Connect with us

Pemerintah

Kampung Tangguh Radikalisme Diresmikan Kapolda dan Gubernur Sumsel

Published

on

Release SMSI OKU Timur –

OKU TIMUR SUMSEL, MLCI – Sebanyak 39 anggota Negara Islam Indonesia (NII) di dua desa, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) meneteskan air mata saat mencium sang saka merah putih, Kamis (2/6/2022) siang.

Mereka mengucapkan janji sakral mencabut bai’at untuk kembali kepangkuan Negara Republik Indonesia (NKRI) di gedung Balai Rakyat Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) OKUT Provinsi Sumatere Selatan.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel ) Irjen Pol Toni Harmanto dan Pendiri NII Crisis Center Ken Setiawan yang turun langsung dalam sumpah sakral itu, tidak dapat menyembunyikan rasa harunya.

“Saya sangat merasa haru,” kata Herman Deru mengawali sambutannya disela-sela meresmikan Kampung tangguh Radikalisme di Desa Batu Mas Kecamatan Belitang II.

Herman Deru mengapresiasi pencegahan dini yang dilakukan jajaran Polda Sumsel dan jajarannya, dalam mendeteksi adanya organisasi terlarang NII.

“Sebagai putra daerah dan Gubernur saya mengucapkan terima kasih atas upaya pengembalian saudara kita kepada Pancasila dan UUD 1945,” ungkapnya.

Herman Deru berharap, kepada jajarannya bersinergi dengan aparat penegak hukum, untuk lebih aktif dalam melakukan kegiatan Kamtibmas, untuk mendirikan posko-posko terpadu yang disebar setiap daerah, seperti yag pernah kami lakukuan dulu waktu menjabat bupati oku timur.

“Setelah ini saya minta kepada Forkopimda OKUT dapat terus melakukan pendekatan kepada masyarakat agar tidak terlena dengan kondisi nyaman,” ajaknya.
Bahkan orang nomor satu di Sumsel ini, menekankan kepada Bupati OKUT,untuk mamanfaatkan fisilitas yang ada dalam mendeteksi aktivitas virus yang membahahakan NKRI.

“Kepada Imron dan masyarakat yang telah kembali dapat menjadi pion untuk kembali merangkul masyarakat yang masih terpapar. Jadikan momen ini sebagai letusan menyadarkan kita semua untuk menjaga keutuhan NKRI,” tegasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kapolda Sumsel , Irjen Pol Toni Harmanto mengapresiasi kepada Gubernur Sumsel Herman Deru yang mengeluarkan kebijakan dalam menyikapi terorisme, radikalisme dan intoleransi beberapa waktu terakhir, termasuk support Bupati OKUT.

“Pemerintah melakukan pendekatan kepada saudara kita yang melakukan penyimpangan, memahami suatu yang salah. Kami ingin duduk bersama merangkul dengan penuh kasih sayang,” kata Kapolda.

Sementara itu juga Pendiri NII Crisis Center Ken Setiawan langsung memberikan wejangan.

“NII bagaikan virus, kami mantan NII telah kembali ke NKRI dan kini menjadi mitra Polri dalam menyuarakan anti radikalisme,” tegasnya.

Dia berharap, tidak ada lagi NII yang lain tumbuh disuatu daerah dalam wilayaj NKRI.
“Mari kita bersama-sama mengkampanyekan Pancasila. Semoga ke depan Indonesia khususnya Sumsel aman dan damai,” Ken Setiawan.****

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pemerintah

Pemerintah Desa Ulak Mas Mengadakan Rembuk Stunting Tahun 2022

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL – MLCI –  Pemerintah Desa Ulak Mas Mengadakan Rembuk Stunting Tahun 2022 bersama Puskesmas Senabing dengan Tema ” Cegah Stunting Itu Penting”. Selasa, 06//12//2022

Betempat Di Balai Serbaguna Desa Ulak Mas, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat Sumatra Selatan Berlangsung Rembuk Stunting guna untuk membahas laporan kegiatan selama Tahun 2022 dan Pengajuan Dana RDS Tahun 2023 Mendatang.

Tampak Hadir Dalam Kegiatan tersebut, Suci Rahayu Kepala Desa Ulak Mas bersama Perangkat Desa, Ketua BPD Bersama Anggota, Kader posyandu, Kepala Puskesmas Senabing Zainuddin Bersama Staf dan didampingi Babinsa dari koramil 405/12 Lahat, Koptu Jono Tri FR bersama tamu undangan lainnya.

“Suci Rahyu Kepala Desa Ulak Mas saat dikonfirmasi menuturkan, Rembuk Stunting hari ini, meliputi untuk membahas laporan kegiatan selama Tahun 2022 dan Pengajuan Dana RDS Tahun 2023 Mendatang dan alhamdullilah semua berjalan Dengan Baik.

