Connect with us

Nasional

Pesan Jenderal Dudung, “Dukung dan Bantu Program Pemerintah”

Published

on

Release SMSI Pusat –

PALANGKARAYA, MLCI – Di hadapan Prajurit, PNS dan Persit se-Palangkaraya, Kasad menyampaikan bahwa TNI AD saat ini terlibat dalam berbagai program pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu, seluruh Prajurit harus berperan aktif membantu dan mendukung program pemerintah, “tegas  Kasad di Lapangan upacara Yonif R 631/Atg, Minggu  (17/7/2022).

Kedatangan Kasad yang didampingi Ketua Umum Persit KCK Ny. Rahma Dudung Abdurachman beserta rombongan di Mayonif R 631/Atg diawali menerima Laporan dari Danyonif 631/Atg Letkol Inf Dwi Harry Wibowo, jajar kehormatan dan tradisi penyambutan serta yel-yel prajurit Yonif R 631/Atg.

Mengawali pengarahannya, Kasad menyampaikan rasa bahagia dapat melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kodam XII/Tanjungpura khususnya diwilayah Korem 102/Panju Panjung Palangkaraya, Kalimantan Tengah untuk bertatap muka dengan prajurit, PNS dan Persit KCK.

Kasad menyampaikan apresiasi atas pengabdian dan dedikasi yang tinggi kepada para prajurit dan PNS Kodam XII/Tanjungpura di wilayah tugas Kalimantan Tengah yang didukung penuh oleh Persit KCK, sehingga tugas dapat berjalan dengan baik sebagai bentuk kepercayaan, kehormatan, dan kebanggaan sekaligus prestasi.

Kasad bangga dan mengapresiasi kinerja yang ditunjukkan oleh prajurit TNI AD yang mampu menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan rakyat di sekitarnya. Para prajurit Kodam XII/Tanjungpura sudah mampu mengimplementasikan 7 (Tujuh) Perintah Harian Kasad.

“Bangun suasana kekeluargaan di satuan, jangan ada prajurit, PNS dan keluarga yang menderita, serta hindari berbagai pelanggaran di satuan seperti tindakan kekerasan, penyalahgunaan wewenang, penyelewengan anggaran, penyalahgunaan Narkoba, termasuk asusila yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan satuan,” ungkap Kasad.

Untuk diketahui, TNI AD saat ini terlibat dalam berbagai program pemerintah diantaranya peningkatan Ketahanan Pangan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Manfaatkan lahan kosong TNI AD menjadi lahan produktif dalam rangka mengembangkan intensifikasi lahan guna mendukung Ketahanan Pangan.

Kalimantan Tengah sangat rentan dengan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menjadi ancaman luar biasa dan sangat berdampak pada lingkungan, ekosistem dan sosial ekonomi yang membutuhkan penanganan dari semua pemangku kepentingan baik Pemerintah Daerah, TNI, Polri, BPBD dan masyarakat untuk melakukan mitigasi.

Kepada seluruh pimpinan, Kasad berpesan “perhatikan anak buah dan keluarga, rajin berdoa dan bersyukur, jaga kesehatan serta keharmonisan dalam rumah tangga,” pesan Kasad.

Sebelum mengakhiri pengarahannya, Kasad menekankan kepada seluruh prajurit, agar dapat mengimplementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI dimanapun bertugas dan berada. TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat, apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi, serta tingkatkan soliditas dan sinergisitas internal TNI termasuk dengan Polri, Pemda, dan komponen bangsa lainnya guna menjamin stabilitas keamanan di wilayah.

Selesai memberikan pengarahan,  Kasad memberikan  santunan kepada anak Yatim, penyematan selempang Bapak Asuh stunting diakhiri Foto bersama dengan Prajurit, PNS, Persit KCK dan Ormas sePalangkaraya. ***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Nasional

PTBA Raih 3 Penghargaan “Terapkan Good Mining Practice” Kementerian ESDM

Published

on

Barab Dafri FR –

JAKARTA, MLCI – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berikan 3 penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik (Good Mining Practice/GMP) kepada PT Bukit Asam Tbk (PTBA)

Ketiga penghargaan tersebut yakni Penghargaan Aditama kategori Pengelolaan Teknis Pertambangan untuk Kelompok badan usaha pemegang PKP2B, IUP BUMN, IUP PMA, IUPK komoditas batu bara.

