Connect with us

Pemerintah

Rudi Kurniawan, “Para Cakades Harus Ciptakan Pilkades Aman dan Kondusif”

Published

on

Release SMSI OKI –

KAYU AGUNG SUMSEL, MLCI – Kegiatan tahapan Pilkades serentak di 56 Desa yang tersebar di 16 Kecamatan Kabupaten OKI tahun 2023 ditekankan menjadi fokus utama dalam kegiatan yang menekankan pentingnya pelaksanaan Pilkades yang berintegritas dan transparan.

Kepala Dinas PMD Kabupaten OKI Ari Mulawarman SSTP melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelembagaan Rudi Kurniawan mengatakan, sangat pentingnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses tahapan Pilkades.

Berlangsung pilkades sampai dengan proses pelantikan kades terpilih terkait dengan kegiatan PMD saat ini telah melakukakn sosialisasi kepada panitia dan para saksi Cakades tentang teknis terkait pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten OKI Tahun 2023.

Diharapakan kepada calon kepala Desa supaya dapat juga menjaga situasi di desanya masing – masing dalam mendukukung proses pelaksanaan pillkades dengan berjalan aman lancar dan kondusif.

“Kepada Kami seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat untuk dapat mendukung situasi keamanan dan ketertiban umum dengan telah berlangsungnya prosea tahapan Pilkades di masing – masing desa,” kata Rudi. Jumat (23/06/2023).

Menurutnya, sudah menjadi tugas bersama lapisan masyarakat harus bersama – sama bersinergi supaya tetap kondusif.

“Kita dapat menjaga situasi yang tetap kondusif hingga saat ini serta mendukung dan mengawal pihak panitia dalam proses menjalankan tahapan pilkades dengan peraturan yang telah ditetapkan demi terciptanya situasi aman dan kondusif,” jelas Rudi.

Hingga saat ini tahapan proses pilkades telah memasuki massa tenang dari tanggal 23 s/d 25 Juni 2023.

Dimana Para Calon Kepala Desa (Cakades) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Senin (26/6/2023) nanti, diminta berkomitmen menciptakan kondisi yang kondusif dengan menjaga keamanan dan ketertiban di desanya.

Dimana jumlah seluruh calon kades di 56 Desa yang tersebar di 16 Kecamatan Kabupate OKI yang akan mengikuti Pilakdes serentak tahun 2023, berjumlah 139 orang Calon Kades telah melaksanakan deklarasi damai.

Terhadap calon Kades yang akan maju dalam pilkades serentak Kabupaten OKI dimana pelaksanaan kegiatan deklarasi damai dilaksanakan di masing masing kantor kecamatan yang desanya ikut dalam pilkades.

Terakhir Rudi berharap bahwa dirinya atas nama Pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas PMD Kabupaten OKI minta dalam proses pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2023 agar tetap berjalan lancar tanpa menimbulkan permasalahan sampai dengan proses tahapan Pilkades selesai.****

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Pj Bupati Lahat Rombak 7 Pimpinan Tinggi Pratama, Ini Namanya

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL, MLCI – Pemerintah kabupaten Lahat melaksanakan Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan pemerintah kabupaten Lahat, Kamis, 20/06/2024. berlangsung di gedung pertemuan Pemkab Lahat.

Adapun yang melaksanakan Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan yaitu :

  1. Eti Listina SP MM Jabatan Kepala Dinas Komunikasi, informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Lahat.
  2. Rudi Darma Setiawan SE M i Jabatan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Lahat.
  3. M Ghufron D SE MM Jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Lahat.
  4. H Ujang Kurniawan SE MM Jabatan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Lahat.
  5. Taufiq Maryansya Putra SKM MM Jabatan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat.
  6. Feriyansyah Eka Putra ST MM Jabatan Kepala Badan Perencanaan pembangunan Daerah Kabupaten Lahat
  7. Subranuddin SE MAP Jabatan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lahat.

PJ Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSI menyampaikan hari ini kita bersama dalam Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan pemerintah kabupaten Lahat, selamat telah melaksanakan pelantikan, ciptakan lah inovasi dalam meningkatkan kinerja ASN,.

 

Di kesempatan tersebut PJ Bupati Lahat mengucapkan selamat hari raya idul Adha 1445 H, mohon maaf lahir dan batin.

