Connect with us

Peristiwa

Raih Mimpi Berkat Beasiswa dari Bukit Asam, Ini Kisah Pemuda Tanjung Enim

Published

on

Barab Dafri –

MUARA ENIM SUMSEL, MLCI –  Jangan berkecil hati. Tidak ada yang mustahil selama kita punya tekad. Kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil. Demikian disampaikan Aji Malik, peserta Program Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam (Bidiksiba) tahun 2013 saat ditemui awak media di kediamannya. Sabtu (27/05/2023)

Lahir dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi, kuliah di Perguruan Tinggi adalah sesuatu yang nyaris tidak mungkin bagi Aji. Ayahnya hanya seorang buruh harian, sedangkan sang ibu bekerja sebagai pedagang keliling.

Tapi dengan tekad dan usaha keras, Aji dapat memperoleh beasiswa Bidiksiba dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan mengejar cita-citanya. Berbekal prestasi akademik yang mumpuni di SMK Bina Mulya Tanjung Enim, Aji memberanikan diri untuk mendaftar ke Program Bidiksiba pada 2013.

“Saya pernah menyampaikan kepada ayah saya bahwa saya ingin kuliah. Tapi ayah saya dengan berat hati menyampaikan bahwa tidak punya biaya. Tapi saya ingin mengembangkan diri, saya mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa Bidiksiba,” tutur Aji.

Dalam perjalanannya, ia berhasil lolos seleksi Bidiksiba dan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri). Manfaat dari beasiswa Bidiksiba benar-benar terasa. Tak perlu pusing memikirkan biaya kuliah dan biaya hidup, Aji bisa menjalani kuliah dengan baik.

“Manfaat dari beasiswa Bidiksiba sangat luar biasa. Untuk operasional kuliah sudah aman. Saya dapat mengikuti kegiatan perkuliahan dengan baik,” ujarnya.

Aji juga bersyukur karena PTBA memberikan pengalaman, wawasan, dan relasi kepada para peserta Program Bidiksiba. Ia menuturkan pengalamannya saat ikut serta dalam kegiatan-kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA.

“Saat liburan semester, kami dilibatkan dalam kegiatan tim CSR PTBA. Kami diberikan soft skill, diterjunkan langsung dalam kegiatan-kegiatan PTBA. Tahun 2014 saya pernah diterjunkan untuk survei ke Desa Semendo selama seminggu terkait manfaat dari kincir air yang dibuat oleh PTBA. Kami menginap seminggu di desa tersebut,” kata Aji.

Lulus dari FH Unsri tahun 2017, Aji sempat bekerja sebagai HRD di perusahaan swasta. Kemudian pada 2021, ia mengikuti Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan berhasil diterima di Mahkamah Agung (MA). Sekarang Aji menjadi Calon Hakim yang ditugaskan di Pengadilan Agama Sibuhuan, Sumatera Utara.

“Saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih kepada PTBA. Kami sampai di titik ini, salah satu yang berperan adalah PTBA. Terima kasih atas segala kesempatan yang diberikan untuk dapat membanggakan kedua orang tua kami dan lingkungan sekitar,” tutupnya.

Program Bidiksiba merupakan komitmen PTBA untuk berpartisipasi dalam memutus rantai kemiskinan melalui bidang pendidikan. Sejak 2010 hingga 2022 sudah ada 328 orang penerima beasiswa ini.

Selain Bidiksiba, PTBA juga menjalankan program-program lain untuk membantu masyarakat di bidang pendidikan. Ada Program “Ayo Sekolah” yang menyalurkan paket beasiswa untuk siswa kurang mampu. Ada pula Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika (Gernas Tastaka) dan Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Membaca (Gernas Tastaba) untuk meningkatkan kompetensi matematika guru sekolah dasar di wilayah Kabupaten Muara Enim.****

Bagikan Berita :

Peristiwa

Dihadiri Pj Bupati, Yayasan Tarakanita Santo Yosef Lahat Gelar HLHS

Published

on

Jurnalis Rochmiatun

LAHAT SUMSEL, MLCI – Bertempat di aula terbuka SD Santo Yosef pada hari ini, Rabu (05/06/2024) di laksanakan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) oleh Yayasan Tarakanita wilayah Lahat.

