Connect with us

Sumatera Selatan

Polres Musi Rawas Menggelar Pemusnahan Barang Bukti Narkotika Jenis Sabu Dan Ekstasi

Published

on

Barab Dafri FR

MUSI RAWAS SUMSEL,- MLCI – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Musi Rawas, menggelar pemusnahan barang bukti (BB) ungkap kasus penyalagunaan narkotika jenis sabu seberat 116,60 gram dan ekstasi 25 butir atau seberat 7,10 gram dengan cara diblender, di Mapolres Mura, sekitar pukul 11.00 WIB, Senin (27/3/203).

Hadir langsung dalam giat pemusnahan barang bukti, Kapolres Musi Rawas, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH didampingi Kasatresnarkoba, AKP Herman Junaidi, Kanit I, Ipda Haris dan Kanit II, Ipda Hendra, Kalapas Narkotika Kelas II A Muara Beliti, Rudik Erminanto serta perwakilan BNNK Mura, Martin dan penasehat hukum.

Sabu seberat 116,60 gram dan ekstasi 25 butir atau seberat 7,10 gram dimusnakan dengan cara diblender, pertama-tama dilakukan test kandungan narkotika mengunakan alat tester.

Kemudian, sabu dimasukan kedalam blender plastik dicampur air dan dinyalakan hingga sabu tersebut musnah menjadi cairan berwana hijau mudah. Lalu, cairan tersebut dibuang ke saluran pembuangan air besar septic tank.

Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH didampingi Kasat Narkoba AKP Herman Junaidi menegaskan, pemusnahan BB, hasil ungkap tidak kriminal penyalagunaan narkotika oleh anggota Satnarkoba Polres Mura.

“Hari ini, kita bersama-sama BNNK Mura, Lapas Narkotika Muara Beliti, penasehat hukum memusnakan BB, sabu seberat 116,60 gram dan ekstasi 25 butir atau seberat 7,10 gram dari hasil tangkapan, tersangka, HL di Desa Tanah Priuk, Kecamatan Muara Beliti,” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, diketahui penangkapan tersangka terjadi pada, Jumat 24 Februari 2023 sekitar pukul 18.00 WIB, dimana anggota Satnarkoba Polres Musi Rawas, melakukan patroli hunting di Desa Tanah Priuk, Kecamatan Muara Beliti, lalu anggota melihat seseorang yang sedang duduk jongkok di pinggir jalan desa sambil memegang bungkusan plastik asoy warna hitam.

Pada saat anggota menghampiri orang tersebut langsung berlari sambil membuang bungkusan plastik asoy warna hitam tersebut, karena curiga anggota langsung mengejar dan mengamankan tersangka tersebut.

Namun, tersangka sempat melakukan perlawanan, ditempat terjadi, sehingga terjadi perkelahian, namun akhirnya anggota berhasil mengamankan tersangka HL.

Selanjutnya tersangka digeledah dan dibuka plastik yang dibuang tersebut dihadapan tersangka yaitu berisi kotak yang di lakban berwarna coklat, selanjutnya kotak tersebut dibuka dan ternyata berisikan 20 plastik klip sedang yang berisikan kristal putih diduga narkotika jenis sabu.

Selain itu, satu plastik klip sedang berisikan 25 butir pil ekstasi warna hijau muda berlogo pinguin diduga narkotika jenis ekstasi, selanjutnya pelaku dan barang bukti di bawah ke Mapolres Mura, untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

“Artinya dengan dilakukan penangkapan dan pemusnaan BB sabu ini, kami Polres Mura khususnya Satnarkoba, tidak main-main mengenai perihal narkotika dan obat-obatan terlarang,” tutur suami Ny Anggitta Danu ini.

Sementara itu, Kasat Narkoba, AKP Herman Junaidi tersangka, Andi Lala dibekuk berdasarkan laporan polisi LP/A-08/II/2023/SPKT Sat Resnarkoba/Res Mura/Polda Sumsel, Tanggal 24 Februari 2023.

