Connect with us

Pendidikan

Kado HUT Ke-21, Prestasi SMA Unggul Negeri 4 Lahat Naik Peringkat Nasional

Published

on

Barab Dafri. FR –

LAHAT SUMSEL, MLCI – Hari Ulang Tahun (HUT) SMA Unggul Negeri 4 Lahat yang ke-21 tahun jatuh pada 17 November 2021 mendapat kado istimewa atas naiknya peringkat prestasi sekolah.

“Terhitung hari ini, kami menerima data dari pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT bahwa peringkat prestasi SMAN 4 Lahat naik 22 tingkat nasional,” jelas Kepala SMA Unggul Negeri 4 Lahat, Baslini MPd kepada media ini disela-sela perayaan HUT di halaman SMA Unggul Negeri 4 Lahat. Rabu (17/11/2021).

Tentu, sambung Baslini, informasi resmi dari LTMPT berdasarkan nilai UTBK tersebut disambut pihaknya dengan senang hati karena bertepatan dengan perayan HUT SMA Unggul Negeri 4 Lahat.

Diterangkan Baslini, untuk itu pihaknya tetap terus berprestasi meningkatkan mutu pendidikan mencerdaskan anak bangsa, agar siswa dan siswi SMA Unggul Negeri 4 Lahat nanti  ketika lulus menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas serta berguna bagi nusa bangsa.

“Alhmdulillah dan terima kasih atas kerja keras para guru dan murid serta pihak sekolah hingga akhirnya bisa menjadi sekolah terbaik naik 22 peringkat tingkat nasional,” pungkas Baslini.

Berikut daftar 10 SMA terbaik Tahun 2020 di Sumatera Selatan:

  1. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan nilai rereta 555,068 dan masuk sebagai sekolah urutan nasional ke 161
  2. SMA Ignatius Global School (IGS) Kota Palembang dengan nikai rereta 550,562 dan masuk urutan nasional ke 198
  3. SMA Negeri Sumatera Selatan Kota Palembang dengan nilai rerata 549,272 dan masuk urutan nasional ke 206
  4. SMA Xaverius 01 kota Palembang dengan nilai rereta 549,163 dan masuk urutan nasionalke 207
  5. SMA Kusuma Kota Palembang dengan nilai rereta 543,901 dan masuk urutan nasional 265
  6. SMA Negeri 4 kota Lahat dengan nilai 535,79 dan masuk urutan nasional ke 377
  7. SMA Negeri 17 kota Palembang dengan nilai rerata 535 dan urutan nasional 381
  8. SMA Negeri 06 kota Palembang dengan nilai 528,29 dan masuk urutan nasional ke 509
  9. SMA 1 Unggulan Kabupaten Muara Enim, dengan nilai rereta 523,751 dan masuk urutan nasional ke 609
  10. SMA Xaverius 03 Kota Palembang dengan nilai rerata 512,778 dan masuk urutan nasional ke 916.

 

Masuk Daftar Top 1000 Sekolah Tahun 2021 Versi LTMPT, Ini 10 Sekolah Terbaik di Sumsel!

  1. MAN Insan Cendekia OKI (peringkat ke-134 nasional, naik 27 peringkat dari tahun 2020)
  2. SMA Ignatius Global School (IGS) Palembang (peringkat ke-152 nasional, naik 46 peringkat dari tahun 2020)
  3. SMA Xaverius 1 Palembang (peringkat ke-198 nasional, naik 9 peringkat dari tahun 2020)
  4. SMAN Sumatera Selatan (peringkat ke-238 nasional, turun 32 peringkat dari tahun 2020)
  5. SMAN 17 Palembang (peringkat ke-248 nasional, naik 133 peringkat dari tahun 2020)
  6. SMA Kusuma Bangsa Palembang (peringkat ke-348 nasional, turun 83 peringkat dari tahun 2020)
  7. SMAN 4 Lahat (peringkat ke-355 nasional, naik 22 peringkat dari tahun 2020)
  8. SMAN 6 Palembang (peringkat ke-495 nasional, naik 14 peringkat dari tahun 2020)
  9. SMAN 1 Palembang (peringkat ke-568 nasional, naik 369 peringkat dari tahun 2020)