Turut hadir dalam acara ini Pj.Bupati Lahat Muhammad Farid,S.STP.M.Si,para kepala OPD di Lingkup Pemkab Lahat, Kepala yayasan Tarakanita Suster Margriet CB beserta jajaran, Kepala Sekolah, guru dan karyawan serta peserta didik Santo Yosef Tarakanita Wilayah Lahat, Camat Lahat, Lurah dan RW Gunung Gajah serta para tamu undangan yang sempat hadir.

Ketua panitia Kepala SMA Santo Yosef Lahat bapak Paulus Wargito dalam laporanya menyampaikan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia telah di laksanakan beberapa rangkaian kegiatan sebelumnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan  partisipasi warga sekolah, para karyawan dan peserta didik dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan.

Ditambahkanya salah satu kegiatan utama yang dilaksanakan yaitu pembuatan dan penggunaan ECO Enzyme, yaitu cairan hasil fermentasi dari limbah organik yang memiliki banyak manfaat dari lingkungan.Adapun ECO Enzyme bermanfaat diantaranya untuk pemutihan air serta untuk berbagai kebutuhan rumah tangga seperti mencuci piring dan mengepel.

“Tujuan di selenggarakanya peringatan hari lingkungan hidup sedunia pada hari ini untuk meningkatkan kesadaran warga sekolah diantaranya karyawan dan peserta didik,memperkenalkan equensim sebagai salah satu solusi ramah lingkungan dalam pengelolaan limbah organik,meningkatkan peran aktif yayasan Tarakanita wilayah Kabupaten Lahat,mengurangi volume limbah organik rumah tangga.”sampainya.

Kepala yayasan Tarakanita Suster Margriet CB dalam kata sambutanya mengatakan sesuai dengan tema yang di usung dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup tahun 2024 “Penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan”.

Maka sesuai dengan tema tersebut untuk mengingatkan dan mengajak kita semua untuk ikut terlibat dalam penyelesaian akan krisis iklim dengan inovasi tindakan yang di laksanakan secara konsisten dengan mengedepankan prinsip keadilan dan kondusifitas.

“Kegiatan ini merupakan salah satu tindakan Tarakanita secara nasional termasuk Santo Yosef untuk ikut terlibat dalam mengupayakan krisis iklim yang terjadi dengan beberapa tindakan yaitu tidak  menggunakan plastik sekali pakai,tidak menggunakan sterofom, mengolah sampah rumah tangga, mengurangi sampah kebun untuk di pergunakan sebagai pupuk organik sehingga sedikit membantu mengurangi polusi yang terjadi.”ujarnya.

Sementara Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi dalam hal ini mengungkapkan untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia banyak hal yang dapat di lakukan untuk kita semua dalam menjaga lingkungan sekitar.

Salah satu tindakan untuk menjaga lingkungan ini adalah dengan cara berinovasi menciptakan ECO Enzyme yang memberikan dampak positif di lingkungan hidup sekitar.

“Dengan adanya penggiat yang menciptakan pemanfaatan limbah industri rumah tangga ini sehingga ada produk sabun cuci, sabun mandi serta dapat di manfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga lainnya yang ramah lingkungan,” terang Pj Bupati.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Gerak Cepat, Tim Calon Bupati Yulius Maulana Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Nasib malang menerpa warga Desa Pagar Jati Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat pada Senin 3 Juni 2024 kemarin sekira pukul 16.00 wib.

Pasalnya, sebuah rumah hangus terbakar tak tersisa, bahkan kobaran api sempat merembet ke rumah lainnya, namun bisa dipadamkan sebelum semakin sambaran api melebar.

