Connect with us

TNI & Polri

Wakil Ketua MPR RI Mengapresiasi Model Kepemimpinan Jenderal Dudung

Published

on

Release SMSI Pusat –

JAKARTA, MLCI – Wakil Ketua MPR RI, Syarif Hasan, mengapresiasi model kepemimpinan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman yang terus memiliki kepedulian terhadap prajurit dan rakyat Indonesia. Syarif mengatakan gaya kepemimpinan mantan Pangkostrad tersebut perlu dijadikan role model kepemimpinan nasional masa kini.

“Pak Dudung selama ini kerjanya dinilai bagus dan cukup partisipatif,” ujar Syarif saat dihubungi, Senin (4/9/2023).

Syarif menyampaikan dalam keterangan pers yang diterima Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), kepedulian KSAD yang terus berupaya memperjuangkan kesejahteraan prajurit harus didukung semua kalangam. Contohnya adalah, melakukan perbaikan rumah prajurit, memberikan susu dan sembako.

“Mudah-mudahan ini akan mendatangkan efek yang sangat bagus,” katanya.

Kepedulian Jenderal Dudung dinilai tidak hanya kepada prajurit tapi juga kepada masyarakat luas. Hal itu dapat dilihat dari bagaimana Jenderal Dudung mengunjungi masyarakat yang menjadi korban bencana alam di sejumlah daerah.

Contohnya, Dudung menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam di Cianjur, ratusan titik air bersih, membangun masjid di Cirebon, dan mengunjugi banyak pesantren.

“Kita apresiasi program yang berkaitan langsung dengan rakyat memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” tandasnya.

Dudung diharapkan terus konsisten mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada prajurit dan rakyat Indonesia. Dengan begitu, Dudung dianggap meneladani gaya kepemimpinan Jederal Sudirman dan Jenderal M Yusuf.

“Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan pak Dudung barakah,” pungkas Syarif yang juga anggota Komisi I DPR RI ini.***

Bagikan Berita :

TNI & Polri

Kapolres Sertijab 10 Pejabat Polres Lahat dan Kenaikan Pangkat Pengabdian

Published

on

Jurnalis Riko

LAHAT SUMSEL, MLCI – Apel kenaikan pangkat pengabdian dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) secara langsung dipimpin oleh Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S Sinaga SH SIK MH di halaman Mapolres. Selasa (11/06/2024).

Hadir dalam giat tersebut Ketua Bhayangkari Cabang Lahat beserta pengurus, Wakapolres Kompol Ishandi Saputra SH SIK MIK, PJU Polres Lahat, Kapolsek, Perwira, Anggota dan ASN.

Kenaikan pangkat pengabdian dari AKP menjadi Kompol Indra Gunawan SH berdasarkan Skep Kapolri bernomor Kep/893/VI/2024, terhitung tanggal 01 Juni 2024.

Adapun pejabat polres lahat yang diserahterimakan  adalah:

  1. Kabag Ops dari Kompol Aan Sumardi SE.MM kepada AKP Idham Haris Sugiono MM.
  2. Kabag Log dari Kompol Ahmad Yani SH kepada Kompol Ahmad Jais SE MM.
  3. Kasat Intelkam dari AKP Mulyono SH kepada Iptu Achnad Faizal Junaidi STRk.
  4. Kasat Lantas dari AKP Muriyanto SH MH kepada AKP Agus Gunawan SH.
  5. Kapolsek Merapi dari Kompol Ahmad Husin SH kepada AKP Irsan Rumsi SE.
  6. Kapolsek Kota Lahat dari AKP Samsuardi kepada AKP Edi Surisno.
  7. Kapolsek Tanjung Sakti dari Iptu Yoggi Melta Ssos kepada AKP Edysam Putra.
  8. Kapolsek Jarai dari AKP Irsan Rumsi SE kepada Iptu Darma Putra.
  9. Kapolsek Kikim timur dari Kompol Indra Gunawan SH kepada AKP Hendri Naldi SH.
  10. Kapolsek Kikim Selatan AKP Edy Surisno kepada Ipru Joni GS.