Selanjutnya penghargaan Aditama kategori Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan untuk Kelompok badan usaha pemegang KK, PKP2B, IUP dan IUPK komoditas mineral dan batu bara.

Kemudian penghargaan Pratama kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan untuk Kelompok badan usaha pemegang IUP komoditas mineral dan batu bara.

Penghargaan Aditama bersimbol emas merupakan peringkat tertinggi, kemudian Penghargaan Utama bersimbol perak, dan Penghargaan Pratama bersimbol perunggu.

Acara penyerahan penghargaan yang dihadiri Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Mineral dan Batu Bara (Minerba) Irwandy Arif, Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin.

Selain itu tampak Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba Kementerian ESDM Sunindyo Suryo Herdadi, dan para pimpinan perusahaan pertambangan mineral dan batu bara ini berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/9/2022). Direktur Operasi dan Produksi PTBA Suhedi hadir untuk menerima penghargaan.

“Pemberian Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik merupakan bentuk tanggung jawab dan rasa terima kasih dari Pemerintah kepada insan pertambangan yang telah melakukan kegiatan usahanya dengan usaha terbaik, khususnya dalam menerapkan kaidah pertambangan yang baik,” kata Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Minerba, Irwandy Arif.

Kaidah teknik pertambangan meliputi aspek-aspek teknik dan lingkungan yaitu Pengelolaan Teknis Pertambangan, Pengelolaan Keselamatan Pertambangan, Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Penerapan Konservasi Mineral dan Batubara, dan Pengelolaan Standarisasi serta Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Pembangunan berkelanjutan adalah tujuan akhir dari pertambangan. Untuk mencapai itu diperlukan penerapan kaidah pertambangan yang baik. Sehingga kegiatan pertambangan dapat diwujudkan secara bertanggung jawab dan semakin menyejahterakan masyarakat,” ujar Irwandy.

Direktur Operasi dan Produksi PTBA Suhedi menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Pemerintah. “Penghargaan ini semakin memotivasi kami agar konsisten dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik, optimal, efisien, mengutamakan keselamatan dan berwawasan lingkungan,” kata Suhedi.

Dia menambahkan, penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik juga akan terus ditingkatkan agar dapat mendorong bisnis yang berkelanjutan, serta berkontribusi dalam pembangunan perekonomian nasional. “PTBA berkomitmen terus menerapkan Good Mining Practice dalam setiap kegiatan operasional,” tegasnya.

Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Pertambangan dan Energi ke-77 yang jatuh pada 28 September 2022.***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Nasional

PTBA Berkomitmen Berikan Kontrubusi Optimal Untuk Negara

Published

on

Barab Dafri FR –

JAKARTA, MLCI – Kontribusi PT Bukit Asam Tbk (PTBA) pada penerimaan negara pada paruh pertama tahun ini mencapai Rp 9 triliun. Kontribusi tersebut terdiri dari pajak sebesar Rp 2,7 triliun dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Rp 6,3 triliun.

“PTBA berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang optimal kepada negara. Kami berupaya untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan sebagai tanggung jawab kepada pemegang saham, dalam hal ini Pemerintah melalui MIND ID sebagai pemilik saham mayoritas,” kata Corporate Secretary PTBA, Apollonius Andwie. Senin (19/09/2022).

Besarnya kontribusi PTBA pada penerimaan negara didukung oleh kinerja perusahaan yang kian positif. Per Semester I 2022, PTBA membukukan laba bersih sebesar Rp 6,2 triliun, naik 246 persen dibanding periode serupa di tahun lalu (year on year/yoy) yang senilai Rp 1,8 triliun.

