Connect with us

Kabupaten Lahat

Pemilik Lahan di Desa Keban Lahat Di Dampingi Kuasa Hukum, Mengambil Langkah Tegas

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL,- MLCI – Buntut dari tidak ada titik terang penyelesaian Lahan oleh Pihak PT.Primanaya Energi, Para Pemilik Lahan Kembali Ke Lokasi Tambang di Desa Keban Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Sumatra Selatan Guna Mempertahankan Haknya. Senin, 20//03//2023 sore Pukul, 15.20 Wib

Tampak, saat berada dilokasi tambang para pemilik Lahan Bertemu dengan Pihak KPP kontraktor tambang (inisial S).

Kemudian A inisial pemilik Lahan bersama para pemilik Lahan lainnya melakukan perbincangan dengan akrab,
S (inisial pihak KPP )menyampaikan kepada A (inisial pemilik lahan)dan rekan, “kami mau memarkir Alat kami dulu pak. Ucap S, setelah itu dijawab oleh A.”ma’af pak kami tidak menghalangi aktifitas bapak tetapi untuk sekarang tolong jangan dulu ada aktifitas penambangan, tetapi untuk aktifitas lainnya seperti penyiraman jalan,dan lainnya silakan karna belum ada titik terang dari pihak PT. Primanaya Energi dengan lahan kami ini. “Ucap A

Tampak Hadir Dilokasi Tambang, pemilik Lahan
Rika Novalina, EPA, Ari bersama puluhan pemilik Lahan lainnya dan Tim Advokat dari Pemilik Lahan,
Saharudin.SH bersama
Richard Fernando.SH dan Lainnya.

Saat di wawancarai, Rika Novalina dan EPA dkk mengatakan, Hari ini senin 20 maret 2023. “kami para pemilik Lahan Kembali kelokasi tanah kami ini, guna mempertahankan Hak kami dan kami sudah Nekat dan kami sudah siap semua resikonya dan berjuang sampai ada penyelesaian dari PT. Primanaya Energi.

“Walaupun kondisi cuaca hujan seperti ini, kami parabibu ibu tidak akan menyerah dan akan terus berjuang mempertahankan Hak atas tanah kami ini.”Dikatakan Rika, Epa dan lainnya.

Karna dari pertemuan kami di PT. Primanaya Energi Tadi Pagi Lebih dari 2 Jam, tetapi tidak mendapatkan kepastian dan titik terang, maka dari itu kami sepakat kembali kelokasi tanah kami (tambang) walaupun diguyur hujan.

Dan permintaan kami tidak banyak kepada pihak perusahaan Primanaya, “kami mintak Ganti Rugi Lahan kami yang sudah di Gusur oleh pihak Primanaya Energi dan bagaimana solusi jalan terbaiknya. “Disampaikan Rika,Epa Dkk

“Untuk itu, kami semua sangat mengharapakan Bantuan dari pemerintah Kabupaten Lahat, Untuk Menyelesaikan permasalahan kami ini.

Yang mana dalam waktu Dekat, kami akan menyampaikan perihal ini kepemerintah Kabupaten Lahat (Bupati Lahat).

Semoga ada Penyelesaian dan titik terangnya Atas permasalahan Lahan ini Karna selama ini, kami sudah mediasi di Kantor Desa Keban, Kapolsek Kota Lahat, Kantor Camat Lahat, DPRD Lahat komisi 1 dan yang terakhir hari ini Di PT.Primanaya Energi tetapi belum ada Hasilnya. “Jelas Rika, Epa dkk

Sementara Tim Kuasa Hukum, Saharudin, SH dan
Richard Fernando, SH didampingi pemilik Lahan mengatakan, Untuk Massa kesabaran klien kami (pemilik Lahan) sudah habis karna beberapa mediasi sudah dilalui tetapi tidak ada penyelesaian dan titik terang. Maka dari itu klien kami kembali ketanahnya (Tambang) untuk mengambil Haknya.

Dan kami kuasa Hukum dari pemilik lahan akan memperjuangkan Hak klien kami ini, melalui jalur Hukum mulai dari mana, Mulai dari yang menjual tanah ini, dan bahkan kutu sekali pun akan kami Tuntut dan kami pidanakan.

Kami datang kesini (lokasi tambang) ini dengan keadaan kaki penuh dengan lumpur untuk sampai kelokasi ini untuk perjuangan Hak Klien kami. mengabdi untuk menuntut keadilan para klien kami (pemilik Lahan). Ungkapnya

Hari ini kami akan Tutup Tanah Klien kami ini, “yang mana kata orang kalau menutup tanah ini kena undang Undang minerbah. untuk menakut nakuti klien kami sekarang ayo berhadapan dengan saya sebagai kuasa hukumnya, kita debat masalah undang undang, kita debat masalah hak pemilik kalu itu masih dijadikan Belunder Untuk menakut Nakuti dan Mengintimidasi klien kami, itu akan kami tindak. “Tutup
Kuasa Hukum

Hingga selesai penutupan jalan dan pemilik Lahan Pulang, tidak ada satupun pihak Primanaya yang ada menemui pemilik lahan kecuali tim keamanan yang memantau dari jarak jauh dan Belum bisa dikonfirmasi. Red

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Pj Bupati Lahat Rombak 7 Pimpinan Tinggi Pratama, Ini Namanya

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL, MLCI – Pemerintah kabupaten Lahat melaksanakan Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan pemerintah kabupaten Lahat, Kamis, 20/06/2024. berlangsung di gedung pertemuan Pemkab Lahat.

