Connect with us

Pendidikan

Tingkatkan Kualitas SDM, PT. Bukit Asam. Tbk Membangun Masa Depan Melalui Pendidikan

Published

on

Barab Dafri –

MUARA ENIM SUMSEL, MLCI – Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terus ditingkatkan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sekaligus menanggulangi kemiskinan dengan memperluas akses terhadap pendidikan.

Untuk itu, PTBA menjalankan Program Ayo Sekolah yang memberikan bantuan biaya Pendidikan kepada siswa-siswi tingkat SD, SMP, dan SMA dari keluarga prasejahtera di sekitar lingkungan perusahaan.

Sepanjang 2023, Program Ayo Sekolah telah memberikan bantuan biaya pendidikan kepada 1.040 siswa SD, 969 siswa SMP, dan 1.002 siswa SMA di sekitar wilayah operasi PTBA. Total penerima manfaat mencapai 3.011 siswa.

Besaran bantuan yakni Rp 1,2 juta per tahun untuk siswa SD, Rp 1,5 juta per tahun untuk siswa SMP, dan Rp 1,8 juta per tahun untuk siswa SMA.

“Program Ayo Sekolah merupakan langkah nyata PTBA dalam memajukan pendidikan sebagai pondasi pembangunan berkelanjutan. Melalui program ini, kami tidak hanya memberikan bantuan finansial kepada siswa yang membutuhkan, tetapi juga memberikan mereka kesempatan yang lebih baik untuk berkembang dan mengoptimalkan potensi mereka,” ujar VP Sustainability PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Hartono. Senin (13/05/2024)

Dukungan PTBA terhadap pemerataan Pendidikan ini sejalan dengan Wajib Belajar 12 Tahun yang dicanangkan pemerintah, serta pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 4 yakni Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua.

“Kami percaya bahwa investasi dalam pendidikan adalah investasi jangka panjang yang akan membawa manfaat besar bagi masyarakat, perusahaan, dan negara secara keseluruhan,” tegas Hartono.

Salah satu penerima beasiswa Ayo Sekolah, Rian Saputra dari SMK 1 Muara Enim, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PTBA. Rian menuturkan bahwa bantuan beasiswa Ayo Sekolah telah diterimanya sejak ia duduk di kelas 5 SD.

Bagi Rian, bantuan ini merupakan dukungan yang sangat berarti mengingat latar belakang orang tuanya yang bekerja sebagai buruh harian.

“Tanpa adanya Program Ayo Sekolah, saya akan menghadapi kesulitan yang besar dalam menyelesaikan pendidikan. Bantuan ini tidak hanya memberinya akses ke pendidikan yang layak, tetapi juga memberi saya kesempatan untuk meraih impian masa depan,” tutupnya.

Selain Ayo Sekolah, PTBA juga memiliki Program Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam (Bidiksiba) yang membantu siswa-siswi lulusan SMA/sederajat dari keluarga prasejahtera di sekitar lokasi perusahaan agar dapat menempuh pendidikan di tingkat perguruan tinggi.

Sejak 2013 hingga 2023, sebanyak 345 putra-putri daerah sekitar wilayah operasi perusahaan mendapatkan beasiswa ini. Sebanyak 102 orang di antaranya berstatus mahasiswa dan 243 orang berstatus alumni. Para alumni ini telah mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang usaha.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pendidikan

Gelar Karya Projekct Penguatan Pelajar Profil Pancasila TP 2023-2024 SDN 11 Lahat Berjalan Meriah

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin –

LAHAT SUSMEL, MLCI – Gelar karya Projek Penguatan Pelajar Profil Pancasila (P5) Tahun Pelajaran (TP) 2023 – 2024 SDN 11 Lahat di laksanakan pada hari Selasa 11 Juni 2024 sejak pukul 07.30 Wib sampai selesai dengan Tema Bhineka Tunggal ika, Daya Hidup Berkelanjutan, Berprestasi dan Berkreasi.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Sekolah SD N 11 Lahat Candra Arisandy S. Pd,.SD,.M.PD beserta Dewan Guru dan Panitia, Kepala Dinas Pendidikan Lahat diwakili Indra Gandi S. Pd Pengawas Disdik, Kepala Sekolah SD Kecamatan Lahat, Pengurus Porseni Kecamatan Lahat.

Ketua Komite beserta jajarannya, bapak ibu paguyuban serta para orang tua murid juga segenap siswa siswi sekolah SDN 11 Lahat.

