Connect with us

Kabupaten Lahat

Kejari Lahat Limpahkan Berkas Perkara GI Pelaku Pemerkosaan Sempat Viral Terancam 15 Tahun Penjara

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMEL – MLCI – Kejaksaan Negeri Lahat telah melimpahkan satu tersangka kasus kekerasan seksual anak terhadapan korban Bunga (17) nama samaran, red. Satu tersangka dewasa yakni Gi (18).

‘Ya sebelumnya kita telah menerima pelimpahan tahap 2 dari pihak kepolisian Kamis sore (5/1). Tadi telah kita limpahkan berkasnya ke Pengadilan Negara. Sementara untuk tersangka ditahan dan dititipkan di Mapolres Lahat,” ujar Kejari Lahat Nilawati SH melalui Kasi Pidum Frans Mona, Jumat,06/01/2023

Sementara untuk pasal yang disangkakan terhadap tersangka Gi, yakni Pasal 81 ayat 1 Undang – Undang Perlindungan Anak.

Untuk Ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara maksimal 15 tahun denda maksimal 5 miliar.

Lanjutnya bahwa untuk Gi, Proses persidangan berbeda dengan dua pelaku anak sebelumnya yang di vonis 10 bulan oleh majelis Hakim dan pelatihan kerja di Dinas PPA kabupaten lahat selama tiga bulan oleh pengadilan Negeri Lahat

Hal ini di karenakan GI masuk kategori sudah dewasa sehingga proses peradilan mengacu kepada Kitab Undang undang hukum acara pidana (KUHAP) sedangkan dua pelaku mengacu kepada undang undang SPPA nomor 12 tahun 2012.**

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

“NGALEH ASE”: Yulius Maulana Disambut Masyarakat Pandan Arang Dengan Karangan Bunga

Published

on

Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL – MLCI – Penuhi undangan pernikahan Soni Saulan bin Saulan dan Septi Iriani binti Ramlan di Desa Pandan Arang, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat, Yulius Maulana ST disambut dengan kalung bunga dan senyum ramah masyarakat Kikim tersebut, Minggu (05/05/2024).

“Calon Bupati Lahat yang jadi, kami nak NGALEH ASE”,.sahut para tamu undangan saat Yulius Bersalaman dengan satu-persatu tamu Undangan.

Efendi, selaku tuan rumah mengungkapkan rasa senangnya atas kehadiran Yulius Maulana ST dan rombongan. “Hari ini kita kedatangan Pak Yulius Maulana calon bupati menang, termasuk rombongan kami sangat senang,” ucap Efendi.

Selanjutnya, tak lupa di awal pidatonya Yulius memohon maaf atau keterlambatannya dikarenakan perjalanan yang cukup jauh. “Saya dan rombongan mohon maaf atas keterlambatan kami, karena tadinya kami pikir tidak terlalu jauh,” ungkapnya.

Selanjutnya, doa dan harapan untuk kedua mempelai Yulius sampaikan. “Semoga ananda kita Soni dan Septi ini kelak menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah, serta diberikan zuriat yang saleh dan salehah,” tuturnya.

Yulius mengemukakan, niatnya mencalonkan diri jadi Bupati Lahat ini bukan dilandasi emosi dan nafsu semata. “Saya kalau mau memikirkan diri sendiri, saya pikir sudah cukup, tapi saya ini punya sanak keluarga, teman-teman yang juga membutuhkan bantuan, banyak teman-teman sekolah mendorong dan benar benar berharap untuk maju menjadi Bupati Lahat 2024-2029, berdasarkan itulah saya mantap mencalonkan diri,” tegasnya.

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

PT. Prisma Cipta Mandiri Bantu Perbaiki Jalan Sepanjang 5 KM di Kikim Timur

Published

on

Barab Dafri FR –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Dibawah naungan Sinar Mas Group, PT Prisma Cipta Mandiri (PCM) memberikan bantuan untuk masyarakat Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.

“Bantuan yang kami salurkan wujud dari Corporate Social Responsibility atau CSR perusahaan PT PCM,” ujar Manager PT PCM perkebunan sungai Bungur Estate, Bambang Patarai kepada media ini. Minggu (05/05/2024).