Adapun yang melaksanakan Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan yaitu :

  1. Eti Listina SP MM Jabatan Kepala Dinas Komunikasi, informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Lahat.
  2. Rudi Darma Setiawan SE M i Jabatan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Lahat.
  3. M Ghufron D SE MM Jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Lahat.
  4. H Ujang Kurniawan SE MM Jabatan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Lahat.
  5. Taufiq Maryansya Putra SKM MM Jabatan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat.
  6. Feriyansyah Eka Putra ST MM Jabatan Kepala Badan Perencanaan pembangunan Daerah Kabupaten Lahat
  7. Subranuddin SE MAP Jabatan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lahat.

PJ Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSI menyampaikan hari ini kita bersama dalam Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan pemerintah kabupaten Lahat, selamat telah melaksanakan pelantikan, ciptakan lah inovasi dalam meningkatkan kinerja ASN,.

 

Di kesempatan tersebut PJ Bupati Lahat mengucapkan selamat hari raya idul Adha 1445 H, mohon maaf lahir dan batin.

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Warga Desa Sindang Panjang Antusia Sambut Kehadiran Cabup Lahat Yulius Maulana ST

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL, MLCI – Kehadiran yang sudah lama dinanti, kedatangan Yulius Maulana ST di Desa Sindang Panjang Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat disambut antusias warga masyarakat Desa setempat dan tamu undangan.

Kehadiran Yulius Maulana di Desa Sindang Panjang tersebut adalah untuk memenuhi undangan resepsi pernikahan Cici (Putri dari Bapak Riyanto dan Ibu Sihayah) dan Syahrial (Putra dari Bapak Abdul Roni dan Ibu Adariah), Kamis (20 Juni 2024).

Lukman Panggar Besi, mewakili keluarga dalam sambutannya mengajak masyarakat Desa Sindang Panjang untuk bersama-sama memperjuangkan kemenangan Yulius Maulana ST menjadi Bupati Lahat 2024-2029 mendatang.

“Kami selaku tuan rumah mengajak seluruh masyarakat Tanjung Sakti Pumi dan Pumi untuk bersama sama mendukung Yulius Maulana menjadi Bupati Lahat 2024-2029 nanti, insyaAllah Pak Yulius mampu membawa Kabupaten Lahat menjadi lebih baik lagi,” ungkap Yulius.

Sementara itu Yulius Maulana ST dalam sambutannya mewakili tamu undangan menyampaikan ucapan terimakasih pada ahli rumah atas undangannya yang diberikan kepadanya.

“Terimakasih pada tuan rumah sudah memberikan undangan pada kami,” ujarnya.

Tak lupa pula, Yulius Maulana turut mendoakan kedua mempelai Cici dan Syahrial. Yulius mendoakan keduanya berbahagia selalu sekinah mawadah warahmah.

“Semoga kedua mempelai Cici dan Syahrial ini selalu bahagia, menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah. Semoga kelak keduanya segera diberikan zuriat keturunan yang soleh-soleha, anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya dan berguna bagi nusa bangsa dan agama, serta memberi manfaat pada orang banyak,” tukasnya.

Yulius Maulana ST Cabup Lahat menyampaikan pandangan tentang Pilkada Kabupaten Lahat yang tidak lama lagi akan segera dilaksanakan. YM pun menyampaikan beberapa program unggulannya untuk Lahat Amanah ke depannya, yang kemudian disambut tepuk tangan dan teriakan dukungan untuk Yulius Maulana

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Rangkaian Idul Adha 1445 H, Pj Bupati Serahkan Sapi Qurban PCNU dan MUI Lahat

Published

on

Jurnalis Rochmiatun –  

LAHAT SUMSEL, MLCI – Didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi hadiri penyerahan dan penyembelihan hewan qurban ke MUI dan PC NU Lahat di Kolam Bendungan Lematang Lahat. Selasa (18/06/2024)

Usai penyembelihan, Pj Bupati Lahat mengucap Alhamdulillah hari ini rangkaian demi rangkaian hari raya Idul Adha 1445 H, tepatnya hari ke-2 Pemkab Lahat masih tetap melaksanakan pemotongan hewan qurban dengan memberikan 1 ekor sapi kepada PCNU dan MUI Kabupaten Lahat.

“Puji syukur tadi sudah kita saksikan bersama pemotongan hewan qurban berupa sapi yang berjalan dengan aman dan lancar,” jelasnya.

InsyaAllah, tambah Pj Bupati, hasil penyembelihan hewan qurban ini akan diberikan kepada segenap unsur dan rangkaian panitia beserta warga masyarakat sekitar.

“Harapannya kedepan kegiatan program seperti ini akan terus berlanjut, sehingga antar unsur elemen tokoh keagamaan dari Kabupaten Lahat khususnya generasi yang erat hubungannya,” imbuh Pj Bupati.

Senada Ketua PCNU Kabupaten Lahat H. Nafiqurrohman mengucapkan Terima kasih kepada Pemkab Lahat yang telah mempercayakan PCNU dan MUI Lahat untuk menyalurkan hewan kurban dan semoga barokah.

“Saya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut setiap tahun. Hal ini sejalan dengan semangat PCNU Lahat untuk terus berperan aktif dalam mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang H Nafiqurrohman.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!