Connect with us

Pendidikan

Wakil Bupati Lahat Pimpin Upacara Hardiknas 2023, Dengan Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar

Published

on

Jurnalis : Herlan Nudin

LAHAT, SUMSEL – MLCI – Wakil Bupati Lahat H. Haryanto.,SE.MM memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di Lapangan SMP Negeri 8 Lahat, selasa (02/05/23).

Peserta upacara terdiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan guru, pelajar SD, SMP, SMA, mahasiswa dan pegawai Aparatur Sipil Negara Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat. Sebagian peserta upacara mengenakan pakaian adat Nusantara.

Pada upacara peringatan Hardiknas 2023 Wakil Bupati Lahat membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Menristekdikti) melalui Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 menetapkan tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar”.

“Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia,” kata Menristekdikti Nadiem Anwar Makarim dalam pidato yang dibacakan Wabup.

Menristekdikti Nadiem Anwar Makarim menyampaikan sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Terakhir, Wakil Bupati Lahat secara simbolis memberikan bantuan Bupati Peduli untuk Siswa yatim piatu sebesar 17.000.000 (tujuh belas juta rupiah) ke 34 siswa SD, dan SMP di Kabupaten Lahat.

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pendidikan

Bulan Suci Ramadan : SD Negeri 1 Lahat menggelar Kegiatan pesantren Kilat

Published

on

Herlan Nudin

LAHAT SUSMEL – MLCI – Pada hari Rabu April 2024, SD Negeri 1 Lahat menggelar acara pesantren Kilat diruang Kelas, Acara tersebut dihadiri
Seluruh Dewan Guru dan Siswa/i kelas 4, 5 dan Kelas 6.

Hani Guru pemantau Kegiatan mengatakan, Pesantren kilat ini merupakan kegiatan tahunan di sekolah, dimana kegiatan yang pertama Opservasi Guru, kemudian baca ayat pendek yang di ikuti para Siswa/i dan Hadis,

Alhamdullilah Semua siswa-siswi tampak sangat senang dan antusias mengikuti acara Ini.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Lahat Sri Sulawati S.Pd berharap bahwa kehadiran pesantren kilat ini akan meningkatkan pemahaman siswa-siswi dalam ilmu agama, serta mendorong ketaatan kepada orang tua dan pelaksanaan perintah Allah SWT.

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi siswa-siswi,” terangnya.

Selain itu, Sri Sulawati S.Pd mengatakan bahwa acara pesantren kilat ini disambut dengan positif oleh semua peserta dan Guru, Mereka sangat senang dan gembira dengan adanya kegiatan ini karena diharapkan dapat meningkatkan wawasan keagamaan anak-anak.

Materi yang diajarkan meliputi kegiatan Opservasi Guru Kita nilai tata cara Guru mengajar dikelas, kemudian baca ayat pendek yang di ikuti para Siswa/i dan Hadis serta makna berpuasa yang benar untuk mendapatkan pahala yang sempurna dan bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar.

“Diharapkan dengan adanya pesantren kilat ini, para siswa akan menjadi lebih baik dalam menuntut ilmu dan memiliki akhlak yang mulia serta relijius. Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi perkembangan spiritual siswa-siswi,” harapnya.

Menurut sri Sulawati S.Pd, acara pesantren kilat ini juga dijadikan sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara siswa, guru, Komite dan orang tua. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, siswa-siswi dapat meningkatkan pemahaman mereka dalam ilmu agama.

“Semoga dengan terjalinnya silaturahmi ini, dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi seluruh komunitas sekolah,” tutupnya

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

LSM Lapsi Lahat Laporkan Dugaan Pungli SMPN 1 Kikim Tengah Ke Kejari Lahat

Published

on

LSM Lapsi Lahat,Laporkan Dugaan Pungli SMPN 1 Kikim Tengah ke Kejari Lahat

LAHAT SUMSEL – Mlci – Sepertinya, Usai mendapat perlakukan penolakan konfirmasi dari pihak SMPN 1 Kikim Tengah Kabupaten Lahat, LSM Lapsi Lahat yang semula hanya ingin menkonfirmasi serta meminta klarifikasi dengan Kepala sekolah tersebut, kini justru telah melayangkan surat laporan terkait dugaan Pungutan Liar (Pungli) di sekolah itu ke pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Lahat pada Senin tanggal 1 April 2024 kemarin.