Adapun Rundown acara dalam gelar karya:

1.Breefing Peserta Gelar Karya

2.Kirab Defile Gelar Budaya

3.Pembuka’an

4.Mars Indonesia Raya

5.Tari Tanjung Tari Kreasi, Tari Erai Erai dan banyak lagi Lainnya

6.Sambutan Sambutan.

a.Kepanitia’an

b.Kepala Sekolah

7.Penilaian Stand Gelar Karya Siswa

9.Gelar Budaya

10. Penutup.

 

Candra Arisandy S.Pd M.Pd selaku kepala sekolah SD N 11 Lahat menyampaikan, “Alhamdulillah kegiatan Panen Karya Proyek Penguat Pancasila SD N 11 Lahat Tahun Ajaran 2023/2024 Berlangsung Meriah dan Sukses, Terimakasih kepada Segenap Panitia dan Dewan Guru yang Terlibat dalam Kegiatan P5 pada hari ini, 11 Juni 2024. ” Ungkapnya

Dan Rasa syukur yang tiada terukur hari ini kita bisa menyelenggarakan Gelar Karya P5 tahun ajaran 2023 – 2024, dengan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika dan Daya Hidup Berkelanjutan, Berprestasi dan Berkreasi.

Kemudian terselenggaranya Pagelaran Gelar karya serta Gelar Budaya hasil sinergi yang sangat luar biasa sekali dari semua Komponen yang ada,

Mulai dari dewan guru, komite sekolah serta segenap anggota paguyupan dan juga di dukung sepenuhnya oleh orang tua murid SDN 11 Lahat dari kelas 1 sampai kelas 6. ” ungkapnya.

Atas dasar penyelenggaraan ini sebelumnya pihak sekolah yaitu dewan guru dengan pengesahan Kepala sekolah telah membuat modul P5 baik itu Ke Wirausahawan maupun Bhineka Tunggal Ika. “Ujarnya

Pertama adalah Pengenalan, konstualisasi kemudian aksi nyata dan yang terakhir adalah refleksi dan gelar karya yang kita sajikan hari ini merupakan aksi nyata kami sebagaimana dalam tema.

ada beberapa budaya bisa anak anak kami sajikan, semua tampilan ini adalah hasil kolaborasi antara guru, anggota paguyuban, wali murid serta ke aktifan para siswa.

kemudian untuk tahapan yang ke empat yaitu Refleksi nanti kita laksanakan paskah gelar karya. di sinilah kami bersama dewan guru kemudian teman teman komite berikut paguyuban untuk merefleksi diri,

Tentunya setelah refleksi nanti kami berharap dalam rangka implementasi Projek Penguatan Pelajar Pancasila melalui program kurikulum ini ada dampak positif pada peserta didik kami, yaitu terkait dengan konsep apa itu P5 karena di dalam P5 itu kami menilai ada dua kata kunci yaitu Kompetensi dan Karakter, “jelasnya.

Harapan kami secara kompetensi anak anak nanti menguasai baik secara keilmu kemudian secara keterampilan dalam afeksi, psikomotorik dan kondisinya ini akan berkembang.

“Di sekolah kami selalu menerapkan pembelajaran positif setiap hari dengan membiasakan hidup bersih baik secara individu maupun lingkungan Dengan Budaya 10 K : Kebersihan, Kedisiplinan, Keamanan, Keindahan, Kerindangan, Keterbukaan, Kekeluargaan, Keteladanan, Kesehatan dan Ketertiban.

sekali Lagi Baik Secara Pribadi maupun Kepala Sekolah SD N 11 Lahat Mengucapkan, Terimakasih yang sebesar-besarnya, Kepada Komite, Dewan Guru, Panitia dan Stakeholder yang terlibat dalam kegiatan Panen Karya Proyek Program Pancasila (P5). Tutup Candra Arisandy S. Pd,. SD,. M. PD

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pendidikan

Camat Jimmi Saputra S.STP MM Hadiri Acara Pelepasan Siswa-Siswi Kelas IX SMPN 1 Gumay Ulu

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Camat Gumay Ulu Jimmi Saputra S. STP,.MM menghadiri acara pelepasan siswa – siswi kelas IX SMP Negeri 1 Gumay Ulu. Pada hati Senin, 10 Juni 2014

Dalam sambutannya, Jimmi Saputra S. STP,.MM berpesan, sebagai yang sudah menjadi alumni di SMP Negeri 1 Gumay Ulu Ini, agar tidak mudah melupakan sekolah asalnya, Dewan Guru yang sudah mendidik dan para sahabat selama 3 tahun mengenyam pendidikan bersama.

“Jangan lah kalian melupakan alamamter kalian sebagai Alumni SMP Negeri I Gumay Ulu Ini”, ungkapnya, Senin (10/06/2024).

Camat juga mengingatkan selama 3 tahun tentu banyak suka dan duka, kemudia menuju etafe selanjutnya dan teruslah sekolah hingga selesai meraih jenjang kesarjanaan, tapi mari jaga nama baik sekolah ini dengan baik, sehingga nama baik sekolah ini harum di tengah tengah masyarakat.

