperti, RSUD digunakan untuk peningkatan fasilitas dan penanganan pasien, berikutnya Dinkes digunakan peningkatan pelayanan kesehatan di 34 puskesmas, seperti tracking, serta sapras, termasuk pengadaan alat-alat kesehatan, salah satunya PCR,” ucapnya.

Untuk BPBD sendiri, jelas Ali, digunakan untuk pembiayaan 3 posko utama perbatasan, di antaranya Muara Lawai, Kikim Barat dan Posko Selawi selama tiga bulan. Serta 3 Posko pembantu di Muara Payang, Mulak Ulu, dan Tanjung Sakti.

“Lalu Dinas Pertanian, digunakan bantuan kepada 45 kelompok tani (Koptan) tersebar pada 15 kecamatan serta masyarakat terdampak covid-19, yang sasarannya, para petani melalui program bantuan bibit jagung manis, pupuk, dan obat-obatan,” urainya.

Kemudian, dilanjutkannya, di Dinas PRKPP, sambung H Ali, diperuntukan rehabilitasi sarana prasarana Terminal Batai dengan dijadikan rumah isolasi termasuk pengadaan tanah kuburan covid-19. Dinas Kominfo, pada prinsipnya digunakan untuk sosialisasi penanganan covid-19.

“Yang di institusi TNI/Polri untuk keamanan dan dapur umum, berupa pembagian nasi pada seluruh wilayah kecamatan, dan Dinsos digunakan pendataan masyarakat miskin terdampak covid-19, serta pendampingan program dari kementerian, dalam hal distribusi bantuan jejaring sosial,” paparnya seraya menerangkan, adapun sisa dana dari Rp 75 M yang disediakan itu tetap berada di kas daerah.***

Bagikan Berita :

Kabupaten Lahat

Pameran Pembangunan HUT Lahat Ke-155 Tahun Resmi Ditutup, Simak Stand Raih Juara 1

Published

on

Jurnalis Rochmiatun –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Penjabat (Pj) Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi Secara resmi menutup pagelaran Pameran Pembangunan dalam rangkaian acara HUT Kabupaten Lahat Ke -155 Tahun 2024, Kamis (16/052024).

Pameran pembangunan yang dipusatkan di Lapangan X MTQ Lahat ini melibatkan setidaknya 66 Stand yang terdiri dari Kecamatan, OPD, UMKM dan Swasta, adapun pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama 4 Hari mulai tanggal 13 Mei hingga kamis 16 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi, Apresiasi kepada seluruh yang terlibat dalam acara Pameran Pembangunan Dalam rangka HUT Lahat ke -155 Tahun 2024

” Berkat niat dan kemauan, serta dukungan dari semua pihak, pameran pembangunan HUT Lahat Ke 155 ini semuanya dapat berjalan dengan baik dan Lancar,”ujarnya

Disini juga Farid menekankan, bahwa kabupaten Lahat akan terus mendukung UMKM di Kabupaten Lahat untuk terus maju dan semakin dikenal masyarakat Luas bahkan seluruh Dunia

“UMKM Lahat bertebaran disini, naik kelas UMKM kita, dari kemasan hingga rasa juga tak kalah enak dari daerah lain, mulai dari lemon bunga telang dan masih banyak yang lain, itu artinya UMKM di Lahat mengutamakan kualitas bukan hanya kuantitas,”tegasnya.

Ditambahkanya bahwa semua Stand Yang ada di Pameran Pembangunan ini semuanya juara, meskipun ada beberapa kriteria yang wajib dianggap juara oleh juri, ujarnya.

Sebagai informasi, adapun yang jadi juara pemenang Stand Pameran Pembangunan Dalam rangka HUT Lahat ke 155 tahun 2024 ini adalah

  • Juara Umum
  • Juara 1 – Dinas UMKM Lahat
  • Juara 2 – Dinas TPHP dan Peternakan
  • Juara 3 – Dinas Perkebunan
  • Juara Harapan
  • Harapan 1 – TP PKK Kabupaten
  • Harapan 2 – Bapenda Lahat
  • Harapan 3 – Dinas Pariwisata Lahat
Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Kursi Puluhan Pejabat Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat Dirotasi

Published

on

Jurnalis Riko –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Permohonan Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi melakukan rotasi terhadap pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat dikabulkan Pj Gubenur Sumsel Agus Fatoni.

Pelantikan puluhan pejabat ini dipimpin Pj Bupati Lahat diwakili Sekda Lahat Chandra SH MM di Gedung Pertemuan Pemda Lahat, Rabu 15 Mei 2024. Mulai dari pejabat administrator, pejabat pengawas dan pejabat fungsional tertentu.

Berdasarkan surat Keputusan Gubernur Sumsel Nomor: 821/4734/BKD.II/2024 Palembang 25 April 2024, inilah nama nama pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat mengalami rotasi jabatan.