10.SMAN 1 Unggulan Muara Enim (peringkat ke-601 nasional, naik 8 peringkat dari tahun 2020) Top 1000 sekolah tahun 2021 berdasarkan nilai UTBK.*****

Bagikan Berita :

Pendidikan

PT. KAI MoU Rekrutmen Tenaga Kerja Asal SMA Unggul Negeri 4 Lahat

Published

on

Barab Dafri. FR –

 

LAHAT SUMSEL, MLCI – Kepala SMA Unggul Negeri 4 Lahat, Baslini MPd kepada media ini menyampaikan kabar gembira kepada siswa-siswinya yang akan mewujudkan cita-cita menjadi pegawai PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI).

“Alhmdulillah kita telah melaksanakan Memorandum Of Understanding atau MoU atau kesepakatan dengan pihak PT KAI perihal rekrutmen tenaga kerja,” jelasnya di ruang kerja. Jumat (3/6/2022).

Untuk itu, tambah Baslini, pihaknya saat ini sedang melengkapi berkas yang dibutuhkan oleh pihak PT KAI dalam hal ini Kepala Unit Sumber Daya Manusia Divre III Palembang.

Diungkapkannya, terlaksana kesepakatan ini dapat memotivasi prestasi siswa dan siswi SMA Unggul Negeri 4 Lahat lebih terpacu lagi dan akan berdampak positif bagi dunia pendidikan di Kabupaten Lahat.

“Adanya kesepakatan rekrutmen ini kita patut bersyukur karena SMA Unggul Negeri 4 Lahat bisa menjadi salah satu sekolah unggulan yang siswanya bisa menjadi pegawai PT KAI,” pungkas Baslini.****

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pendidikan

Atlet Siswa SMA Bukit Asam, Wakili Muara Enim Melaju ke Sumsel

Published

on

Barab Dafri. FR –

MUARA ENIM SUMSEL, MLCI – Arianto yang akrab disapa Ari sang atlet tarung dengan sejumlah torehan prestasi yang berhasil diraihnya sebagai atlet binaan Persatuan olahraga seni bukit asam (Porsiba) mengantarkannya mewakili Kabupaten Muara Enim.

Ari yang juga siswa Bukit Asam mewakili Kabupaten Muara Enim dalam ajang Seleksi Daerah (Selekda) Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) tingkat Sumatera Selatan (Sumsel) pada 15 Mei 2022 mendatang di Palembang.

Tim pelatih Ari, Didi Priyono menuturkan bahwa Ari bukan hanya satu cabang olahraga (cabor) beladiri yang ditorehkan olehnya. Akan tetapi, ada 3 cabor beladiri mulai dari karate, muaythai dan saat ini tarung tradisi KORMI.

Dimana kompetisi yang terakhir diikutinya berhasil meraih medali emas dari kelas 70 kg putra junior Selekda Asosiasi Tarung Tradisi (ASTA) dibawah KORMI Sumsel.

“Karena prestasinya siswa SMA Bukit Asam ini mendapat rekomendasi untuk mengikuti Selekda tarung tradisi senior KORMI dari ASTA pada 15 Mei 2022 mendatang di Palembang,” urainya. Sabtu (30/4/2022).

Tidak lupa Didi berharap support doa dari masyarakat Kabupaten Muara Enim untuk keberhasilan anak didiknya ini sehingga nantinya bisa berlaga di event KORMI multi cabor tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2022 di Palembang.

“Terima kasih untuk Camat Lawang Kidul atas dukungan penuh dan apresiasi kepada Ari dalam menatap event KORMI tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Lawang Kidul Andrille Martin dalam kesempatan silaturahmi bersama Arianto dan Tim Pelatih, menyampaikan dukungan semangat, moril dan doa untuk putra asli Tanjung Enim, Arianto dalam berkiprah dalam lomba KORMI tingkat Sumsel.

“Saya bangga dengan prestasi yang telah diraih Ari selama ini, semoga pada Selekda nanti bisa kembali meraih medali emas, kita doakan agar ada atlit dari Lawang kidul yang mewakili Sumsel dalam ajang tarung tradisi FORNAS bulan Juli ini,” ungkapnya.