“Saat ini tersangka masih dilakukan pendalaman perkara, sejauh mana tersangka terlibat perkara narkotika ini,” singkatnya.

Bagikan Berita :
Continue Reading

Sumatera Selatan

Salurkan Bantuan Untuk 106 Masjid, PTBA Berbagi Berkah Ramadhan

Published

on

Barab Dafri. FR –

MUARA ENIM SUMSEL, MLCI – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyalurkan bantuan sosial Ramadan dan bantuan untuk pelaksanaan salat Id kepada masjid di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Bantuan secara simbolis diserahkan langsung oleh General Manager PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Unit Pertambangan Tanjung Enim, Venpri Sagara, kepada penerima bantuan di Masjid Jami’ Bukit Asam pada Rabu (27/03/2024).

“Semoga apa yang kami berikan menjadi berkah, dan mohon doanya agar PTBA bisa lebih baik lagi, bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Venpri Sagara.

Bantuan diberikan ke 106 masjid di 5 kecamatan yang merupakan area Ring 1 Unit Pertambangan Tanjung Enim, yaitu Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Tanjung Agung, Kecamatan Muara Enim, Kecamatan Merapi Timur, dan Kecamatan Merapi Barat. Para pengurus masjid dari 5 kecamatan tersebut datang langsung untuk menerima bantuan.

Penyaluran bantuan disambut baik oleh masyarakat sekitar karena tidak hanya untuk pengelolaan masjid, namun ada juga bantuan untuk pelaksanaan salat Id nantinya.

“Alhamdulilah, kami sangat mensyukuri bahwa PTBA juga secara khusus memiliki perhatian pada pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan,” ujar pengurus Masjid Darussalam yang merupakan salah satu penerima bantuan, Zuhri.

Ketua Panitia Safari Ramadan PTBA, Yanuar Efri Madan, mengatakan bahwa penyaluran bantuan ini bagian dari rangkaian kegiatan Safari Ramadan yang diselenggarakan oleh perusahaan.

PTBA telah melaksanakan berbagai kegiatan Safari Ramadan di desa-desa sekitar perusahaan. Perusahaan juga akan mengadakan berbagai lomba keagaamaan untuk pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA.

“Safari Ramadan PTBA menjadi momen yang baik untuk mempererat hubungan antara masyarakat, karyawan, dan perusahaan. Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat akan merasa lebih terlibat dan lebih mengenal nilai-nilai yang dijunjung perusahaan,” tutup Yanuar.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Sumatera Selatan

Warga Desa Dibantu PTBA Bangkitkan Usaha Jamur Tiram

Published

on

Barab Dafri. FR –

MUARA ENIM SUMSEL, MLCI – Usaha jamur tiram di Desa Keban Agung, Muara Enim Sempat mati suri akibat pandemi COVID-19. Kini bangkit berkat bantuan dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Usaha Mikro dan Kecil (UMK) jamur tiram di Desa Keban Agung ini bergabung menjadi mitra binaan PTBA sejak 2020 dan diberi nama Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Jamur.

“Usaha kami sempat vakum saat pandemi COVID-19, mandek. Tim Sustainability PTBA lalu membantu kami. Dari situ kami bangkit, kami lalu merambah ke produk olahan,” kata Ketua SIBA Jamur, Rahmawati. Rabu (27/03/2024)

Usaha jamur tiram kian berkembang dan merambah ke produk-produk olahan. Rahmawati dan kawan-kawan mengolah jamur tiram menjadi stik, keripik, cireng, hingga pangsit jamur.

“PTBA membantu pemasaran misalnya melalui pameran, kunjungan tamu perusahaan, dan sebagainya,” Rahmawati menuturkan.

Dengan dukungan dari PTBA, SIBA Jamur melakukan penjualan secara online untuk memperluas jangkauan, yakni melalui media sosial dan aplikasi PaDi UMKM.

Hasilnya, omzet SIBA Jamur tumbuh 30 persen sejak 2020.

