Connect with us

Kabupaten Lahat

Jelang Pilkada Lahat 2024, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Dioptimalisasi

Published

on

Jurnalis Rochmiatun

LAHAT SUMSEL, MLCI – Dalam rangka jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lahat Tahun 2024 yang damai, optimalisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Lahat. Selasa (04/06/2024).

Turut hadir dalam acara ini Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi, Forkopimda Kabupaten Lahat atau yang mewakili, para Kepala OPD di Lingkup Pemkab Lahat, Kepala Badan Kesbangpol Lahat serta seluruh jajaran dan tamu undangan.

Pj Bupati Lahat di dampingi Kepala Kesbangpol Lahat Raswan Ansori SE MM mengatakan sejatinya Pilkada serentak akan dijadwalkan pada November 2024, hanya saja euforia pesta demokrasi lima tahunan tersebut khususnya di Kabupaten Lahat mulai mengeliat.

Oleh sebab itu Pemkab Lahat bekerjasama dengan Forkopimda mengajak seluruh elemen masyarakat serta organisasi yang ada untuk sama-sama mewujudkan kondisi zero konflik.

“Seperti yang kita ketahui dalam kurun lima tahun terakhir ini, memang Kabupaten Lahat didalam mengelar pilpres, pileg, pilgub dan pilkada selalu aman serta kondusif,” jelas Pj Bupati.

Ditambahkanya masih ada riak-riak disana sini akan tetapi masih dalam tahap wajar, hal ini juga partisipasi dari segi keamanan yang dilakukan TNI/Polri.

Hal ini untuk menjamin terselenggaranya pesta demokrasi yang aman, sejuk terkendali dan jauh dari tindakan sara untuk memecahbelah persatuan sekaligus kerukunan terjaga selama ini.

Untuk itulah melalui sosialisasi optimalisasi peran forum kewaspadaan dini masyarakat, dalam rangka pelaksanaan pilkada 2024 yang aman.

“Disinilah peran aktif dari unsur forkopimda, pemuka masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat umum lainnya secara bersatu dengan tekad, yang sama untuk memberikan sumbangan tenaga dan pikiran,” urai Pj Bupati.

Dilanjutkannya baik ketika rangka persiapan, pelaksanaan maupun pasca pilkada tahun 2024, agar Kabupaten Lahat tetap dalam kondisi yang baik.

Sedapat mungkin menghindari terjadinya situasi yang tidak diinginkan, serta terus berupaya sekuat tenaga untuk tetap menjaga, memelihara dan meningkatkan situasi yang kondusif, aman dan tentram.

Senada, Dandim 0405/Lahat, Letkol Inf Asis Kamaruddin SE MIP melalui Kasdim, Mayor Inf Sugeng Purwadi menerangkan bahwa pihaknya bersama dengan jajaran Polri akan siap memberikan keamanan serta ketertiban, pada penyelenggaraan pilkada serentak 2024.

“Tentu saja, sebagai prajurit untuk terus memberikan upaya maupun usaha semaksimal mungkin, guna menciptakan kondisi keamanan serta ketertiban aman dan juah dari hal-hal tidak diinginkan,” imbuh Kasdim.

Sementara itu Kapolres Lahat, AKBP God Parlasro S Sinaga SIK SH MH melalui Kabag Ops Kompol Aan Sumardi SE MM mengemukakan, tentunya saja keamanan pada pilkada merupakan prioritas pihaknya, sehingga terhindar dari segala upaya ancaman maupun tindakan dapat merusak pesta demokrasi.

“Kami tidak bisa sendiri dengan berkolaborasi dengan TNI, Kejari, Pengadilan Negeri, DPRD Lahat serta unsur pemerintahan maka situasi kondusif dan tentram akan bisa dilakukan,” tutup Kabag Ops.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Pj Bupati Lahat Rombak 7 Pimpinan Tinggi Pratama, Ini Namanya

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL, MLCI – Pemerintah kabupaten Lahat melaksanakan Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan pemerintah kabupaten Lahat, Kamis, 20/06/2024. berlangsung di gedung pertemuan Pemkab Lahat.

Adapun yang melaksanakan Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan yaitu :

  1. Eti Listina SP MM Jabatan Kepala Dinas Komunikasi, informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Lahat.
  2. Rudi Darma Setiawan SE M i Jabatan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Lahat.
  3. M Ghufron D SE MM Jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Lahat.
  4. H Ujang Kurniawan SE MM Jabatan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Lahat.
  5. Taufiq Maryansya Putra SKM MM Jabatan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat.
  6. Feriyansyah Eka Putra ST MM Jabatan Kepala Badan Perencanaan pembangunan Daerah Kabupaten Lahat
  7. Subranuddin SE MAP Jabatan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lahat.

