Connect with us

TNI & Polri

Inisiatif Kapolres Lahat, Mushola Polsek Kikim Tengah Mulai Dibangun

Published

on

Jurnalis Humres –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK didampingi Kasat Lantas AKP Muriyanto SH dan Kasat Reserse Narkoba AKP Alita Firman SH MH giat peletakan batu pertama pembangunan musholla  Mapolsek Kikim Tengah.

Acara yang digelar di halaman Mapolsek Kikim Tengah tersebut terlihat hadir juga Kapolsek Kikim Tengah Iptu Asri Basyarudin SH dan Kasi Propam Iptu Edwar Gultom serta tamu undangan lainnya. Kamis (14/7/2022), pukul 11.00 Wib.

Selain itu tampak pula Tokoh Masyarakat Kikim Tengah, Perwakilan Mitra Perusahaan dan para Kepala Desa se-Kecamatan Kikim Tengah serta personel Polsek Kikim Tengah.

Saat menyampaikan kata sambutan, Kapolsek Kikim Tengah Iptu Asri Basyarudin SH mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Lahat yang telah hadir di Mapolsek Kikim Tengah dalam rangka  peletakan batu pertama pembangunan Mushalla.

“Pembangunan Mushalla  merupakan inisiatif Kapolres Lahat pada saat beliau melintas dan singgah di Polsek kemudian di sambut baik oleh Kapolsek Kikim Tengah dengan dana  swadaya antara Kapolres Lahat, Kapolsek Kikim Tengah dan Mitra Polres Lahat serta para Donatur,” terang Kapolsek.

Sementara Camat Kikim Tengah, Anton SE berharap mudah mudahan nantinya Mushola ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dapat memfasilitasi masyarakat karena aksesnya berada di pinggir jalan lintas.

Sedangkan, Kapolres Lahat mengucapkan banyak terima kasih atas tanggapan inisiatifnya yang disampaikan Kapolsek Kikim Tengah untuk pembangunan mussolla nantinya akan banyak manfaat baik untuk anggota ataupun masyarakat umum setempat dan pengguna jalan .

Kapolres meminta kepada relasi Polsek untuk berdoa agar pembangunan ini cepat selesai, akan tetapi tidak cukup sekedar berdoan akan tetapi tolong di bantu untuk penyelesaian pembangunan mussolla tersebut.

“Mudah-mudahan amal ibadah rekan-rekan semua dapat pahala dan imbalan dari Allah SWT dan menjadikan ladang amal bagi kita semua,” imbuhnya.

Diuraiikan Kapolres, paling sulit tugas Kapolsek adalah mengajak para anggota dan masyarakat setempat untuk memakmurkan serta memelihara musolla tersebut dan sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh elemen yg telah mendukung giat ini.****

Bagikan Berita :

Kabupaten Lahat

Kapolres Lahat Hadiri Gelar Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan

Published

on

Jurnalis Humres –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Secara langsung Kapolres lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK menghadiri apel siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di halaman Makodim 0405/Lahat. Senin (18/7/2022) pukul 09.00 Wib

Selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam apel tersebut Bupati Lahat Cik Ujang SH dan dihadiri juga Forkopimda Kabupaten Lahat, Kepala BPBD Lahat, Kepala Dinas Pertanian, Kadinkes, Kepala Manggala, Kadishub, Pol PP, pejabat Kodim 0405/Lahat, perwakilan pihak PT perkebunan, dan tamu undangan lainya.

Dalam amanatnya Bupati menjelaskan bahwa apel Karhutla dilaksanakan megingat saat ini kita sudah memasuki musim kemarau yang diperkirakan bulan Oktober 2022 mendatang.

Belajar dari tahun-tahun sebelumnya bahwa kabupaten lahat termasuk 3 besar daerah penyumbang asap di Sumsel di bawah Kabupaten Muba dan Kabupaten OI, dan kita masih berterima kasih didaerah kita masih tertolong dengan adanya hujan sehingga bisa mencegah terjadinya kebakaran hutan, baik itu di sengaja maupun tidak di sengaja.