Ditambahkan Bambang, sasaran CSR tersebut untuk wilayah kerja Kecamatan Kikim Timur berupa perbaikan akses jalan poros Bungamas SP 1 Palembaja sepanjang 5 km.

“Tentunya dalam perbaikan jalan, kami menerjukan alat berat berikut operator serta tenaga kerja lainnya secara profesional agar bisa dikerjakan sesuai dengan harapan masyarakat,” jelasnya di lokasi perbaikan jalan.

Diungkapkan Bambang, tujuan pihak perusahaannya menyalurkan bantuan CSR dalam perbaikan jalan ini dalam rangka meningkatkan roda perekonomian masyarakat sekitar.

“Selain nantinya bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat sekitar, kami juga berharap perbaikan jalan poros ini bermanfaat sebagai akses mempercepat penghubung antar desa lainnya di Kecamatan Kikim Timur,” terangnya.

Terlihat mendampingi Bambang saat di lokasi perbaikan jalan, yakni Anggota DPRD Lahat Tabroni, Kepala Desa (Kades) Bungamas Samsul Bahri, Tokoh Masyarakat Sawaludin.

Tampak pula, Kades SP 1 Palembaja Dodi, tokoh masyarakat yang juga mantan Kades SP 1 Palembaja Musli serta Kades SP 2 Palembaja Sarjito.

Sementara itu, salah satu masyarakat setempat yang berhasil ditemui media ini Suharto mengaku sangat senang saat awal mendapat kabar bahwa jalan poros akan diperbaiki.

“Apalagi saat ini kabar perbaikan jalan poros tersebut telah direalisasikan, untuk itu kami sangat berterima kasih kepada pihak perusahaan PT PCM yang telah memperhatikan kepentingan masyarakat yang sangat bermanfaat,” ungkap Suharto.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Bangunan Fisik Di Desa Makartitama Tahun 2022 sampai 2024 Di Monev Tim BPKP Provinsi Sumsel

Published

on

Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL – MLCI – Terlihat dalam Proses Monitoring dan Evaluasi Tim BPKP Provinsi Sumatra Selatan di tiga Lokasi berbeda Desa Makartitama yang dibangun mengunakan Dana Desa (DD) Tahun 2022 sampai 2024.

Adapun yang Bangunan yang di yang periksa meliputi, Bangunan Sumur Bor Dusun 1 tahun 2022, Bangunan Polindes dan Bangunan Posyandu Balita Dusun 2 Tahun 2023, Ternak Ayam Bertelor di Dusun 3 tahun 2023 dan Cek Lokasi Bangunan Embung air Bersih di Dusun 2 untuk tahun 2024.

Dalam Arahan, Arpan Tim Ahli BPKP Provinsi Sumatra Selatan disela-sela kegiatan menyampaikan, Kepada Pemerintah Desa Makartitama dalam Hal ini Kepala Desa Pak Dul Rohim Bersama Perangkat dan Segenap Anggota BPD, Untuk Pembangunan yang sudah du Realisasikan Tolong di Pelihara agar Manfaat dan kegunaannya Dapat dirasakan Oleh Masyarakat Banyak dan berkelanjutan.

Mengigat Lebih Mudah Membuat suatu Bangunan dari pada memeliharanya.

Karna Dana Desa yang digunakan untuk pembangunan jangan sampai Mubazir. “Saran Arpan Tim Ahli Madya BPKP Provinsi Sumatra Selatan

Sementara Dul Rohim Kepala Desa Makartitama menyampaikan. ” Terimakasih atas Saran yang sudah diberikan oleh pak Arpan Tim Ahli Madya dari BPKP Provinsi Sumatra Selatan karena berkat masukan yang berikan pada hari ini, kami jadi tau Bagaimana tata cara penanganan Dana Desa untuk Fisik secara Baik dan Benar.

Sekali lagi kami Ucapkan Terimakasih yang sebesar-besarnya. “Tutup Dul Rohim

Hadir dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Bangunan Fisik, Arpan Tim Ahli Madya BPKP Provinsi Sumatera Selatan bersama Fiji Kabid Adm PMD Lahat didamping Camat Lahat dan Jajaran, Dul Rohim Kepala Desa Makartitama dan Perangkat Desa, BPD dan Pendamping Desa Lokal serta pengurus Air Bersih Wonotirto.

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!