Kenaikan kinerja ini didorong oleh pemulihan ekonomi global maupun nasional yang meningkatkan permintaan batu bara, serta kenaikan harga batu bara yang signifikan.

Total produksi batu bara PTBA selama Semester I 2022 mencapai 15,9 juta ton, meningkat 20 persen dibanding Semester I 2021 yang sebesar 13,3 juta ton. Sedangkan penjualan batu bara PTBA per Semester I 2022 sebanyak 14,6 juta ton, tumbuh 13 persen secara tahunan.

Pencapaian gemilang ini juga didukung kinerja operasional Perseroan yang solid di sepanjang Semester I 2022. Mengedepankan cost leadership di setiap lini perusahaan, Perseroan menerapkan efisiensi berkelanjutan secara optimal.****

Bagikan Berita :
Continue Reading

Nasional

Porsi Penjualan Ekspor Batubara PTBA Meningkat

Published

on

Barab Dafri FR –

JAKARTA, MLCI – Porsi penjualan ekspor batu bara PT Bukit Asam Tbk (PTBA) meningkat dari 33 persen pada kuartal I 2022 menjadi 38 persen di kuartal II 2022. Peningkatan pada kuartal kedua itu menyebabkan porsi ekspor pada Semester I 2022 tercatat sebesar 35 persen dari seluruh penjualan.

Average Selling Price (ASP) atau harga jual rata-rata pada kuartal II 2022 tercatat sebesar Rp 1,3 juta per ton, naik 14 persen dibanding kuartal I 2022 karena peningkatan porsi penjualan ekspor,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PTBA, Farida Thamrin. Selasa (13/9/2022)

Peningkatan ekspor tersebut karena suplai batu bara ke India meningkat 2 juta ton secara tahunan (year on year/yoy), diikuti oleh peningkatan penjualan ke negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur seperti Thailand, Korea Selatan, dan Kamboja.

India menjadi tujuan ekspor terbesar PTBA dengan porsi mencapai 18 persen dari total penjualan. Diikuti Korea Selatan (4 persen), Thailand (3 persen), China (2 persen), dan Kamboja (2 persen).

PTBA juga memanfaatkan kesempatan untuk melakukan penjajakan pada pasar Eropa dengan melakukan pengiriman batu bara ke Italia dan negara Eropa lainnya.

Perusahaan terus meningkatkan porsi ekspor secara terukur tanpa mengabaikan kebutuhan dalam negeri. Hingga Semester I 2022, porsi pemenuhan batu bara domestik sebesar 65 persen dan ekspor 35 persen.

“Dengan masih tingginya harga batu bara serta peningkatan kebutuhan dan permintaan ekspor, Perusahaan optimistis dapat terus meningkatkan kinerja hingga akhir 2022,” ujar Farida.

Per Semester I 2022, PTBA membukukan laba bersih sebesar Rp 6,2 triliun, naik 246 persen dibanding periode serupa di tahun lalu yang senilai Rp 1,8 triliun. Pencapaian laba bersih didukung dengan pendapatan sebesar Rp 18,4 triliun, meningkat 79 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Posisi cadangan kas (cash reserve) terjaga dengan baik meski ada pembayaran dividen tertinggi sebesar Rp 7,9 triliun pada Juni 2022. Nett cash tercatat sebesar Rp 11,1 triliun.

“Pencapaian gemilang ini juga didukung kinerja operasional Perusahaan yang solid di sepanjang Semester I 2022. Mengedepankan cost leadership di setiap lini perusahaan, Perusahaan menerapkan efisiensi berkelanjutan secara optimal,” kata Farida.

Total produksi batu bara PTBA selama Semester I 2022 mencapai 15,9 juta ton, meningkat 20 persen dibanding Semester I 2021 yang sebesar 13,3 juta ton. Sedangkan penjualan batu bara PTBA per Semester I 2022 sebanyak 14,6 juta ton, tumbuh 13 persen secara tahunan.****

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!