PJ Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSI menyampaikan hari ini kita bersama dalam Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan pemerintah kabupaten Lahat, selamat telah melaksanakan pelantikan, ciptakan lah inovasi dalam meningkatkan kinerja ASN,.

 

Di kesempatan tersebut PJ Bupati Lahat mengucapkan selamat hari raya idul Adha 1445 H, mohon maaf lahir dan batin.

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Warga Desa Sindang Panjang Antusia Sambut Kehadiran Cabup Lahat Yulius Maulana ST

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL, MLCI – Kehadiran yang sudah lama dinanti, kedatangan Yulius Maulana ST di Desa Sindang Panjang Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat disambut antusias warga masyarakat Desa setempat dan tamu undangan.

Kehadiran Yulius Maulana di Desa Sindang Panjang tersebut adalah untuk memenuhi undangan resepsi pernikahan Cici (Putri dari Bapak Riyanto dan Ibu Sihayah) dan Syahrial (Putra dari Bapak Abdul Roni dan Ibu Adariah), Kamis (20 Juni 2024).

Lukman Panggar Besi, mewakili keluarga dalam sambutannya mengajak masyarakat Desa Sindang Panjang untuk bersama-sama memperjuangkan kemenangan Yulius Maulana ST menjadi Bupati Lahat 2024-2029 mendatang.

“Kami selaku tuan rumah mengajak seluruh masyarakat Tanjung Sakti Pumi dan Pumi untuk bersama sama mendukung Yulius Maulana menjadi Bupati Lahat 2024-2029 nanti, insyaAllah Pak Yulius mampu membawa Kabupaten Lahat menjadi lebih baik lagi,” ungkap Yulius.

Sementara itu Yulius Maulana ST dalam sambutannya mewakili tamu undangan menyampaikan ucapan terimakasih pada ahli rumah atas undangannya yang diberikan kepadanya.

“Terimakasih pada tuan rumah sudah memberikan undangan pada kami,” ujarnya.

Tak lupa pula, Yulius Maulana turut mendoakan kedua mempelai Cici dan Syahrial. Yulius mendoakan keduanya berbahagia selalu sekinah mawadah warahmah.

“Semoga kedua mempelai Cici dan Syahrial ini selalu bahagia, menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah. Semoga kelak keduanya segera diberikan zuriat keturunan yang soleh-soleha, anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya dan berguna bagi nusa bangsa dan agama, serta memberi manfaat pada orang banyak,” tukasnya.

Yulius Maulana ST Cabup Lahat menyampaikan pandangan tentang Pilkada Kabupaten Lahat yang tidak lama lagi akan segera dilaksanakan. YM pun menyampaikan beberapa program unggulannya untuk Lahat Amanah ke depannya, yang kemudian disambut tepuk tangan dan teriakan dukungan untuk Yulius Maulana

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Rangkaian Idul Adha 1445 H, Pj Bupati Serahkan Sapi Qurban PCNU dan MUI Lahat

Published

on

Jurnalis Rochmiatun –  

LAHAT SUMSEL, MLCI – Didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi hadiri penyerahan dan penyembelihan hewan qurban ke MUI dan PC NU Lahat di Kolam Bendungan Lematang Lahat. Selasa (18/06/2024)

Usai penyembelihan, Pj Bupati Lahat mengucap Alhamdulillah hari ini rangkaian demi rangkaian hari raya Idul Adha 1445 H, tepatnya hari ke-2 Pemkab Lahat masih tetap melaksanakan pemotongan hewan qurban dengan memberikan 1 ekor sapi kepada PCNU dan MUI Kabupaten Lahat.

“Puji syukur tadi sudah kita saksikan bersama pemotongan hewan qurban berupa sapi yang berjalan dengan aman dan lancar,” jelasnya.

InsyaAllah, tambah Pj Bupati, hasil penyembelihan hewan qurban ini akan diberikan kepada segenap unsur dan rangkaian panitia beserta warga masyarakat sekitar.

“Harapannya kedepan kegiatan program seperti ini akan terus berlanjut, sehingga antar unsur elemen tokoh keagamaan dari Kabupaten Lahat khususnya generasi yang erat hubungannya,” imbuh Pj Bupati.

Senada Ketua PCNU Kabupaten Lahat H. Nafiqurrohman mengucapkan Terima kasih kepada Pemkab Lahat yang telah mempercayakan PCNU dan MUI Lahat untuk menyalurkan hewan kurban dan semoga barokah.

“Saya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut setiap tahun. Hal ini sejalan dengan semangat PCNU Lahat untuk terus berperan aktif dalam mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang H Nafiqurrohman.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!