Untuk itu kepala BPBD agar menyusun rencana yang strategis bekerjasama dengan polres kodim, Manggala akni, Pemda dan instansi terkait dalam rangka pencegahan terjadinya kebakaran.

Mencegah adalah lebih baik daripada kita mengatasi kebakaran, untuk itu para camat bekerjasama dengan Polsek, Koramil melalui kepala desa, bhabinsa, bhabinkamtibmas, untuk melakukan sosialisasi kepada warga dan pihak perusahaan perkebunan hal2 yang dapat menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

Kepada pihak perusahaan perkebunan harus taat dan mentaati peraturan yg sudah di tetapkan oleh pemerintah dalam hal pembukaan lahan agar tidak membakar.

Diharapkan kerja keras dan kerja sama antar institusi dalam meghadapi musim kemarau saat ini, mengingat jangan sampai ada masyarakat yg membakar lahan, karena keberadaan titik api akan selalu terdeteksi oleh satelit ( hotsport.).****

Continue Reading

Nasional

Pesan Jenderal Dudung, “Dukung dan Bantu Program Pemerintah”

Published

on

Release SMSI Pusat –

PALANGKARAYA, MLCI – Di hadapan Prajurit, PNS dan Persit se-Palangkaraya, Kasad menyampaikan bahwa TNI AD saat ini terlibat dalam berbagai program pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu, seluruh Prajurit harus berperan aktif membantu dan mendukung program pemerintah, “tegas  Kasad di Lapangan upacara Yonif R 631/Atg, Minggu  (17/7/2022).

Kedatangan Kasad yang didampingi Ketua Umum Persit KCK Ny. Rahma Dudung Abdurachman beserta rombongan di Mayonif R 631/Atg diawali menerima Laporan dari Danyonif 631/Atg Letkol Inf Dwi Harry Wibowo, jajar kehormatan dan tradisi penyambutan serta yel-yel prajurit Yonif R 631/Atg.

Mengawali pengarahannya, Kasad menyampaikan rasa bahagia dapat melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kodam XII/Tanjungpura khususnya diwilayah Korem 102/Panju Panjung Palangkaraya, Kalimantan Tengah untuk bertatap muka dengan prajurit, PNS dan Persit KCK.

Kasad menyampaikan apresiasi atas pengabdian dan dedikasi yang tinggi kepada para prajurit dan PNS Kodam XII/Tanjungpura di wilayah tugas Kalimantan Tengah yang didukung penuh oleh Persit KCK, sehingga tugas dapat berjalan dengan baik sebagai bentuk kepercayaan, kehormatan, dan kebanggaan sekaligus prestasi.

Kasad bangga dan mengapresiasi kinerja yang ditunjukkan oleh prajurit TNI AD yang mampu menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan rakyat di sekitarnya. Para prajurit Kodam XII/Tanjungpura sudah mampu mengimplementasikan 7 (Tujuh) Perintah Harian Kasad.

“Bangun suasana kekeluargaan di satuan, jangan ada prajurit, PNS dan keluarga yang menderita, serta hindari berbagai pelanggaran di satuan seperti tindakan kekerasan, penyalahgunaan wewenang, penyelewengan anggaran, penyalahgunaan Narkoba, termasuk asusila yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan satuan,” ungkap Kasad.

Untuk diketahui, TNI AD saat ini terlibat dalam berbagai program pemerintah diantaranya peningkatan Ketahanan Pangan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Manfaatkan lahan kosong TNI AD menjadi lahan produktif dalam rangka mengembangkan intensifikasi lahan guna mendukung Ketahanan Pangan.

Kalimantan Tengah sangat rentan dengan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menjadi ancaman luar biasa dan sangat berdampak pada lingkungan, ekosistem dan sosial ekonomi yang membutuhkan penanganan dari semua pemangku kepentingan baik Pemerintah Daerah, TNI, Polri, BPBD dan masyarakat untuk melakukan mitigasi.

Kepada seluruh pimpinan, Kasad berpesan “perhatikan anak buah dan keluarga, rajin berdoa dan bersyukur, jaga kesehatan serta keharmonisan dalam rumah tangga,” pesan Kasad.