Ia mengatakan prestasi Arianto ini patut dicontoh remaja lainnya, dimana harus berlomba dalam prestasi dan meninggalkan aktivitas kurang baik dan produktif.

“Saya mengucapkan terima kasih atas binaan PT Bukit Asam Tbk melalui Porsiba yang telah membina Arianto” ucapnya.**

Bagikan Berita :
Continue Reading

Pendidikan

Juara Umum Drum Band Porprov XIII, Kado HUT Muara Enim

Published

on

Barab Dafri. FR –

OKU SUMSEL, MLCI – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XIII  tingkat Sumatera Selatan di OKU Raya yang telah selesai dilaksanakan, Kamis sore (25/11/2021), kontingen Kabupaten Muara Enim berhasil menjadi Juara Umum ajang perlombaan Drum Band.

Perolehan Juara Umum dengan meraih 4 emas dari 5 emas yang diperebutkan. Prestasi ini merupakan capaian yang melampaui target dari Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Muara Enim.

Ketua Umum PDBI Kabupaten Muara Enim, Iko Gusman, yang turut hadir di venue perlombaan menyampaikan rasa bangganya atas capaian prestasi yang luar biasa ini yang menjadi torehan sejarah baru.

“Sejarah baru bagi dunia Drum Band Sumatera Selatan umumnya dan Kabupaten Muara Enim khususnya. Syukur Alhamdulillah, ini adalah buah manis dari kerja keras latihan para atlet dan pelatih dengan dukungan semua pihak,” sambung Iko.

Iko menuturkan bahwa sebelum keberangkatan ke Porprov ke-XIII, sebelumnya Tim PDBI Muara Enim yang bermaterikan atlet yang asli putra dan putri Muara Enim menargetkan perolehan 3 Emas dari 5 Emas yang diperebutkan.

“Mewakili pengurus PDBI, atlit dan pelatih Drum Band, saya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas dukungan dari Bupati Muara Enim Bapak Dr H Nasrun Umar SH MM, Sekda Muara Enim Bapak Emran Thabrani, KONI Muara Enim, Dispora Muara Enim, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Batalyon Infantri 141/AYJP, dan yang terkhusus kepada Porsiba PT Bukit Asam Tbk yang selama ini telah membina, mendukung penuh persiapan dan latihan atlet Drum Band Muara Enim sampai dengan selesai perlombaan,” ucapnya dengan penuh haru.

Ia juga menyampaikan bahwa prestasi bersejarah ini adalah kado manis dari PDBI Muara Enim dan Atlet Drum Band Muara Enim untuk Hari Ulang Tahun Kabupaten Muara Enim yang ke-75.

“Iya, ini kado indah dari kami untuk Ulang Tahun Kabupaten Muara Enim yang ke-75, semoga Pak Bupati dan masyarakat Muara Enim berkenan menerima”, ujarnya sumringah.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Muara Enim, M Candra menyampaikan bahwa prestasi ini sudah diperkirakan sebelumnya dengan melihat persiapan dan latihan yang telah dijalani. Atlet Drum Band Muara Enim langsung tancap gas latihan mulai dari Maret 2021 dan melakukan pemusatan latihan selama 16 hari di GOR Pancasila Muara Enim.

Terkait bonus, Chandra mengatakan untuk atlet dan pelatih yang meraih medali, bahwa semuanya sudah direncanakan dan dialokasikan sebagai apresiasi kepada atlet yang telah mengharumkan nama Kabupaten Muara Enim.

“Selamat untuk kontingen Drum Band Muara Enim. Bonus aman, kalian layak mendapatkannya,” ucap Candra dengan semangat.

Ditempat terpisah, saat dikabarkan mengenai berita baik ini, Penjabat Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, SH, MM didampingi ibu Hj. Renny Devi Nasrun Umar langsung berkomunikasi dengan para atlet melalui video call seraya menyampaikan ucapan selamat kepada kontingen Drum Band Muara Enim atas hasil terbaik yang telah dicapai.

“Selamat untuk Drum Band Muara Enim, kalian hebat, I love U Full”, ucap Bupati dan istri dengan penuh rasa bahagia.****

Bagikan Berita :
Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!