Dan Semoga ditahun 2023 mendatang bisa menemukan jalan untuk mengatasi Stunting di Desa Ulak Mas karna “Cegah Stunting Itu Penting”. Ucap kades

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pemerintah

Bupati Lahat, Hadiri Lomba Lagu Daerah Kabupaten Lahat

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL -MLCI-Dewan Kesenian Kabupaten Lahat menggelar Lomba Lagu Daerah, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang bertemakan ” Dengan Semangat Hari Pahlawan Kita Tingkatkan Cinta Tanah Air dan Cinta Kebudayaan”. Lomba Lagu Daerah ini menuju Lahat semakin Bercahaya, Bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Laha, Senin 05/12/2022

Acara ini dihadiri oleh Bupati Lahat Cik Ujang, S.H., Ketua TP-PKK Kabupaten Lahat Lidyawati, S.Hut., M.M., Ketua GOW Ria Apriani Chandra, TBUPP, Kadis Pariwisata, Kadis Dikbud diwakili, Kadis Dikbud, Ka. Bappeda, Ka.Balitbang, Kasat Pol-PP & Damkar, Kadis Kominfo, Kadis Kominfo, Kadis Kesehatan, Kabag Umum, Kabag Kesra, Dewan Kesenian dan Tamu undangan.

Lomba lagu daerah ini diikuti lebih dari 35 peserta. Yaitu dari dari kalangan masyarakat umum, serta pelajar di Kabupaten Lahat.

Ketua Dewan Kesenian sekaligus Ketua pelaksana, Safran, S.Ip., dalam sambutannya menyampaikan, Lomba lagu daerah ini diikuti dari tingkat Pelajar dan masyarakat umum berusia 15-35 tahun, jumlah peserta terdiri dari 43 orang untuk membawa lagu wajib daerah Kabupaten Lahat, diantaranya:
1. Lagu Dek
Sangke Ciptaan
A.Qori.
2. Lagu Umak
Ciptaan Oktaza.
3. Lagu Aseka
Kadide Ciptaan
Taslim Ibrahim.
4. Lagu Gadis
Ngantat Ciptaan
Amir Hamzah.
5. Lagu Anak
Umang Ciptaan
Ak.Zailani.
6. Lagu Ame
Hindu Ciptaan
Adhan.
7. Lagu Ayek
Lematang
Ciptaan Suwardi
Daud.
8. Lagu Jauh
Dirantau
Ciptaan Safran.
9. Lagu Kalangan
Ciptaan Fran
Supardi dan
lagu lagu
daerah Lahat
lainnya juga ikut
dilombakan.

“Adapun tujuan dari Lomba lagu daerah ini untuk menjaga kelestarian lagu daerah, agar tetap dikenal dan dicintai masyarakat dari generasi ke generasi,” ujar Safran.

Bupati Lahat Cik Ujang dikesempatannya manyampaikan, Atas nama Pemerintah Kabupaten Lahat, “Saya sangat sangat mengapresiasi telah digelarnya lomba lagu – lagu daerah ini yang diselenggarakan Dewan Kesenian Kabupaten Lahat dan pihak Panitia pelaksana, karena kegiatan ini dapat menjadikan kita dan para generasi muda tetap terus melestarikan kesenian budaya yang ada di Kabupaten Lahat, melalui ajang lomba lagu daerah ini pula kesempatan para generasi muda dapat menunjukkan kemampuan dibidang seni suara khususnya dalam membawakan lagu daerah Kabupaten Lahat,” kata Cik Ujang.

Cik Ujang berharap kepada Pengurus Dewan Kesenian dan OPD terkait, kiranya lagu- lagu daerah bisa di dengarkan setiap hari, baik dirumah makan, hotel, tempat wisata dan tempat – tempat lainnya. Tujuannya agar lagu- lagu daerah Kabupaten Lahat, dapat didengar masyarakat luas dan terlestarikan,” pungkasnya

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pemerintah

Launching Kampung Keluarga Berkualitas Di Desa Makartitama Dihadiri Bupati Lahat

Published

on

Jurnalis Herlan Nudin

Kabupaten Lahat – SUMSEL – MLCI –Bupati Lahat Cik Ujang SH Melaunching Kampung Keluarga Berkualitas Kabupaten Lahat Tahun 2022 yang berlangsung di Desa Makartitama, Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Sumatra Selatan, tepatnya diLapangan SD Negri 25 Lahat Berlangsung Meriah. Kamis, 24/11/2022

Kegiatan Kampung Keluarga Berkualitas  ini dihadiri oleh Bupati Lahat Cik Ujang SH didampingi Kades Makartitama Dul Rohim, Kepala BKKBN Provinsi Sumatra Selatan (Sum-Sel) atau yang mewakili bersama Kepala Dinas BKKBN Lahat Ujang Kurniawan SE MM bersama Jajaran, OPD, Camat, Lurah dan Ketua Forum kades Se-Kabupaten Lahat, Kepala Desa Ulak Mas Suci Rahayu, Kepala Desa Giri Mulya Mujiono beserta Tamu Undangan Lainnya.