  1. Astopi Zaki SIP Msi, Jabatan lama Kabag Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Lahat dan Jabatan baru Kabag Perencanaan dan Keuangan pada Sekretariat Daerah Lahat.
  1. Asrol Fansori ST MM, Jabatan lama Kabag Perencanaan dan Keuangan Sekretariat DPRD Lahat dan Jabatan baru Kabag Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Lahat
  1. Jemmi Saputra SSTP MM, Jabatan lama Sekcam Lahat Selatan dan Jabatan baru Camat Gumay Ulu
  1. Tarmidi SSos MM, Jabatan lama Camat Gumay Ulu dan Jabatan baru Kabid Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Lahat.
  1. Fikir SE MM, Jabatan lama Kabid Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Lahat dan Jabatan baru Sekcam Lahat Selatan.
  1. Asran Pahlepi SE, Jabatan lama Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Lahat dan Jabatan baru Sekcam Pajar Bulan
  1. Imam Santoso SSTP MSi, Jabatan lama Sekcam Suka Merindu dan Jabatan baru Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Lahat
  1. Marully S ST Pi, Jabatan lama Kabid Perikanan Budidaya pada Dinas Perikanan Lahat dan Jabatan baru Sekcam Suka Merindu.
  1. Syahrul SE MM, Jabatan lama Kabid Pengelolaan Aset Daerah pada BPKAD Lahat dan Jabatan baru Kabid Perikanan Budidaya pada Dinas Perikanan Lahat.
  1. Reno Arif Wibowo SSTP MSi, Jabatan lama Sekcam Pajar Bulan dan Jabatan baru Kabid Pengelolaan Aset Daerah pada BPKAD Lahat.
  1. Khairul Alpan SE, Jabatan lama Analisis Kebijakan Ahli Muda Bagian Umum Sekretariat Daerah Lahat dan Jabatan baru Kabag Umum Sekretariat Daerah Lahat.
  1. Ananta ST MT, Jabatan lama Kabid Kedaruratan BPBD Lahat dan Jabatan baru Kabag Pengadaan Barang / Jasa Setda Lahat.
  1. Widi Apriansi SE MM, Jabatan lama Penata Kelola Bangunan Gedung dan Kawasan Permukiman Dinas PUPR dan Jabatan baru Kabid Keciptakaryaan dan Jasa Konstruksi Dinas PUPR Lahat.
  1. Ahmad Hartawan ST MM, Jabatan lama Kabid Keciptakaryaan dan Jasa Konstruksi Dinas PUPR Lahat dan Jabatan baru Kabid Bina Marga Dinas PUPR.
  1. Sarwan ST MT, Jabatan lama Kabid Bina Marga Dinas PUPR dan Jabatan baru Sekretaris Dinas PUPR.
  1. Ir Salman Alfarizi MSc, Jabatan lama Sekretaris Dinas PUPR dan Jabatan baru Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Lahat.
  1. Ir Alkodra Huzaini MT, Jabatan lama Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Lahat dan Jabatan baru Kabid Pembinaan PAUD & Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lahat.
  1. Fiji Hadroni SIP MSi, Jabatan lama Kabid Administraasi Pemerintah Desa DPMDes dan Jabatan baru Sekcam Kikim Timur.
  1. Arie Effendi SIP, Jabatan lama Sekcam Kikim Timur dan Jabatan baru Kabid Administraasi Pemerintah Desa DPMDes
  1. Citra Dewi Agustina SE, Jabatan lama Kasubbag Umum dan Kepegawaian BPBD Lahat dan Jabatan baru Kasubbag Tata Usaha Dinas Koperasi dan UKM.
  1. Sumaryati SH, Jabatan lama Lurah Kota Baru dan Jabatan baru Kasubbag Umum dan Kepegawaian BPBD Lahat.
  1. Panca Mayasari SSTP, Jabatan lama Kasi Keuangan dan Umum Kelurahan Bandar Jaya dan Jabatan baru Lurah Sari Bunga Mas.
  1. Ridifiriansyah SE MM, Jabatan lama Lurah Sari Bunga Mas dan Jabatan baru Lurah Kota Baru
  2. Nasir Achmad SE, Jabatan lama Pengelola Data Lakip dan Penilaian Kinerja Aparatur pada Bagian Organisasi Setda Lahat dan Jabatan baru Kasi Perekonomian dan Pembangunan Kecamatan Gumay Talang.***
Bagikan Berita :
Continue Reading

Pemerintah

Gorong-Gorong Dan Jalan Ambrol, Pemdes Giri Mulya Perbaiki Secara Swadaya

Published

on

Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL – MLCI – Pemerintah Desa Giri Mulya Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat memperbaiki gorong-gorong dan jalan yang ambrol Secara Swadaya.

Kondisi gorong-gorong yang ambrol akibat tergerus air sehingga kepala Desa Giri Mulya Bersama Perangkat Desa secara swadaya dan gotong royong memperbaiki akses Jalan Keluar Desa.

Kepala Desa Giri Mulya, Mujiono menjelaskan, perbaikan gorong gorong yang amblas dan jalan yang ambrol tersebut karena kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan.

“Kalau tidak cepat diperbaiki bisa amblas dan, akses jalan dihawatirkan terputus dan Dapat menimbulkan kecelakaan,” kata Mujiono Rabu (18/05/2024) dilokasi perbaikan.

Menurutnya, perbaikan dilakukan dengan pemasangan besi yang Belum menyatu kemudian dilanjutkan dengan pengecoran supaya tidak ambrol lagi.

Perbaikan gorong gorong dan Jalan ini melalui swadaya Pemerintah Desa dan Warga. untuk itu saya berharap, kita semua tetap menjaga infrastruktur ini, terlebih jalan ini sering dilalui para Warga baik dari Desa Maupun dari Luar Desa.

”Terima kasih banyak kepada Warga dan Perangkat Desa yang sudah gerak cepat dan peduli terhadap infrastuktur di desa,” Ucap Mujiono.

Dia menjelaskan, selain tergerus air, bahwa gorong gorong dan jalan ini dibangunan Besinya Tidak Menyatu sehingga Jalan jadi menurun dan Ambrol.

Semoga dengan di perbaiki Gorong gorong dan Jalan hari ini, Aktifitas Warga semakin Lancar dan Bangunan menjadi awet. “Tutup Mujiono

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!