Connect with us

Pemerintah

Bangunan DD Tahap II Desa Wonorejo Di Monev Tim Kecamatan

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUM-SEL, – MLCI – Desa wonorejo – Bertempat di Balai Desa, Desa Wonorejo. Kamis, 29//09//2022 – Tim Monev Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan – Memonitor dan Evaluasi Bangunan yang bersumber dari Dana Desa tahap II Tahun 2022.

Tampak, pada kegiatan tersebut, Camat Darwis Salim SE, MM diwakili Sekcam Firdaus SE bersama Kasi Ekobang Edi Susanto SE, Kasi Pem Asri manto SE, bersama staf kecamatan, Pendamping Desa Kecamatan bersama TIM didampingi Babinsa bersama Babinkamtimas Kemudian langsung disambut oleh Kepala Desa Wonorejo Yuli Armansyah Bersama perangkat Desa, Badan pemusyawaratan Desa (BPD), LPM dam LPA.

“Dalam Sambutan Kepala Desa Wonorejo Yuli Armansyah menyampaikan, Tentang pelaksanaan penggunaan Dana Desa tahap II tahun 2022 Kepada Tim Monev Kecamatan.

“Untuk pengunaan Dana Desa tahap II tahun 2022 Pembangunan Fisik, terdiri Pembuatan jalan usaha tani yang berada di Dusun 2 Desa Wonorejo dan terdiri dari dua titik Bangunan.

Kemudian terimakasih kepada Tim Monev Kecamatan yang sudah hadir dan mohon bantuan serta petunjuk dan bimbingannya. Kalau ada yang kurang dalam pengerjaan yang kami lakukan tolong disampaikan supaya kami cepat berbenah dalam memajukan Desa kami. Ungkap kades

“Camat Kikim Barat Darwis Salim SE, MM Diwakili Sekcam Firdaus SE mengatakan, maksud dan tujuan kedatangan tim Ke Desa Wonorejo ini, Berdasarkan Surat Himbauan Dari Bapak Bupati Lahat, dan ditandatangani oleh pak sekda,”Untuk Segera Melakukan Monitoring Dana Desa yang sudah di serap Desa. Ucap Sekcam

“Untuk mengadakan Monitoring dan evaluasi, Dana Desa Tahap II Tahun 2022 diDesa Sekecamatan Kikim Barat, Bukan untuk mencari-cari kekurangan atau kesalahan, akan tetapi tujuan kami disini untuk mengecek pembangunan apa saja yang dibiayai oleh Dana Desa Tahap Kedua ini, dan sekaligus mengecek fisik di Dusun Berapa tempat Pembangunannya supaya Kalau ada Pihak dari Kabupaten yang Mempertanyakan kami bisa menjawabnya, “Untuk perlu diketahui oleh Pemdes, Kami melakukan Monev, sebatas untuk mengetahui sejauh mana pembangunan yang di alokasikan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahap II di Desa seKecamatan Kikim Barat ini. “Ucap Sekcam

Setelah itu, Tim Monev Kecamatan Bersama Pendamping Desa Kecamatan dan Pendamping Desa Lokal Turun Ke Lokasi Pembangunan Jalan Usaha Tani dengan di dampingi Pemdes bersama BPD. **

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pemerintah

Tingkatkan Sarana Dan Prasarana, Pemdes Jajaran Baru Kembangkan Gudung Balai Rakyat dan Bangun Jalan Usaha Tani

Published

on

Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL – MLCI – Pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) terus dilengkapi Pemerintah Desa (pemdes) Jajaran Baru Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat, Jum’at, 05/04/2024

Menurut Bostandi SE Kepala Desa Jajaran Baru, dengan terpenuhinya sarpras desa, dinilai mampu mendorong aspek ekonomi dan sosial masyarakat untuk terus berkembang.

Ditahun 2024 Ini, terdapat sejumlah pembangunan sarpras maupun infrastruktur Desa yang akan dibangun ditahun 2024 ini. Mulai dari pengembangan Gedung Balai Rakyat hingga jalan usaha tani (JUT).

”Prinsip kami, segala bentuk pembangunan di desa ini berorientasi pada pelayanan dan manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat Langsung,” ungkap Bostandi

Diawal tahun 2024 ini, Tepatnya 5 April 2024, pihaknya mengerjakan pengembangan pembangunan gedung Balai Rakyat.

Dengan Volume Lebar 6 M dan Panjang 12 meter, yang difungsikan untuk pelayanan masyarakat. ”Anggarannya dari Dana Desa Tahun 2024. ”terangnya

Kemudian Jalan Usaha Tani, dengan Lebar 3 M dan Panjang 248 M, diperuntukan untuk kepentingan Masyarakat Desa Jajaran Baru dalam meningkatkan perekonomian, semoga semua terlaksana dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan bersama. “Tutup Bostandi

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pemerintah

Antisipasi Dampak Perubahan Iklim Global, Pemkab Lahat Gelar Penanaman Pohon Serentak

Published

on

Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL – MLCI – Pemerintah Kabupaten Lahat Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan kegiatan Launching penanaman pohon secara serentak, kamis 4 april 2024.