Kapolres Lahat mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kenaikan pangkat pengabdian kepada Kompol Indra Gunawan SH, diakhir pengabdian sebagai anggota polri selama 34 tahun.

“Bukan mudah hal tersebut untuk di raih, akan tetapi harus melalui prosedur yang sangat panjang, harus dilalui,” sambungnya.

Dan, lanjut Kapolres, selamat kepada para pejabat yang baru di serah terimakan, perlu diketahui bersama bahwa serah terima jabatan merupakan sebuah hal yang lumrah, hal ini merupakan sebuah dinamika dalam tubuh organisasi.

Karena pergantian jabatan ini merupakan sebuah rangkaian untuk penyegaran sekaligus untuk pengembangan karir personel kepolisian Republik Indonesia.

Jabatan yang diemban merupakan suatu amanah, oleh sebab itu mari kita paksanakan tigas ini dengan penuh tanggung jawab serta dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Kami ucapkan selamat datang kepada pejabat yang baru dan segera bisa menyesuaikan dengan lingkungan polres lahat, dan bisa membantu kinerja serta program kapolri, kapolda dan kapolres untuk menuju Polri yang Presisi,” pungkas Kapolres.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

TNI & Polri

Curang Pilkada, Ratusan Massa Demo KPU Muratara Untuk Pemilihan Ulang

Published

on

Release SMSI Muratara

MURATARA SUMSEL, MLCI – Ratusan massa yang tergabung dari Desa Remban dan Karang Karang Anyar mendatangi KPU Muratara. Mereka melakukan aksi demo lantaran banyak kecurangan dalam Pemiliha Kepala Daerah (Pilkada).

Massa menuntut KPU Muratara supaya membuat surat pernyataan menolak hasil pemilu dan digelar pemilihan ulang.

Untung saja, Personel Polres Muratara dibantu Brimod Polda Sumse yang dipimpin langsung Kabag Ops Kompol Dedi Rahmat Hidayat dibantu Kasat Samapta Polres Muratara, KBO Sat Samapta Polres Muratara, KBO Sat Binmas Polres Muratara dan Instruktur Dalmas dari Personel Batalyon B Sat Brimob Polda Sumsel berhasil mengendalikan pengamanan saat massa semakin anarkis.

Akhirnya, kondisi keamanan kembali kondusif.

Hal itu terungkap saat Latihan Simulasi Pengendalian Massa (Dalmas) dalam rangka kesiapan Pengamanan Pilkada Tahun 2024 Kab. Muratara, Selasa, 4 Juni 2024 Pukul 08.00 Wib hingga jam 14.00 Wib di Lapangan Apel Polres Muratara.

Kapolres Muratara AKBP Koko Arianto melalui Kabag Ops Kompol Dedi Rahmat Hidayat mengatakan, pihaknya melaksanaan Latihan Pengendalian Massa (Dalmas) dalam rangka kesiapan Pengamanan Pilkada Tahun 2024 Kabupaten Muratara.

“Latihan Pengendalian Massa (Dalmas) dalam rangka kesiapan Pengamanan Pilkada Tahun 2024 Kab. Muratara dan selesai pada pukul 12.00 Wib yang berlangsung dalam keadaan aman, tertib dan lancar,” ungkap Kabag Ops pada pilarsumsel.

Mengenai skenario pengendalian pengamanan, diumpamakan massa dari Desa Remban dan Desa Karang Anyar mendesak agar kpu muratara melakukan pemilihan ulang dikarenakan banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh tim sukses cabub/cawabub dan meminta ketua kpu muratara agar hadir dan membuat pernyataan tertulis tidak menerima hasil pilkada.

“Massa sekitar 100 orang mendatangi kantor KPU, setelah dilakukan tindakan pencegahan dan himbauan dari Tim negosiator Polres Muratara yang terdiri dari kasat binmas dan anggota serta polwan Polres Muratara,” jelas mantan Kasat Reskrim Polres Muratara.

Namun, kata Kompol Dedi Rahmat Hidayat, massa tetap tidak terbendung dan bertambah ramai, sehingga dilakukan lintas ganti dari Dalmas awal ke Dalmas lanjut karena sudah dinyatakan oleh Kapolres Muratara situasi dalam keadaan kuning.