Dikatakan Ketya DPRD Lapsi Lahat, Khoiri melalui Sekretarisnya, Meriansyah bahwa pihaknya tidak main-main untuk mendalami kasus dugaan Pungli tersebut. Karena menurut dia, banyak sekali kegiatan di sekolah tersebut yang dijadikan oleh pihak sekolah sebagai ajang memungut uang dari siswa secara liar.

“Coba banyangkan. Kalau semua kegiatan selalu memungut biaya dari siswa, lalu dikemanakan dana Bosda dan Bosnas yang selama ini untuk membantu operasional sekolah. Bukankan dalam item kegunaan Boda dan Bosnas itu ada sebagian untuk kegiatan ekstra seperti pramuka, kesenian dan lain sebagainya, jangan wali murid yang sudah miskin malah dibebani dengan berbagai iuran. Oleh karena itu, kami sudah laporan yang didukung sejumlah bukti-bukti ke Kejari Lahat”, ungkap Meri.

Sementara itu, saat dikonfirmasi pada pihak Kejari Lahat, Kasi Pidsus, Firmansyah, SH belum memberikan jawaban secara rinci terkait adanya laporan tersebut.

“Ya, akan kita pelajari dulu”, kata Firman dengan singkat,saat ditemui di ruang kerjanya.

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pendidikan

Pesantren Ramadan, SD N 28 Lahat Ajarkan Siswa Tingkatkan Jiwa Sosial Dengan Berbagi Takjil

Published

on

Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL – Mlci – Pesantren Kilat Ramadan SDN 28 Lahat, Terlihat para murid bersama Guru membagikan takjil guna membangun jiwa sosial.

“Setelah sukses menggelar pesantren kilat selama 3 hari, SDN 28 Lahat menutup kegiatan dengan pembagian takjil kepada warga sekitar lingkungan sekolah.

Kepala SDN 28 Lahat, sumayono S. Pd melalui Martini S. Pd Pembina mengungkapkan, kegiatan pesantren Ramadan diikuti seluruh murid kelas 1 hingga kelas 6 pada tanggal 27-28 Maret 2024. dalam Kegiatan pesantren Kilat Ceramah, Menyanyi Lagu Religius, Tanya Jawab Dor Pres dan berbagi takjil.

“Pesantren kilat digelar kurun waktu singkat dengan tujuan memberikan ruang bagi anak-anak agar dapat menjalankan ibadah puasa dalam suasana yang tenang, menyenangkan, dan bermanfaat serta menambah wawasan anak anak dalam beragama dan mengetahui kapan gurunya ALQUR’AN di bulan Suci Ramadhan. ”Ungkap Martini S. Pd ketika diwawancarai Jurnalis Medialematang.co.id

“Dengan adanya kegiatan pesantren kilat, diharapkan para murid dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama Islam, sehingga menjadi anak yang soleh, beriman, dan bertaqwa kepada Allah SWT,” harapnya.

Pesantren kilat Ramadan ini, lanjut Nartini bukan hanya sekadar kegiatan ibadah, tetapi juga menjadi wadah untuk meningkatkan pemahaman agama serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan adanya pesantren kilat, diharapkan nilai-nilai keislaman semakin mengakar dalam diri para murid, menjadikan mereka generasi yang berkualitas dan berakhlak mulia,” terangnya.

Selain kegiatan pesantren kilat digelar berbagai kegiatan sosial. Mereka tidak hanya mempersiapkan murid secara akademis, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian sosial. Melalui pembagian takjil kepada Warga sekitar sekolah, disekolah ini memberikan contoh nyata tentang pentingnya berbagi dan peduli terhadap sesama, terutama di bulan suci Ramadan. “Tutupnya

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!