“Sekarang ini sudah berada pada era globalisasi, untuk itu silahkan kuasai era digital tersebut untuk menunjang kependidikan di jenjang yang lebih tinggi,” Kata Camat.

Lebih lanjut disampaikannya, kepada adek adek kelas IX kalau ada kenangan yang tidak baik di sekolah ini, tolong tinggalkan dan dihapus di sekolah ini.

“Hanya satu pesan saya sebagai kakak kalian kelas IX yang dilepas dan akan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, jangan lah kalian lupakan almamater kalian, karena tanpa kita sekolah ini tidak akan bisa mengenyam pendidikan di jenjang yang lebih tinggi dan Jangan Lupa Berdo’a kepada Allah SWT didalam menempuh Pendidikan dan Cita-Citanya. ” Tutup Jimmi Saputra S. STP,. MM

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pendidikan

Wisuda Tahfiz Qur’an Dan Tasyakuran Perpisahan Kelas VI SDN 3 Lahat Berlangsung Sederhana

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Wisuda Tahfiz Qur’an angkatan ke 2 dan Tasyakuran Perpisahan kelas VI Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Lahat berlangsung sederhana. Senin (10/05/2024).

Terlihat, sejumlah siswa-siswi bersama wali murid antusias mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari Wisuda Tahfiz Quran angkatan ke 2 dan pelepasan siswa kelas VI di ruang kelas II A dan kelas 1 A yang berlangsung sederhana.

Turut hadir Kepala Sekolah SDN 3 Lahat Sukardi SPd MPd beserta para wali kelas dan Dewan Guru, Ismail Firdaus S.Pd Ketua Komite beserta anggota, 48 Siswa kelas VI bersama Wali Murid dan peserta Tahfiz Qur’an angkatan ke 2 tahun 2024.

Sukardi mengucapkan selamat Kepada 48 Siswa dan siwi Kelas VI atas kelulusannya dan kegiatan Tasyakuran Pelepasan Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Lahat dan Wisuda Tahfiz Qur’an angkatan Ke 2 Tahun Ajaran 2023/2024.

“Dalam acara perpisahan ini, saya harap semua siswa bisa mendapatkan kenangan dan memori yang membekas akan masa sekolahnya serta tidak memutus tali silaturahmi dalam upaya lebih mendekatkan diri bersama di masa depan,,” imbuhnya.

Sukardi juga berharap kepada anak-anak agar melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP dan hormati guru dimanapun berada dan hormati kedua orang tua supaya apa yang dicita-citakan berjalan Sesuai dengan harapan.

“Untuk anak anak SD N 3 Lahat yang meneruskan ke jenjang SMP, Terdiri dari MTS 27 Orang , SMP Negeri 3 Lahat 12 Orang ,SMP N 2 Lahat 5 Orang, SMP N 1 Lahat 1 orang, pondok Pesantren 2 orang dan MTS Islami Suka Cinta 1 Orang,” jelasnya.

Terimakasih Juga juga diucapkan Sukardi kepada Wali murid yang ikut menghantarkan anak didik untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

Untuk Tahfiz Quran, kalau ditahun ajaran 2022/2023 angkatan pertama 20 orang Dan Alhamdulillah ditahun ajaran 2023/2024 sudah 40 orang Siswa/siswi. “Disampaikan Sukardi S. Pd,.SD,. M.PD kepsek SD N 3 Lahat

Sementara Ketua Komite SDN Lahat, Imail Firdaus SPd mengucapkan selamat kepada anak-anak Tahfiz Quran dalam acara Tasyakuran Pelepasan Anak Ke IV.

“Kami Mewakili para wali murid mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah karna berkat Bapak dan Ibu Guru anak kami 100 Persen Lulus,” jelasnya.

Imil mewakili komite berterimakasih kepada Bapak/Ibu Wali Murid atas kerjasama dan partisipasinya karna berkat kerjasama yang baik kita dapat mengelar kegiatan ini dengan Lancar.

“Dan Alhamdulilah berkat didikan dari Bapak/Ibu Guru dalam Program Tahfiz Quran disekolah, anak anak sudah bisa membaca Al Qur’an dan bahkan sudah sampai 1 Juz, untuk itu kami sampaikan Terimakasih Yang sebesar-besarnya,” terang Imil.

Ditempat lain Siti Sasnaeni Wali Murid dari Tasyaka kelas IV (Lima) TahFiz Quran menguncapkan terimakasih kepada pihak SDN 3 Lahat atas Program Tahfiz Qur’an disekolah yang sudah berjalan selama 2 tahun ini.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!