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Rangkaian Idul Adha 1445 H, Pj Bupati Serahkan Sapi Qurban PCNU dan MUI Lahat

Published

on

Jurnalis Rochmiatun –  

LAHAT SUMSEL, MLCI – Didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi hadiri penyerahan dan penyembelihan hewan qurban ke MUI dan PC NU Lahat di Kolam Bendungan Lematang Lahat. Selasa (18/06/2024)

Usai penyembelihan, Pj Bupati Lahat mengucap Alhamdulillah hari ini rangkaian demi rangkaian hari raya Idul Adha 1445 H, tepatnya hari ke-2 Pemkab Lahat masih tetap melaksanakan pemotongan hewan qurban dengan memberikan 1 ekor sapi kepada PCNU dan MUI Kabupaten Lahat.

“Puji syukur tadi sudah kita saksikan bersama pemotongan hewan qurban berupa sapi yang berjalan dengan aman dan lancar,” jelasnya.

InsyaAllah, tambah Pj Bupati, hasil penyembelihan hewan qurban ini akan diberikan kepada segenap unsur dan rangkaian panitia beserta warga masyarakat sekitar.

“Harapannya kedepan kegiatan program seperti ini akan terus berlanjut, sehingga antar unsur elemen tokoh keagamaan dari Kabupaten Lahat khususnya generasi yang erat hubungannya,” imbuh Pj Bupati.

Senada Ketua PCNU Kabupaten Lahat H. Nafiqurrohman mengucapkan Terima kasih kepada Pemkab Lahat yang telah mempercayakan PCNU dan MUI Lahat untuk menyalurkan hewan kurban dan semoga barokah.

“Saya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut setiap tahun. Hal ini sejalan dengan semangat PCNU Lahat untuk terus berperan aktif dalam mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang H Nafiqurrohman.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Ribuan Masyarakat Bersama Pj Bupati Lahat Sholat Idul Adha 1445 H

Published

on

Jurnalis Rochmiatun –  

LAHAT SUMSEL, MLCI – Gema takbir, tahlil, dan tahmid berkumandang di Kabupaten Lahat, “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Lailahailallahu Allahu Akbar. Allahu Akbar, wa lillahilkhamd.”.

Ribuan masyarakat pun mengiringi langkah kaki untuk melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 Hijriah, diantaranya di lapangan eks MTQ Kota Lahat bagi umat Islam.

Gema itu terus berkumandang sempai waktunya sholat pukul 07.30 WIB. Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSI pun hadir dalam suasana sholat berjemaah. Senin (17/06/2024)

Selain itu turut hadiri Forkopimda Lahat, OPD Pemkab Lahat, Kakamenag Lahat, eks Bupati Lahat pada eranya, para pejabat, tokoh agama, masyarakat dan jajaran lainnya. Bertindak selaku khotib H Hamdi Arsal, Bilal Ustaz Muarif, dan Imam Ustaz Yahya.

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi mengatakan suasana lebaran Idul Adha 1445 Hijriah kita bersama lantunkan takbir, tahlil dan tahmid. Banyak yang berkurban disamping keikhlasan hati dan mendapatkan pahala yang besar dalam menjalankan ganjaran agung.

“Tentu mempunyai nilai kepedulian dan meningkatkan hubungan sosial, aspek dan memperkuat hubungan persaudaraan sesuai ajaran Islam yang mengajarkan berkurban,” ujarnya.

Dikatakannya, bahwa mari aplikasikan ajaran ibadah korban dan idul adha tersebut dengan mengajak teguhkan hati dan tekad untuk bergotong royong.

Membangun kehidupan masa depan yang lebih sehat sejahtera dan bersatu, dan jauh dari kepecahan dan permusuhan.

“Kehidupan yang kita gambarkan adalah kehidupan yang sebagaimana dalam Al-Quran. Yaitu negeri yang baik, nyaman. Sedangkan Tuhanmu adalah Tuhan yang maha pengampun

Dikatakan Muhammad Farid, bahwa Nabi Muhammad SAW mengajarkan peran kita masing-masing dalam membangun masyarakat suatu negeri  Para ulil Amri berperan aktif mengayomi dan para kaum ahli atau sodagar kaya, dituntut kepeduliannya melalui kurban, Zakat atau infak dan shodokah.

“Para alim ulama cerdik pandai untuk secara aktif berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan umat. Sekali lagi mari kita bersinergi dan mari kita bersama-sama menyertai keberkahan dari Allah SWT, untuk Lahat yang berfaedah bermatabat,” ujarnya.

Tak lupa Pj Bupati Lahat Muhammad Farid sampaikan ucapan selama hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah Tahun 2024 Masehi. “Semoga keluarga kita tercinta panjang umur semua, aamiin,”.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!