“Saya intruksikan kasat Samapta agar dilakukan lintas ganti ke dalmas lanjut dengan menggunakan Tameng Dalmas, Tongkat Dalmas dan pelindung body,” ujarnya.

Setelah itu massa melakukan pelemparan ke arah pasukan Dalmas, atas perintah Kapolres Muratara dan disampaikan melalui Kabag ops untuk Dalmas Lanjut mendesak maju kedepan agar massa dapat dibubarkan dipecah supaya situasi bisa dikendalikan oleh peleton Dalmas.

Setelah dilakukan pendesakan untuk membubarkan massa, pleton dalmas lanjut berhasil memecah massa dan berhasil membubarkan massa, sehingga situasi yang tadinya kuning sudah menjadi hijau kembali.

“Kapolres Muratara memerintahkan seluruh anggota utk konsolidasi dan kembali ke Mapolres Muratara. karena situasi sudah dinyatakan kondusif,” pungkasnya.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Tindak Lanjut MoU Program Kasad, 4 Item Ini Direalisasikan di Kabupaten Lahat

Published

on

Jurnalis Rochmiatun

LAHAT SUMSEL, MLCI – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pangdam II/Sriwijaya telah membubuhkan tanda tangan kerjasama program unggulan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) yang ditindaklanjuti ke jajaran Kodim 0405/Lahat serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

“Betul, setidaknya ada 4 item MoU yang akan dilaksanakan di Bumi Seganti Setungguan bersama-sama dengan Pemkab Lahat,” jelas Dandim 0405/Lahat, Letkol Inf Asis Kamaruddin SE MIP. Senin (03/06/2024).

Disebutkan Dandim, bentuk kerjasama tersebut antara lain bedah rumah masyarakat, asrama prajurit, pembuatan sumur bor dan tower air bersih sebagai bentuk apresiasi serta kepedulian terhadap lingkungan.

“Hal ini dikerjakan untuk menekan laju angka kemiskinan ekstrem khususnya di Kabupaten Lahat, memang sudah ada program bedah rumah telah berjalan,” terangnya.

Hanya saja, lanjut Dandim, di daerah lain pun masih banyak ditemui rumah tidak layak huni (RTLH), ini tugas bersama supaya berubah menjadi rumah layak huni (RLH).

Selain itu, pembuatan sumur bor dan tower air bersih ini bertujuan agar kebutuhan akan kebutuhan air dapat terpenuhi.

Termasuk juga, pembangunan RTLH asrama prajurit pun tak luput dari perhatian, nantinya akan dikoordinasikan pada anggaran perubahan.

“Sesuai arahan dari Kasad yang diteruskan oleh Pangdam ll/Sriwijaya, untuk ditindaklanjuti masing-masing Kodim menjalankan program kerja,” imbuh Dandim.

Sementara itu, Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP Msi mengemukakan, program kerja yang diinisiasi oleh KASAD sangat baik sekali, hal ini tentunya dapat mengurangi volume RTLH menjadi RLH.

“Kami sangat menghargai sekaligus mengapresiasi sekali, apa yang disampaikan Pangdam ll/Sriwijaya dan Pj Gubernur Provinsi Sumsel,” jelasnya.

Dampaknya, sambungnya, begitu positif sekali agar tugas yang diberikan dapat dijalankan, dan mensejahterakan masyarakat bersama-sama TNI AD.

“Diantaranya pembangunan RTLH dan sanitasi yang sangat penting sekali, tentunya MoU ini akan kita bahas dan tindak lanjuti, yang mana ikut berpartisipasi membantu rakyat.”tegasnya.

Ia menuturkan, sesuai arahan dari Pj Gubernur Provinsi Sumsel, menuntaskan kemiskinan ekstrem dan menekan kasus stunting, tetap menjadi perhatian khusus bagi setiap daerah.

“Yang mana, untuk inflasi sendiri di tingkat provinsi sangat baik perkembangannya, hal ini justru memberikan gairah tersebut terhadap roda perekonomian,” tutup Pj Bupati.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!