“Sebagaimana yang diketahui, Pohon punya peranan penting dalam keberlangsungan hidup manusia dan Lingkungan, melansir dari berbagai sumber, Salah satu manfaat pohon adalah dapat meredam dampak emisi karbon dan gas rumah kaca, Gas rumah kaca merupakan penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim, Efek yang dihasilkan antaranya suhu bumi meningkat, selain itu Pohon juga penghasil oksigen paling terkenal, Pohon memberikan sumbangsih terbesar pada ketersediaan oksigen yang ada di bumi,Proses fotosintesis yang dilakukan oleh pohon selain menghasilkan energi untuk pohon itu sendiri, juga menghasilkan oksigen yang dilepaskan ke udara, Oksigen ini kemudian digunakan oleh manusia dan makhluk lain untuk bernafas.
Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten Lahat Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan kegiatan Launching penanaman pohon secara serentak, kamis 4 april 2024.
Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman kantor Camat Merapi Barat ini dihadiri oleh Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi, Sekda Lahat Chandra SH MM, Unsur Forkopimda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir Agus Salman, Camat Merapi Area, Kepala OPD dan Tamu Undangan lainya.
Dalam sambutanya Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi Menyebutkan, Kegiatan ini merupakan bentuk nyata yang dilakukan Pemkab Lahat dalam upaya memulihkan daerah, mengurangi dampak pemanasan global, sumber oksigen, pengendali suhu dan memberikan kesegaran serta kesehatan untuk seluruh masyarakat, ujarnya.
Dirinya menjelaskan, launching penanaman pohon secara serentak ini dilaksanakan di kecamaatan Merapi timur, Kecamatan Merapi Barat, Merapi Selatan, Merapi Timur dan Plaza Ayek Lematang,
“ kegiatan penanaman pohon ini dapat meningkatkan infrastruktur hijau di Kabupaten Lahat, bukan sebagai objek fisik, melainkan juga menjadi sarana penahan debu, dari kegiatan lalu lintas dari area Kecamatan Merapi Barat, Merapi Selatan, Merapi Timur dan Plaza Ayek Lematang,” Jelasnya.
Selain itu dirinya berharap, kegiatan ini dapat dijadikan momentum dalam memberikan kesadaran kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya menanam pohon dan merawatnya,
“ Penanaman Pohon ini juga akan meningkatkan indeks kualitas tutupan lahan menambah luasan ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis dan ruang kehidupan kita agar lebih berkualiatas,”Tandasnya.

Penanaman Pohon Serentak, kabupaten lahat, pemanasan global, dampak perubahan iklim, gas rumah kaca, oksigen, manfaat pohon,

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pemerintah

Mall di Gedung Plaza Lematang Lahat Mulai Beroperasi 25 Maret 2024

Published

on

Riko S –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Gedung Plaza Lematang yang terletak di Tepian Ayek Lematang Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Lahat menjadi salah satu program unggulan Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP Msi untuk dijadikan Mall Pelayanan Publik (MPP).

Saat ini tampak di sekitar Gedung Plaza Lematang sudah mulai pembangunan skat skat pembatas ruangan untuk OPD OPD yang akan memberikan pelayanan publik pada masyarakat Kabupaten Lahat.

“InsyaAllah pada tanggal 25 Maret 2024 mendatan, lounching Pelayanan Bergerak atau mobile MPP,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lahat, Yahya Edward SE MSi. Jumat (15/03/2024).

Tahap awal, direncanakan pelayanan yang akan stay di Plaza Lematang pada 25 Maret tersebut yakni Dukcapil, DPMPTSP, Dinkes, Dinsos dan Perpustakaan serta Bank Sumsel Babel.

Kemudian mobile MPP beroperasional di tiga hari kerja dalam satu minggu yaitu setiap Senin Rabu dan Jumat.

Lalu usai dilakukan penilaian ujian kelayakan uji faktual oleh KEMENPAN RB, Plaza Lematang dibangun permanen menjadi MPP yang nantinya ada 153 Jenis Layanan Konsultasi publik melibatkan pelayanan.

Diakui Yahya, mulai dari OPD teknis sebanyak 12 Pelayanan dan instansi vertikal BUMN, BUMD dan swasta sebanyak 11 pelayanan.

Tujuan MPP ini sebagai langkah strategis pemerintah pusat, menyederhanakan sistem pelayanan publik serta meningkatkan komitmen sinergi peningkatan pelayanan publik.

“Serta memberikan kemudahan kepada layanan dalam proses di satu gedung yang bebas pungli. Termasuk mendorong investasi berdampak pertumbuhan ekonomi daerah,” pungkas Yahya.

Perlu diketahui berita sebelumnya, Yahya menerangkan bahwa semua bangunan Gedung utama Plaza Lematang 4 tingkat dan  akan dipakai untuk Pelayanan Publik.

Gedung Utama adalah semua gedung yang bertingkat atau yang pada tingkat dasarnya saat ini menggunakan kaca, sementara bangunan sayap akan dipergunakan untuk UMKM Kuliner adalah ex Strongkeng Café.

Sementara itu, dinas dinas yang akan berpartisioasi di MPP sebanyak 23 OPD diantaranya DPMPTSP, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial, Dinas Perkebunan, Kesbangpol, Dinas Kesehatan.

Dinas Penataan Umum Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pendidikan, Bependa, Dinas Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak (PPPA) dan Disdukcapi Lahat.

Termasuk juga Pelayanan dari Polres Lahat, Pengadilan Negeri Lahat, Perumda Tirta Lematang, BPJS Kesehatan, BPJS Tenagakerjaan, Kementerian Agama Lahat, PT Taspen, PT Pos Lahat, Pengadilan Agama, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Bank Sumsel Babel.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!