“Tadinya kita tidak terlalu banyak koneksi. Dengan kita menjadi UMK binaan PTBA, jadi lebih banyak koneksi. Kenaikan omzet kami juga naik sampai 30 persen,” Rahmawati menjelaskan.

Dia menambahkan, pelatihan rutin diberikan Rumah BUMN Bukit Asam agar SIBA Jamur semakin kompetitif.

“Pelatihan yang diberikan sesuai kebutuhan, misalnya untuk packaging, managerial dan digital marketing,” ujarnya.

PTBA juga membantu SIBA Jamur dalam perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan sertifikasi halal. Awalnya hanya beranggotakan tujuh orang, Rahmawati mengungkapkan, sekarang SIBA Jamur memberdayakan 15 orang. Sebanyak 12 orang di antaranya adalah ibu rumah tangga.

“Harapan ke depan, kami ingin jamur ini menjadi salah satu ikon Tanjung Enim, mendukung Program Tanjung Enim Kota Wisata yang dicanangkan PTBA dan Pemerintah kabupaten Muara Enim,” tutup Rahmawati.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Sumatera Selatan

Bersama Danrem 044/Gapo, Ketua PWI Sumsel Bahas Sinergitas

Published

on

Release SMSI Sumsel –

PALEMBANG, MLCI – Komandan Korem 044/ Garuda Dempo Brigjen M. Tohir menerima kedatangan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan Kurnaidi, pada Selasa, (26/03/2024).

Kedatangan PWI Sumsel ke markas KOREM 044/Gapo itu disambut baik oleh para personil TNI yang turut hadir diantaranya, Kasi INTEL dan Kasi Pers, sementara ketua PWI Sumsel Kurnaidi didampingi, Ketua DKP H. Oktap Riyadi, Wakil Ketua Bidang Organisasi Rican Joe, Ketua LBH PWI Dicky Irawan, Sekretaris Novas Riyadi dan Wakil Sekretaris I Sigit Wiryadi.

Komandan Korem 044/Garuda Dempo Brigjen M. Tohir menyambut baik kedatangan pengurus PWI Sumsel. Danrem berharap pertemuan itu dapat dijadikan ajang untuk membangun sinergitas antara TNI dan PWI Sumsel serta wartawan yang bertugas di bumi Sriwijaya.

“Peran media bagi kami, sangat penting, terutama dalam upaya kami menjalin komunikasi dengan masyarakat. Perlu kita ketahui apabila salah menyampaikan berita maka bisa mempengaruhi opini dan pemikiran masyarakat. Karena itu kami membutuhkan dukungan dan sinergitas dari PWI dalam upaya kami menjalankan tugas,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, wartawan dan media adalah partner kerja TNI untuk menyampaikan informasi seputar program yang dilaksanakan Korem 044/Gapo kepada masyarakat.  Menurutnya, PWI dan media dapat memberikan edukasi pada masyarakat dan memperluas persebaran informasi di wilayah yang belum tersentuh media pers.

“Kami berharap PWI Sumsel dapat membantu kami untuk melaksanakan tugas dengan baik. Jika ada kekurangan kami sangat terbuka untuk dikoreksi,” katanya.

Sementara itu Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel mengatakan, PWI Sumsel bersama para wartawan di Sumsel siap memberikan dukungan kepada jajaran KOREM 044/Gapo untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

“Prinsipnya kami dari insan pers akan selalu memberikan support kepada TNI untuk memberikan informasi kepada masyarakat, terutama program program yang sudah dijalankan oleh Korem dan jajaran dibawahnya. Karena itu adalah tugas kami untuk memberitakan hal-hal baik,” katanya.

Ditambahkan Kurnaidi, sesuai kode etik jurnalistik para wartawan selalu dituntut untuk memberikan informasi yang berimbang. Karena itu, melalui silaturahmi ini kami berharap dapat menjalin sinergitas yang lebih baik lagi bersama Korem 044/Gapo dan jajaran dibawahnya.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!