Sebelum mengakhiri pengarahannya, Kasad menekankan kepada seluruh prajurit, agar dapat mengimplementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI dimanapun bertugas dan berada. TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat, apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi, serta tingkatkan soliditas dan sinergisitas internal TNI termasuk dengan Polri, Pemda, dan komponen bangsa lainnya guna menjamin stabilitas keamanan di wilayah.

Selesai memberikan pengarahan,  Kasad memberikan  santunan kepada anak Yatim, penyematan selempang Bapak Asuh stunting diakhiri Foto bersama dengan Prajurit, PNS, Persit KCK dan Ormas sePalangkaraya. ***

Bagikan Berita :
Continue Reading

Nasional

Jenderal Dudung Dianugrahi Gelar Adat tertinggi Suku Dayak Mantir Hai Penambahan

Published

on

Release SMSI Pusat –

PALANGKARAYA, MLCI – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Ny. Rahma Dudung Abdurachman melaksanakan kujungan kerja di wilayah Kodam XII/Tanjungpura Provinsi Kalimantan Tengah.

Kedatangan Kasad disambut dengan Tradisi Potong Pantan sekaligus menerima Penganugerahan Gelar Adat Tertinggi Suku Dayak Kalimantan Tengah Mantir Hai Penambahan dari Ketua Dewan Adat Dayak (DAD). Sabtu (16/7/2022).

Setibanya di Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kasad beserta rombongan disambut Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, Danrem 102/Panju Panjung  Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, Gubernur Kalimantan Tengah  H. Subianto Sabran dan unsur Forkopimda Kalimantan Tengah.

Penyambutan dengan Tradisi Potong Pantan ini menandakan ungkapan selamat datang kepada Kasad dan rombongan di Bumi  Pancasila, Bumi Tambun Bungai dengan harapan supaya para tamu yang memotong pantan akan selalu mendapat perlindungan dari Sang Pencipta Alam Semesta atau Yang Maha Kuasa.

Selesai menerima tradisi penyambutan Potong Pantan, Kasad dianugerahi Gelar Adat Tertinggi Suku Daya Kalimantan Tengah yang disematkan langsung oleh Ketua DAD Provinsi Kalimantan Tengah Agustiar Sabran.

Ketua DAD Kalteng mengungkapkan, Gelar Adat Tertinggi Suku Dayak Kalimantan Tengah Mantir Hai Penambahan yang diberikan kepada Kasad tersebut memiliki arti seseorang yang gagah berani, disegani, Arif Bijaksana, ahli strategi dan mampu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Agustiar  Sabran mengungkapkan, gelar adat yang diberikan kepada Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman merupakan penghormatan dan penghargaan dari masyarakat Suku Dayak Kalimantan Tengah atas Komitmen Kasad dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa, kerukunan antar  umat beragama serta  mampu menjaga keberagaman suku bangsa di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Kasad menyampaikan penghormatan dan apresiasi yang tinggi kepada Dewan Adat Dayak serta masyarakat Suku Dayak Kalimantan Tengah atas penganugerahan gelar adat yang diberikan kepadanya.

“Saya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat, sangat senang dan bersyukur bisa hadir di sini, dan merupakan suatu kehormatan bagi saya dianugerahi gelar adat  tertinggi dari Dewan Adat Dayak serta masyarakat di Kalimantan Tengah ini.  Penganugerahan gelar ini bukan saja kehormatan bagi saya, tetapi juga amanah yang harus dipertanggungjawabkan, “ ujar Kasad.

Gelar Adat tertinggi Suku Dayak Mantir Hai Penambahan  yang dianugerahkan kepada Kasad, ini merupakan Gelar Adat ketujuh yang diterima oleh Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman.

Usai menjalani prosesi penganugerahan Gelar Adat Suku Dayak, dilanjutkan dengan acara jamuan makan malam di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng yang dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Tengah berserta unsur Forkopimda serta pejabat TNI dari Kodam XII/Tanjungpura serta Korem 102/Panju Panjung.*****

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!