Connect with us

Peristiwa

Ketuk Palu Pengadilan Negeri Lahat Mengundang Demo

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

Ketuk Palu pengadilan Negeri lahat mengundang Demo

LAHAT SUMSEL – MLCI – Aliansi aktivis dan media lahat bersatu menyerahkan surat pemberitahuan aksi damai ke polres lahat. Kamis 6 Januari 2023.

Kepedulian aktivis dan media lahat bersatu di kabupaten lahat, ternyata bukan hanya isapan jempol belaka, para aktivis dan media resmi mengantarkan surat aksi damai ke polres lahat yg akan di laksanakan pada hari, senin 9 januari 2023 di depan pengadilan negeri lahat hal ini sebagai keprihatinan mereka kepada keluarga dan korban pemerkosaan yang menginginkan keadalian. Yakni seorang pelajar SMA N 1 Tanjung Tebat, kec tanjung Tebat kab lahat, dan beralamat di desa tanjung kurung ulu kec. tanjung Tebat kabupaten Lahat Sumatra Selatan.

“Setelah diadakan pertemuan para aktivis dan media melalui Aliansi aktivis dan media lahat bersatu pada, hari rabu 5 Januari 2023 di di SMK pertanian kelurahan Pagar agung kecamatan Lahat kabupaten Lahat.”Dalam pertemuan tersebut membahas tentang rencana yg akan diambil dan dilaksanakan untuk membantu keluarga dan korban pemerkosaan.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh:
1).ARISTOTELES
2) DODO ARMAN
3) NATA BIRO HERI
4) BAMBANG
5) DEDI
6) AMIR
7) NITA
8). DEA
9) ICON
10) FERI
11) HERAWAN
12) NOV
13) ERHAN
14) SOFYAN
15) RULIANSYAH
16) HERLAN NUDIN
17) ANDHI M
18) ABDUL
19) ABU KASIM UNANG
20) MANSYUR
Dan rekan rekan LSM dan media.

Adapun kesepakatan pertemuan tersebut:
1). aksi damai yg akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 9 Januari 2023.
2).upaya hukum yakni melakukan banding atas keputusan pengadilan Negeri lahat.
3).meminta bantuan kepada kopi joni yakni bapak HOTMAN PARIS SH. MH.
4) pembentukan kordinator aksi dan kordinator lapangan.

Saat ditemui awak media NATA BIRO HERI selaku kordinator aksi, mengatakan siap berorasi dalam aksi damai dan terus berjuang demi keadilan.
Dodo arman selaku kordinator aksi jg mengatakan kita sdh mempersiapkan kendaraan dan pengeras suara, saat ditemui media di dlm pertemuan yg kedua di SMK Pertanian lahat. Sementara itu mansyur yg mengantarkan surat ke polres lahat telah menyampaikan lewat pesan grup WA aktivis dan media lahat bersatu bahwa surat pemberitahuan sudah diterima oleh polres lahat.
Ketua Umum PKN patar Sihotang SH. MH. siap membantu korban dalam melaksanakan upaya hukum, beliau menyampaikan lewat saluran WhatsApp hari rabu sekitar jam 22:00 wib ini harus kita bantu dan ini harus banding katanya.**

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pemerintah

Mahasiwa/i KKN UIN Raden Fatah Palembang Disambut Pemdes Ulak Mas

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL – MLCI – Bertempat di Balai Desa Ulak Mas Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat, pada hari Jum’at, 20 Januari 2023 sekira pukul, 10.30 Wib/ selesai -Pemerintah Desa Ulak Mas Menyambut Kedatangan Mahasiswa/i KKN UIN Raden Fatah Palembang.

Dalam Arahannya, Suci Rahayu Mengucapakan, “Selamat Datang Kepada Siswa/i Kulia Kerja Nyata (KKN) UIN Raden Fatah Palembang  ke-78, Dengan “Tema” Peran Moderasi Terhadap Kehidupan sosial Masyarakat Kabupaten Lahat. Ucap Kades

“Selamat belajar, semoga Ilmu yang didapat di Desa Ulak Mas ini nantinya bermanfaat dan bisa disalurkan serta apa saja yang di perlukan, jangan sungkan-sungkan untuk berkoordinasi dengan pemerintah Desa, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Ataupun Masyarakat. “Imbuh kades

Setelah itu, acara berlangsung dengan perkenalan Mahasiswa KKN ke Pemdes dan BPD kemudian diteruskan Paparan Tugas-Tugas yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa/i KKN UIN Raden Fatah  Palembang, dan Hingga selesai acara berlangsung dengan Lancar dan disambut keramahan dari pemdes dan BPD.