“Dalam sambutanya Kepala BKKBN Kabupaten Lahat, Ujang Kurniawan SE MM mengatakan, pencanangan kampung keluarga berkualitas ini merupakan salah satu program pemerintah pusat yang dilaksanakan di seluruh provinsi, kabupaten dan kota se Indonesia.

“Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas merupakan pengganti dari program terdahulu yakni Kampung Keluarga Berencana (KB).

Adapun tujuan dari Kampung Keluarga Berkualitas adalah agar semua lintas sektor berperan aktif dalam penanganan stunting yang ada diwilayah pedesaan.

Sebab ada beberapa faktor yang dapat menunjang penanganan stunting yakni, sanitasi, air bersih, lingkungan rumah yang bersih sehat, vaksin imunisasi, pemberian makanan tambahan dan pemberian vitamin dan tambah darah.

Selain itu, Ujang Kurniawan SE MM kadis BKKBN Lahat Dengan adanya Suntikan Dana dari APBD Kabupaten lahat tahun 2022 ini, kami memberikan Dua Unit Sepeda Motor Sebagai penunjang pekerjaan PL KB non PNS yang ada dikecamatan Gumay Talang dan PL KB Pajar Bulan. Disampaikan Kadis BKKBN Kabupaten Lahat dalam sambutan dan Laporan

“Kepala Desa Makartitama Dul Rohim Menyampaikan Alhamdulillah dan Terimakasih Kepada Bapak Bupati Lahat Cik Ujang SH yang Sudah Banyak Membantu Desa Makartitama terutama Air Bersih yang sudah bisa dirasakan masyarakat Makartitama dan kalau tidak ada Halangan Tahun 2022 Ini Rampung semua Berkat Bantuan Dari Dana Pusat (Dana Desa), Provinsi dan DAk APBD.

Tak Hanya Air Bersih, tambah Dul Rohim di Kepemimpinan Bapak Bupati Cik Ujang juga. Kami dari 5 Desa yang ada di Terans/Unit ini, Sudah bisa merasakan jalan Aspal dan Cor Beton dan Ditahun 2022 Ini rampung semua. Untuk Itu, Kami dari ke 5 Desa Ucapkan Terimakasih Banyak dan Semoga Kedepan Kabupaten Lahat Semakin Bercahaya. Ucap kades

“Sementara, Bupati Lahat Cik Ujang SH mengatakan, atas nama pemerintah daerah menyambut baik dan sangat mengapresiasi diadakannya Kampung Keluarga Berkualitas (KB) sekaligus launching Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di tingkat desa dan kelurahan.

Karena program ini, sangat penting dan strategis sebagai bentuk Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga di setiap desa dan kelurahan

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Kampung KB merupakan pendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, Program-program KB tidak hanya menekan jumlah penduduk.

“Namun juga untuk memudahkan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pembangunan wilayah berwawasan kependudukan. Seperti kesehatan, pendidikan dan lingkungan.

“Saya berharap masyarakat dapat lebih mengerti arti keluarga berkualitas, sehingga program program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat dan menyukseskan warga desa dan Kelurahan dalam pengentasan stunting dapat berjalan dengan baik,” kata Bupati Lahat

Selain itu Pencanangan Kampung KB ini, bisa menjadi pelopor perubahan bagi desa dan kelurahan lainnya dalam menjalankan program-program pencanangan kampung KB, sebagai upaya mengatasi dan mencegah stunting di Kabupaten Lahat.

Pencanangan Kampung Keluarga Berkuliatas ini ditandai dengan Penekanan Tombol sirine sidik jari dengan didampingi perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Sumatra Selatan, Kadis Bkkbn Kabupaten Lahat, Camat Lahat dan Kepala Desa Makartitama, Kapolsekta Lahat dan Damramil 405/12 Lahat diwakili Babinsa.

Dalam kegiatan tersebut Pemerintah Kabupaten Lahat juga menyerahkan Dua unit kendaraan roda 2 untuk operasional petugas penyuluh KB setelah itu diteruskan acara hiburan kesenian Tradisional kuda Kepang.**

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!