Kabar duka ini terdengar oleh Calon Bupati Lahat, Yulius Maulana, ST

Karenanya, pagi hari ini Yulius Maulana langsung mengerahkan Tim Bantuan Logistik untuk langsung menuju lokasi kebakaran, guna memberikan beberapa jenis bantuan pada korban.

“Ya, pagi ini kita kirim bantuan berupa uang cash, air mineral, telur dan beberapa jenis bahan bantuan lainnya. Ini merupakan wujud kepedulian Yulius Maulana pada masyarakat Kabupaten Lahat”, ungkap Timbul selaku Tim Logistik yang mengantarkan bantuan tersebut.

Sementara itu, sebagai perwakilan pihak korban yang merasakan manfaat bantuan tersebut, Iskandar mengucapkan terima kasih pada Yulius Maulana.

“Ya, mewakili keluarga korban, kami berterima kasih pada Pak Yulius Maulana yang telah membantu korban kebakaran ini. Kami doakan semoga Pak Yulius sekeluarga sehat selalu dan terpilih menjadi Bupati Lahat 2024-2029 nanti”, ungkapnya.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Peristiwa

Hadir Tausiah 40 Hari Wafatnya Almh. Samaria, Cabup Lahat Yulius Maulana Turut Mendo’akan Almarhumah

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Menghadiri undangan tausiah memperingati 40 hari meninggalnya salah seorang warga Desa Pagar Jati Kikim Selatan, Calon Bupati Lahat 2024-2029 Yulius Maulana ST hadiri disambut hangat oleh ahli musibah dan para tamu penta’zia lainnya, Kamis (30/05/2024).

Kehadiran Yulius Maulana tersebut adalah untuk turut mendoakan almarhumah Samaria, yang tak lain adalah Ibu Kandung dari Sepron salah seorang tokoh masyarakat Kikim di Jabodetabek yang juga merupakan salah satu tim pemenangan Yulius Maulana.

Dalam sambutannya Yulius mendoakan, semoga Almarhumah Samaria diampunkan segala dosa dan diterima amal ibadahnya. “Semoga almarhumah Ibunda kita ini meninggal dalam keadaan Husnul khatimah, diampunkan segala dosa, salah dan khilaf, semoga pula diterima segala amal ibadahnya dan ditempatkan di surganya Allah SWT,” ungkap Yulius Maulana.

Selaku perwakilan ahli musibah, Yulius Maulana turut mengucapkan terimakasih atas bantuan sanak saudara, handai taulan dan tetangga kanan kiri ahli musibah.

“Saya mewakili ahli rumah dan ahli musibah mengucapkan ribuan terimakasih kepada semua handai taulan, masyarakat Desa Pagar Jati yang sudah membantu baik secara materi maupun secara moral atas prosesi pengurusan terakhir almarhumah hingga terlaksananya memperingati 40 hari Ibunda kami Uwak kami ini,” ucapnya.

Terakhir, Yulius Maulana dengan segala kesederhanaannya meminta pada semua hadirin, kiranya semasa hidup Almarhumah Samaria ada salah dan khilaf.

“Saya selaku ahli rumah dan ahli musibah meminta pada para penta’zia untuk memberikan maaf jika Ibunda kami ini, Uwak kami ini almarhumah Samaria binti Manan semasa hidupnya ada kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja,” tukasnya.

Disisi lain, selaku tuan rumah dan ahli musibah, Sepron merasa terharu atas kedatangan Yulius Maulana yang turut mendoakan Almarhumah orang tuanya.

“Terimakasih atas kesediaan Pak Yulius Maulana datang untuk berta’zia dan mendoakan orang tua kami, ibu kami. Terkhusus juga buat sanak saudara handai taulan dan para tamu penta’zia atas kehadirannya dan bantuannya hingga 40 hari meninggalnya Ibunda kami tercinta,” tutupnya

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!