Tampak hadir dalam Kegiatan, Suci Rahayu Bersama Perangkat Desa, Ketua BPD yang diwakili Rojang Anwar, dan 13 Mahasiswa Peserta KKN UIN Raden Patah Palembang yang terdiri dari 3 laki-laki dan 10 perempuan.**

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Aspirasi Massa Tuntut Keadilan Ditampung, JPU Tunggu Perintah Pimpinan

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

Aspirasi Massa Ditampung, JPU Tunggu Perintah Pimpinan

LAHAT SUKSES – MLCI – Sekitar puluhan massa yang mengatasnamakan Aliansi Aktivis dan Media, hari ini, Senin (9/1/23) berencana mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri (PN) Lahat, Sumatera Selatan. Namun, massa terpaksa harus berkumpul dan berorasi di ruas Jalan Kolonel H. Burlian Bandar Jaya, Kecamatan Lahat Sumatera Selatan.

Bung Natal Biro Hirry : saat Menyampaikan Orasi

Pasalnya, massa yang dimotori LSM Bakkin ini menyuarakan meminta keadilan atas sikap tuntutan JPU Kejari Lahat 7 dengan bulan yang diputus Majelis Hakim PN Lahat 10 bulan penjara dalam perkara dugaan Pemerkosaan dalam sidang di PN beberapa hari lalu. Aksi tersebut, pun dikawal ketat oleh pihak gabungan Pol-PP, TNI dan Polri.

Karena dianggap tidak sesuai dengan surat pemberitahuan dan melanggar aturan, Saryono, S. Sos selaku Orator meminta agar mereka (Demonstran) bisa berorasi di depan Kantor PN Lahat.

“Kami mohon supaya kami menyampaikan orasi di halaman Kantor PN Lahat”, pinta Saryono.

Senada, Ketua LSM Bakin sekaligus sebagai koordinator aksi, Nata Biro Hiri juga menyampaikan rasa kecewanya terhadap dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari dan putusan Majelis Hakim dengan hukuman 10 bulan penjara tersebut.

“Aksi ini adalah panggilan hati kami. Untuk itu, kami minta supaya JPU Kejari Lahat segera melakukan Banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Sumatera Selatan”, teriak Nata.

Setelah beberapa menit menyampaikan aspirasinya di ruas jalan Kolonel H. Burlian, massa yang menyuarakan keadilan bagi korban kekerasan seksual yang pelakunya diputus 10 bulan penjara dalam sidang di PN Lahat, 10 perwakilan massa diperkenankan pihak PN untuk masuk ke gedung PN guna berkoordinasi terkait tuntutan mereka.

Tawaran ini, pun diindahkan oleh massa. Sayangnya, dalam pertemuan tersebut hanya 2 orang pewarta yang dibolehkan masuk dan meliput.

“Untuk wartawan cukup 2 orang saja”, cetus PK PN Lahat.

Setelah melakukan urun rembuk antara perwakilan massa dengan pihak PN dan Kejari Lahat, semua phak sepakat untuk menampung dan menerima serta memenuhi permintaan massa.

Kendati demikian, saat dikonfirmasi terkait tuntutan massa, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lahat, Nilawati, SH, MH melalui Kepala Seksi (Kasi) Inteligent masih tetap menunggu perintah dari atasannya dalam menentukan langkah selanjutnya.

“Ya, kita sudah tampung aspirasi dari massa dan akan melaporkannya pada pimpinan. Untuk langkah berikutnya, tentu kita masih harus menunggu petunjuk pimpinan”, ungkap Faisal.

Bagikan Berita :
Continue Reading

Kabupaten Lahat

Kejari Lahat Limpahkan Berkas Perkara GI Pelaku Pemerkosaan Sempat Viral Terancam 15 Tahun Penjara

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMEL – MLCI – Kejaksaan Negeri Lahat telah melimpahkan satu tersangka kasus kekerasan seksual anak terhadapan korban Bunga (17) nama samaran, red. Satu tersangka dewasa yakni Gi (18).

‘Ya sebelumnya kita telah menerima pelimpahan tahap 2 dari pihak kepolisian Kamis sore (5/1). Tadi telah kita limpahkan berkasnya ke Pengadilan Negara. Sementara untuk tersangka ditahan dan dititipkan di Mapolres Lahat,” ujar Kejari Lahat Nilawati SH melalui Kasi Pidum Frans Mona, Jumat,06/01/2023

Sementara untuk pasal yang disangkakan terhadap tersangka Gi, yakni Pasal 81 ayat 1 Undang – Undang Perlindungan Anak.

Untuk Ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara maksimal 15 tahun denda maksimal 5 miliar.

Lanjutnya bahwa untuk Gi, Proses persidangan berbeda dengan dua pelaku anak sebelumnya yang di vonis 10 bulan oleh majelis Hakim dan pelatihan kerja di Dinas PPA kabupaten lahat selama tiga bulan oleh pengadilan Negeri Lahat

Hal ini di karenakan GI masuk kategori sudah dewasa sehingga proses peradilan mengacu kepada Kitab Undang undang hukum acara pidana (KUHAP) sedangkan dua pelaku mengacu kepada undang undang SPPA nomor 12 tahun 2012.**

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!